10 Poin Geeky dari Trailer ‘Star Wars: The Rise of Skywalker’

Setelah menunggu hampir 2 tahun lamanya, akhirnya episode pamungkas dari trilogi Star Wars baru aka Episode 9 dirilis juga trailer-nya beberapa jam yang lalu. Dan diketahui dari trailer-nya, episode ini diberi judul The Rise of Skywalker.

Dan seperti biasa, layaknya seperti rilisan trailer pertama “Star Wars: The Force Awakens” (2015) dan “Star Wars: The Last Jedi” (2017), trailer perdana The Rise of Skywalker juga dikemas sedemikian rupa sehingga kita sebagai fans pun menjadi greget geeky sendiri untuk membedah adegan-adegannya.

Dan berikut adalah 10 poin geeky yang menurut kami sangat greget untuk dibedah dan diprediksi habis-habisan tersebut.

1. Rey dan Kylo Ren di Tatooine?

Trailer dibuka dengan Rey (Daisy Ridley) yang berada di planet bergurun yang kalau dilihat dari tampilan bentuk serta struktur debu pasir dan batu-batu bangunan sekitar adalah di planet rumah sang mentor, Luke Skywalker (Mark Hamill), Tatooine.

Namun sekali lagi hal tersebut masih asumsi. Bisa saja adegan ini adalah di planet Jakku alias rumah Rey. Dimanapun itu, yang jelas di adegan ini, Rey akan bertarung dengan musuh bebuyutannya Ben Solo aka Kylo Ren (Adam Driver).

2. Ksatria Jedi atau (Semi) Padawan?

Masih membahas adegan pembuka Rey, kalau diperhatikan secara seksama, Rey terlihat makin mantap dan keren saja sebagai seorang Jedi wanita. Namun pertanyaannya sekarang apakah Rey sudah resmi sepenuhnya jadi ksatria Jedi (Jedi Knight) atau masih dianggap sebagai murid aka Padawan?

Memang secara teknis, guru Rey, Luke, telah tewas di The Last Jedi. Tapi di rana Star Wars, seorang Jedi bisa kembali roh-nya melalui teknik Force Ghost. Dan kalian sudah lihat teknik ini baik di “Star Wars Episode 5: The Empire Strikes Back” (1980), “Star Wars Episode 6: Return of the Jedi” (1983), dan sekelumit momen di The Last Jedi.

Nah, apabila si roh mantan guru masih terus membimbing si Jedi, maka ia masih dikategorikan sebagai Padawan (semi). Nah, kita mendengar echo suara Luke di seluruh trailer ini yang dipastikan, ia terus memberikan nasehat ke Rey.

Namun memang, bisa juga ia hanya memberikan sekelumit nasihat pengingat sana-sini sesekali saja dan Rey, sudah resmi menjadi Ksatria Jedi. Kalaupun demikian, wajar banget. Karena berdasarkan berbagai konfirmasi berita berbulan-bulan lalu, The Rise of Skywalker akan menerapkan time jump sekitar 1-2 tahun setelah peristiwa di The Last Jedi.

Dan yap, rentang durasi tersebut sudah lebih dari cukup bagi Rey untuk terus berlatih hingga akhirnya sukses “naik kelas” dari Padawan menjadi Jedi Knight.

3. Siapakah Sosok Berjubah yang Dihajar Kylo?

Adegan ini menampilkan Kylo dengan pasukan Storm Trooper nya yang sedang berperang. Selain penasaran dengan lokasi persis pertarungannya, hal lain yang tidak kalah bikin penasarannya adalah sosok yang sedang di “Rock-Bottom” oleh Kylo ini.

Siapakah sosok yang dihajar ini? Apakah mungkin sosok berjubah yang dihajar ini, adalah Luke yang alhasil, bisa disimpulkan bahwa pertarungan ini terjadi di masa lalu? Atau apakah mungkin adegan ini tidak lebih dari pencitraan rasa takut serta amarahnya terhadap Luke seperti ketika di adegan Luke-Darth Vader di Empire Strikes Back dulu?

4. Perkenalkan: D/O

Tentunya bukan trailer Star Wars namanya apabila tidak menampilkan sekaligus memperkenalkan droid baru. Dan di The Rise of Skywalker nanti, kita akan berkenalan dengan droid mini pendamping BB-8 yang menurut sutradara J.J Abrams (Star Wars: The Force Awakens), bernama D/O.

Tak terlalu banyak detail D/O yang diberikan oleh Abrams. Yang jelas menurutnya, D/O adalah sahabat dekat baru dari droid bulat imut tersebut.

5. Kembalinya Lando Calrissian

Yep. Setelah dirumorkan selama 2 tahun terakhir, akhirnya terbukti juga bahwa mantan sahabat sekaligus rival Han Solo (Harrison Ford), Lando Calrissian, kembali melalui episode terakhir ini.

Dan sosoknya tentu juga diperankan kembali oleh aktor legendaris, Billy Dee Williams yang kini telah berusia 82 tahun! WOW 82 tahun? Serius? Masalahnya kalau kalian lihat di tampilan trailer-nya ini, ia masih terlihat seperti masih 60 atau 70 tahun.

Anyway, selain ingin merasakan momen nostalgia masa kecil, alasan lain mengapa kita cukup excited dengan kembalinya Lando adalah terkait proses scripting karakternya. Maksudnya, kita pastinya penasaran bukan dengan bagaimana filmnya nanti, menjelaskan kisah latar kembali dirinya ini?

6. Medali Penghargaan Han Solo

Mungkin ketika menyaksikan adegan ini banyak dari kalian yang sedikit lupa (ya terkecuali kalau kalian memang super duper fanboy). Jadi logam emas yang kemungkinan besar dipegang oleh Princess Leia (Carrie Fisher) ini, adalah logam medali yang dikalungkan oleh Leia ke Han Solo di ending “Star Wars Episode 4: A New Hope” (1977).

Sepertinya bisa diterka sekali kalau adegan ini akan menampilkan Leia yang sedang baper dan belum bisa move on dari sosok suaminya yang sangat keren nan badass itu.

7. Penampilan Terakhir Leia

Masih membicarakan Leia. Tentunya seperti kita ketahui, The Rise of Skywalker adalah penampilan terakhir Fisher sebagai Leia pasca kematian mendadaknya di penghujung 2016. Dan ketika melihat potongan adegan ini, tak disangkal air mata kita pun langsung mengalir deras.

Nah menurut kabar, dikarenakan Fisher meninggal sebelum dirinya melakukan syuting The Rise of Skywalker, alhasil nantinya film ini akan menampilkan Leia dalam format adegan-adegan The Force Awakens dan The Last Jedi yang merupakan adegan tidak terpakai atau B-Roll.

Masih menurut kabar yang sama, seluruh adegan-adegan Leia tersebut dikabarkan akan disunting dan diolah sedemikian rupa sehingga nantinya, tidak hanya akan memuaskan seluruh fanboy, namun juga akan menghormati habis-habisan Fisher beserta keluarga besarnya. Semoga saja memang demikian ya Chillers.

8. Lengan Kiri C-3PO Balik Menjadi Emas Lagi

Selain melihat berkumpulnya seluruh geng, salah satu hal menarik yang bikin kita nerd out sendiri ketika melihat potongan adegan trailer ini adalah droid protokol ikonik, C-3PO (Anthony Daniels).

Spesifiknya disini, adalah lengan kirinya (kalau dilihat dari sudut pandang 3PO). Pasalnya kalau kalian masih ingat, di The Force Awakens dan The Last Jedi, lengan kirinya menggunakan logam merah.

Padahal seperti kita tahu di 6 film orisinilnya, kedua lengan 3PO adalah logam emas. Dan di episode terakhir ini, terlihat jelas bahwa lengan merah tersebut kembali menjadi emas seperti dahulu.

Tentunya, ketika menyaksikan, kitapun menjadi penasaran dengan proses “pengemasan” lengannya. Atau apakah mungkin lengannya sudah ditampilkan emas dari awal film alias, tidak akan dijelaskan lagi secara men-detail?

9. Darth Sidious!

Yap. Walau trailer-nya menampilkan potongan-potongan adegan geeky keren, ironisnya justru adalah suara tawa kejam nan mengerikan Sheev Palpatine aka Darth Sidious (Ian McDiarmid) yang mencuri perhatian habis-habisan.

Tentunya selain dikarenakan sosoknya yang top, hal lain yang membuat seluruh fans langsung terkejut habis-habisan dengan pengungkapan ini, adalah karena kelogikaan storyline yang ada. Pasalnya seperti kita ketahui, mantan guru kakek Kylo ini, telah tewas dibunuh oleh Vader sendiri di Return of the Jedi.

Seharusnya ketika sudah dibuang ke reaktor Death Star, Palpatine sudah tidak bernyawa lagi. Namun apakah mungkin justru selama ini, ia selamat atau dengan kata lain, susah untuk tewas? Pertanyaan ini kembali menguat setelah di trailer ini, Luke mengatakan: “No one’s ever really gone”.

Tak pelak sekali lagi pengungkapan ini membuat kita makin penasaran saja dengan apa yang sebenarnya terjadi antara setelah pertarungan final di Return of The Jedi dan, sebelum peristiwa di The Force Awakens.

Apakah mungkin pasca Return of the Jedi (terlepas dihidupkan kembali atau tidak tewas), Sidious diam-diam merekrut Snooke (Andy Serkis) dan menyuruhnya untuk menggantikan dirinya sebagai Sith baru untuk tentunya, kembali menciptakan kekacauan sekaligus ketidakseimbangan force di galaksi? Bisa saja bukan?

Dan tentunya, pertanyaan lain yang tidak kalah pentingnya disini, apakah sosoknya nanti memang akan banyak ditampilkan atau, hanya berupa flashback, atau lagi apakah akan hanya tampil melalui hologram saja seperti hal-nya Darth Maul (Ray Park) di “Solo: A Star Wars Story” (2018) dulu?

10. The Rise of Skywalker

Betul sekali Chillers. Poin puncak dari “pembedahan” ini, tidak lain adalah judul filmnya sendiri. To be fair, sebenarnya ketika judul The Force Awakens dan The Last Jedi diungkapkan, kita juga merasa penasaran dengan makna judulnya.

Namun kedua judul tersebut, masih kalah intriguing-nya dengan The Rise of Skywalker. Judul ini bisa dikatakan mengundang rasa penasaran yang jauh lebih tinggi yang alhasil membuat kita spekulasi sana-sini.

Apakah mungkin Rey memang anak kandung Luke yang akhirnya di episode terakhir ini, ia menjadi pengganti ayahnya? Atau apakah mungkin judul ini memiliki makna bahwa jangan-jangan Luke sebenarnya memang tidak tewas ketika duel dengan Kylo di The Last Jedi?

Karena ingat lagi perkataan Luke di trailer ini: “No one’s ever really gone”. Bisa saja, ketika arwahnya pergi di Last Jedi, ia sengaja pergi sementara wakatu demi untuk melatih Rey menjadi penggantinya. Hey ini film sci-fi, jadi hal-hal yang di luar logika sangatlah memungkinkan untuk terjadi.

 

Namun sekali lagi, kita tunggu saja hingga Star Wars: The Rise of Skywalker dirilis secara luas pada tanggal 20 Desember 2019 mendatang untuk men-cek ricek kembali keakurasian prediksinya ini. Sekarang, bagaimana nih tanggapan Chillers dengan pengungkapan judul dan keseluruhan rilisan trailer perdananya ini?

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here