10 Fakta Mind-Blowing MCU yang Mungkin Belum Kita Ketahui

Walau kita kerap merasa sangat “expert” dalam membicarakan segala hal yang berkaitan dengan Marvel Cinematic Universe (MCU), faktanya terdapat beberapa fakta-fakta unik nan mind-blowing yang mungkin saja belum kita ketahui selama ini.

Dan berikut, adalah 10 fakta unik nan mind-blowing MCU yang dimaksud tersebut.

10. Ezekiel Stane dan The Wasp Hampir Disertakan di The Avengers

Sebelum akhirnya menampilkan Loki (Tom Hiddleston) sebagai villain dan Natasha Romanoff aka Black Widow (Scarlett Johansson) sebagai anggota wanita di tim Avengers, di awal draft naskah The Avengers (2012), Kevin Feige, Joss Whedon, dan Luis D’ Esposito justru ingin memberikan masing-masing spot posisi tersebut kepada The Wasp dan Ezekiel Stane.

The Wasp aka Hope Van Dyne (yang nantinya diperankan oleh Evangeline Lilly), mungkin Chillers sudah mengetahui sosoknya. Namun untuk Ezekiel Stane, ia adalah putra kandung dari villain di Iron Man (2008) Obadiah Stane, yang diperankan dengan sangat keren oleh Jeff Bridges (The Big Lebowski).

Awalnya, ketiganya ingin agar motif villain yang dihadapi oleh tim Avengers adalah dendam pribadi. Dan seperti kita tahu di film Iron Man, Obadiah tewas oleh Tony Stark (Robert Downey Jr.) dan asistennya, Pepper Potts (Gwyneth Paltrow).

Selain itu alasan lainnya adalah kala itu, Whedon merasa bahwa “pria asal Inggris” dikhawatirkan, tidak akan bisa menjadi ancaman besar bagi Earth’s Mightiest Heroes (really?).

Namun setelah melalui berbagai pertimbangan, akhirnya ketiganya memutuskan bahwa posisi Wasp digantikan oleh Widow dan Loki tetap dijadikan sosok villain di film team-up MCU perdana tersebut.

9. Tom Holland Mengetahui Dirinya Terpilih Sebagai Spider-Man Baru via Instagram

Pada umumnya ketika kita mengaitkan pemeran Spider-Man Tom Holland (Spider-Man: Homecoming), dengan media sosial manapun, kita akan langsung greget kesal dan geli sendiri. Karena seperti kita tahu, ia kerap cuek saja men-spoiler isi dari film-film MCU yang ia bintangi.

Tak heran, apabila Feige cs kerap was-was dengan Holland ketika ia mengunggah postingan apapun di media sosial miliknya. Namun nyatanya, media sosial tidaklah selalu menjadi momok bagi Holland dan Marvel.

Pasalnya media sosial terutama Instagram, sangat berjasa ketika Holland dulu sedang menunggu kabar hasil audisi Spider-Man nya. Yap tidak seperti rekan aktor MCU lainnya, Holland mengetahui dirinya terpilih sebagai Spidey melalui unggahan foto pengumuman yang diunggah di akun resmi Instagram Marvel.

Tak heran di kala kegirangannya tersebut, Holland seperti hal-nya kita, juga bertanya sendiri, “mengapa Feige cs tidak langsung telepon saja?” Tapi ya sudahlah. Mau bagaimanapun cara mengetahui / mengabarinya, toh pada akhirnya berujung manis bukan?

8. Stan Lee Ingin Memerankan Odin di Thor

Si empu Marvel, (alm) Stan Lee tak dipungkiri adalah sosok yang sangat vital. Tanpanya, tak mungkin seluruh karakter Marvel apalgi MCU, bisa tercipta.

Oleh karenanya untuk menghormati sosoknya, Feige cs kerap memberikannya spot cameo di seluruh film MCU. Tapi tahukah Chillers? Bahwa Lee pernah mengajukan diri untuk memerankan ayah Thor (Chris Hemsworth) Odin, di film Thor (2011)?

Ya kalian tidak salah baca Chillers. Jadi, dikarenakan kala itu ia merasa tidak puas dengan seluruh cameo-nya yang notabene tidak pernah memberikan dampak yang signifikan, ia pun sempat berkeinginan untuk memerankan Odin.

Namun tanpa mengurangi rasa hormat, tentunya Feige cs tidak berani ambil resiko. Pasalnya seperti kita ketahui, Lee bukanlah seorang aktor. Alhasil si Hannibal Lecter, Anthony Hopkins (Silence of the Lambs) yang dipilih sebagai Odin-nya.

7. Indiana Jones & MCU Satu Universe?

“HAH SERIUS?” Tenang dulu Chillers. Mari kita bahas bersama. Jadi teori fans yang gokil ini berawal dari beberapa fans yang membahas pekataan Johann Schmidt aka Red Skull (Hugo Weaving) ketika ia pertama kali menemukan Tesseract di adegan pembuka Captain America: The First Avenger (2011).

Sembari memegang Tesseract-nya ia berkata, “And the Furher digs for trinkets in the desert.” Kalimat ini bagi beberapa nerds, dianggap sebagai tribute biasa saja terhadap franchise Indiana Jones.

Namun sebagian fans justru menganggap bahwa kalimat yang diucapkan oleh Red Skull ini tidak lain dan tidka bukan, merupakan bentuk konfirmasi halus resmi bahwasanya, Indiana Jones dan MCU eksis dalam satu universe.

Seperti kita ketahui, Schmidt adalah anak buah Nazi dan di “Indiana Jones Raiders of the Lost Ark” (1981) dan di “Indiana Jones and the Last Crusade” (1989), pasukan Nazi sibuk mencari 2 artefak antik nan berharga yang spesifiknya masing-masing adalah Ark of the Covenant dan Holy Grail.

Belum lagi, timeline antara 2 franchise-nya berdekatan satu sama lain. Indiana Jones menjelang akhir 1930an dan The First Avenger berlatar beberapa tahun kemudian atau spesifiknya pada tahun 1942.

Teori ini semakin terasa legit dikarenakan hingga detik ini, baik George Lucas, Steven Spielberg, maupun Feige, tidak memberikan konfirmasi pembenaran maupun penyangkalan terhadap teori ini. Bagaimana kalau menurut kalian Chillers? Apakah Indiana Jones dan MCU memang berada dalam satu universe?

6. Franchise Geeky Tersukses Sepanjang Masa

Ya Chillers. Percaya atau tidak, dibandingkan dengan franchise geeky lainnya, MCU adalah yang paling sukses. Tentunya kesuksesan disini diukur dari keberhasilan pundi-pundi keuntungan yang diraup sejauh ini.

MCU hingga detik ini (baca: hingga perilisan Ant-Man and the Wasp), telah sukses meraup keuntungan sebesar $17.5 miliyar. Star Wars yang kerap dianggap sebagai “billionaire geeky franchise”, nyatanya hingga tulisan ini diturunkan hanya berhasil meraup total pendapatan $9.4 miliyar saja. WOW lebihnya hampir 2 kali lipat loh Chillers. GOKIL!

5. Vin Diesel Menggunakan Skrip Khusus Ketika Menyuarakan Groot

Seperti kita ketahui, si pohon berbicara yang juga anggota tim Guardians of the Galaxy, Groot (Vin Diesel), hanya bisa mengucapkan 3 kata ketika berbicara: I am Groot”.

Berdasarkan fakta tersebut, tak mengherankan apabila banyak dari kita yang kemudian menganggap bahwa pekerjaan sulih suara Diesel di seri kosmik MCU ini adalah pekerjaan yang sangat gampang untuk dilakukan.

Namun kenyataannya, tidaklah demikian. Jadi ketika ia melakukan tugasnya, Diesel diberikan naskah khusus yang intinya bertuliskan dialog film pada umumnya. Jadi di naskah tersebut bukanlah dari awal sampai akhir bertuliskan I am Groot” saja.

Pemberian naskah khusus ini tentunya ditujukan agar setiap perkataaan I am Groot” yang diucapkan, memiliki bobot emosional yang kuat ketika diucapkan. Oh, pantas saja emosinya terlihat pas dan sesuai banget dengan sikon yang sedang berlangsung.

4. Thanos Bisa Mengangkat Kapal Titanic

Mengatakan bahwa Thanos (Josh Brolin) adalah sosok villain terkuat di MCU bukanlah sesuatu yang berlebihan.

Karena seperti yang diperlihatkan di adegan flashback Avengers: Infinity War (2018), bahkan sebelum ia mendapatkan seluruh batu akik oops, sori Infinity Stones, Thanos memanglah sosok yang sangat kuat tenaganya.

Saking kuatnya, tidak mengeherankan apabila ia dengan sangat gampanganya, mampu mengangkat dan menghancurkan Cosmic Cube dengan tangan telanjang di adegan pembuka filmnya.

Nah, setelah menyaksikan adegan ini, asisten engineering dari Universitas Northeastern di Boston, Massachussets, AS, Steven Cranford, mencoba untuk melakukan percobaan sekaligus perhitungan kecil-kecilan.

Jadi berdasarkan penelitiannya, apabila Cosmic Cube anggaplah terbuat dari karbon yang memiliki beban seberat 120 juta pon, maka apabila Kapal Titanic masih eksis di dunia ini, si Mad Titan dipastikan juga mampu mengangkat kapal tersebut dengan hanya sentik jari saja.

Pasalnya, jumlah beban Cosmic Cube yang telah dijelaskan tersebut, adalah 10 juta pon lebih berat dari jumlah beban kapal karam tersebut yang hanya 110 juta pon. WOW emang gila banget si bang Thanos ini.

3. The Incredible Hulk, Thor & Iron Man 2 Terjadi di Minggu yang Sama

Mungkin masih banyak dari kita yang tidak menyadari fakta unik nan keren ini. Jadi, berdasarkan rilisan timeline resmi dari Marvel, event di The Incredible Hulk (2008), Iron Man 2 (2010) dan Thor (2011) terjadi di waktu yang sangat berdekatan.

Spesifiknya, terjadi di minggu yang sama. WOW gokil gak tuh Chillers? Jadi dengan kata lain pertarungan antara Iron Man dengan Whiplash (Mickey Rourke), Thor dengan The Destroyer dan Hulk dengan Abomination, terjadi di waktu yang sama.

2. Gal Gadot Hampir Memerankan Nebula

Ya sulit dipercaya bahwa si Wonder Woman, Gal Gadot, hampir memerankan putri kandung Thanos, Nebula.

Hal ini diungkapkan sendiri oleh aktris asal Israel ini ketika diwawancarai oleh CBN menjelang Marvel Studios, mengumumkan secara resmi bahwa aktris pemeran Amy Pond di seri klasik Inggris Doctor Who, Karen Gillan, yang akhirnya terpilih untuk memerankan si alien botak biru ini.

Wah, bisa kalian bayangkan tidak Chillers kalau andai saja Gadot yang memerankan Nebulanya? Kira-kira menurut kalian bakal keren seperti Gillan juga tidak ya?

1. Adegan Beberapa Detik di The Incredible Hulk Membutuhkan Proses Penyempurnaan Selama Satu Tahun

Sangat disayangkan bahwa film The Incredible Hulk tidak begitu diingat oleh seluruh fans. Padahal film yang dirilis beberapa bulan saja setelah Iron Man ini, menurut kami pribadi adalah film live-action Hulk yang sangat keren.

Selain itu, film arahan Louis Leterrier (Transporter 2, Now You See Me) ini juga memiliki kisah belakang layar yang unik dan keren yang mana salah satunya adalah yang akan kita bahas ini.

Jadi, apakah Chillers masih ingat dengan adegan di film ini yang menampilkan Bruce Banner (Norton) yang darahnnya sudah mengandung Gamma, tiba-tiba satu titik darahnya jatuh ke dalam botol minuman yang diproduksi oleh tempat kerjanya?

Yap yang adegannya seperti yang kalian lihat di foto pembahasan ini. Nah nantinya, gara-gara insiden ini, seluruh minuman yang diproduksi menjadi terkontaminasi oleh Gamma dan bahkan, menewaskan kakek-kakek top yang mengkonsumsinya secara tidak sengaja.

Nah, sekilas adegan one shot darah yang jatuh tersebut tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mengambil dan menyunting adegannya. Well, sayangnya kita salah besar. Kenyataannya adegan tumpah darah beberapa detik ini, membutuhkan proses selama satu tahun untuk menyempurnakannya.

Tentunya penyempurnaan ini dimaksudkan agar adegannya bisa terlihat dramatis dan impactful. Sekali lagi kalau dipikir memang gila banget. Tapi toh, pada akhirnya pengorbanannya terbayarkan dengan sangat keren bukan?

 

Nah Chillers. Itulah 10 fakta keren dan mind-blowing Marvel Cinematic Universe (MCU) yang mungkin saja belum kita ketahui, even kita kerap menganggap diri sebagai super fans. Dari 10 fakta ini yang manakah yang membuat kalian mind-blown sendiri ketika membacanya?

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here