Bagi kita-kita yang sudah menyaksikan drama fantasi musikal The Beatles, Yesterday(2019), kita mengetahui betul bahwa film arahan Danny Boyle (28 Days Later) ini menampilkan lumayan banyak lagu-lagu hit Beatles di dalamnya.

Namun walau kita telah disuguhkan lagu-lagu seperti: “Hey Jude”, “Help”, “A Hard Day’s Night”, “Back in the USSR”, dan tentunya “Yesterday”, tetap saja bagi kita-kita yang fans band legendaris asal Liverpool, Inggris ini, lagu-lagu yang dijadikan soundtrack-nya masih kurang banyak dan greget.

Dengan kata lain, masih terdapat lagu-lagu keren Beatles lainnya yang semestinya, harus disertakan juga di dalam filmnya. Dan berikut adalah 10 lagu keren Beatles lainnya tersebut.

10. Ticket to Ride (1965)

Jujur sejujur-jujurnya. Kami bingung mengapa lagu Beatles “sejuta umat ini”, tidak disertakan sama sekali di filmnya. Padahal lagu ini adalah lagu yang super duper populer.

Tidak ada yang tidak tahu dengan lagu ini. Hmm, apakah mungkin lagu ini tidak disertakan karena unsur familiarnya yang sudah “keterlaluan” itu? Mungkin saja bukan?

9. Tomorrow Never Knows (1966)

Di pendengaran pribadi kami, lagu yang berirama super psychedelic ini, adalah pasangan “default” dari lagu “A Day in the Life” (1967).

Entahlah kami merasa sejak dulu lagu ini sangat cocok saja diputar setelah lagu yang dirilis di album Sgt. Pepper’s Lonely Hearts Club Band (1967) tersebut.

Dan mengingat snippet “A Day in the Life”, ditampilkan di filmnya, akan terasa pas banget apabila setidaknya snippet lagu ini juga ditampilkan di salah satu adegan filmnya.

8. Penny Lane (1967)

Di salah satu adegan filmnya, ditampilkan Jack Malik (Himesh Patel) yang pergi ke inspirasi lokasi lagu Beatles ini, Penny Lane. Yang kami bingung, mengapa ketika ditampilkan adegannya, musik latar yang digunakan, bukanlah lagu ini?

Padahal justru disinilah kesempatan emas untuk memadupadankan keduanya bukan? Yap, seharusnya lagu ini ditampilkan di adegannya.

7. Strawberry Fields Forever (1967)

Masih membicarakan adegan serupa yang ditampilkan di poin Penny Lane sebelumnya. Di adegan tersebut, ditampilkan bahwa Jack juga mengunjungi kompleks tempat bermain (alm) John Lennon ketika kecil, Strawberry Fields.

Dan serupa juga dengan pertanyaan sekaligus komplain di atas, mengapa adegannya atau di adegan lainnya, “Strawberry Fields Forever, tidak dijadikan latar soundtrack-nya?

Setidaknya format instrumentasinya saja sudah cukup mewakili. Tapi sayangnya, hal tersebut tidaklah terjadi sama sekali.

6. Octopus’s Garden (1969)

Seingat kami menjelang bagian penghujung film, terdapat salah satu adegan yang menyinggung lagu hit yang aslinya dinyanyikan oleh drummer Beatles, Ringo Starr ini.

Walau mungkin tidak harus diperdengarkan tepat ketika adegannya ditampilkan, dengan komposisi musiknya yang terdengar sangat “imut-imut”, tetap saja Octopus’s Garden akan menjadi nomor yang sangat fun untuk dijadikan soundtrack filmnya.

5. Helter Skelter (1968)

Lagu yang diciptakan Paul McCartney ini kerap dianggap sebagai “bapak” (atau bahkan “kakek”) dari genre Hevy Metal yang nantinya ngetop di tahun 70-an hingga 80-an.

Lagu ini benar-benar membuat seluruh adrenalin terpacu habis-habisan dan headbanging hingga kepala serasa mau lepas. Intinya benar-benar terasa sangat macho.

Mungkin dikarenakan filmnya memiliki tone komedi romantis, maka “Helter Skelter pun, tidak disertakan di dalamnya. Namun yang jelas ditampilkan, dijamin filmnya akan lebih “pecah” lagi.

4. Yellow Submarine (1966)

Bisa dikatakan dari awal hingga menjelang akhir filmnya, kita melihat dan mendengar mainan kapal selam kuning ikonik dan refrensi-referensi yang mengacu pada lagu top Beatles ini.

Lucu sekaligus ironis, satu nada pun tidak diperdengarkan dari lagu yang dinyanyikan oleh Ringo ini. Padahal, vokal Patel dijamin akan keren banget untuk menyanyikan lagunya ini.

3. I Need You (1965)

Dengan plot kisahnya yang menampilkan Jack yang selama ini menyimpan rasa cintanya yang mendalam terhadap Ellie (Lily James) yang juga adalah manager-nya, tak dipungkiri lagu yang dinyanyikan gitaris (alm) George Harrison ini sangatlah sesuai untuk disertakan.

Terlebih lagi dan lagi, suara Patel sangatlah cocok untuk menyenandungkan lagunya ini.

2. When I’m Sixty-Four (1967)

“Will You still need me, will you still feed me, when i’m 64? Ya susunan lirik lagu yang ditulis oleh McCartney ketika usianya masih 16 tahun ini, diucapkan oleh Jack ketika Ellie akan berpamitan dengannya di rumah sakit.

Tentunya dikarenakan ketika adegan ini ditampilkan, keadaan dunia sudah tidak mengetahui Beatles lagi, Ellie langsung menanggapinya dengan wajah keheranan karena tidak memahami sama sekali kalimat yang diucapkan oleh Jack.

Nah semestinya menurut kami, ketika adegan ini berlangsung atau usai (sebelum pergantian scene) setidaknya snippet lagu aslinya ditampilkan sebagai musik latarnya.

1. Hello Goodbye (1967)

Lagu yang sebenarnya sangat ditunggu di adegan restoran yang berada di area stasiun kereta api Liverpool, sangat disayangkan lagu yang bernada ceria dengan wardrobe ala karnaval ini tidak ditampilkan, bahkan sebagai soundtrack penutup pertama sebelum akhirnya “Hey Jude” berkumandang.

Padahal “Hello Goodbye” memiliki komposisi nada yang mampu membuat kita senyum riang sendiri ektika mendengarnya. Intinya, lagu ini dapat menjadi penutup yang sangat keren dari film ini.

 

Apakah Chillers setuju dengan 10 pilihan lagu ini? Atau punya pilihan lagu yang tidak kalah oke?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here