10 Villain Batman yang Paling Berbahaya dan Mengerikan

Bisa dikatakan bahwa dari seluruh villain di DC Universe, para villain yang dihadapi si manusia kelelawar Batman sangatlah berbahaya dan mengerikan.

Bagaimana tidak? Tidak seperti villain-villain, yang dihadapi oleh Superman atau The Flash, villain-villain di galeri Batman, rata-rata adalah perampok, pembunuh, orang gila, dan psikopat.

Dan dari sekian banyak yang berkeliaran di kota Gotham, rasanya hanya 10 inilah yang saking berbahaya dan mengerikannya, membuat Batman sering keok sendiri ketika menghadapinya.

10. Poison Ivy

Seperti yang diperlihatkan di komik, film “Batman & Robin” (1997), serial TV Gotham (2014-sekarang), dan franchise game Batman: Arkham (2009-2015), villain bernama asli Dr. Pamela Isley ini merupakan villain utama berbahaya di kota Gotham.

Dengan serbuk racun floral nya, ia kerap sukses membuat siapapun menjadi terhipnotis tak sadarkan diri (termasuk Batman). Selain itu dikarenakan kedekatannya dengan alam, Ivy juga bisa memanipulasi atau memerintahkan segala bentuk tanaman untuk menjadi pelindung sekaligus senjata utama ketika dirinya sedang bertempur.

9. Deathstroke

Dengan latar belakang militernya yang kental sekaligus kekuatan fisiknya yang di-enhanced oleh angkatan darat, tak mengherankan apabila Slade Wilson memiliki berbagai combat skill yang super mumpuni.

Dengan fakta skill gokil tersebut, maka tak heran apabila Deathstroke kerap dianggap sebagai sosok assassin yang sangat berbahaya di universe DC. Lebih jauhnya, yang membuat Deathstroke semakin berbahaya adalah sifat tekad bulatnya yang tidak main-main.

Spesifiknya, ia tidak akan berhenti sama sekali memburu buruannya hingga ia mendapatkan buruannya tersebut. Oleh karenanya bahkan Batman pun, selalu merasa ngeri dan sangat berhati-hati ketika harus menghadapi dirinya.

8. Killer Croc

Sebelum masuk ke pembahasan, kami ingatkan lagi bahwa terlepas namanya adalah Killer Croc, namun villain ini bukanlah sosok manusia buaya jadi-jadian atau hybrid manusia dengan buaya.

Villain ini adalah manusia bernama Waylon Jones. Jones terlahir dengan kelainan kulit akut yang membuatnya terlihat seperti buaya. Awalnya Jones masih bertingkah layaknya manusia. Namun lama-kelamaan dikarenakan ia menyadari akan kondisinya ini, Jones pun akhirnya memutuskan untuk bertingkah seperti layaknya seekor buaya ganas.

Ia bahkan memakan korban-korban manusia yang dibunuhnya. Selain itu juga, Jones memiliki indera kepekaan yang sangat tinggi. Ia bisa banget mencium bahaya yang akan datang dari jauh-jauh waktu sebelumnya. Pokoknya mustahil banget bagi Batman untuk menghindari dirinya apabila sudah tercium dari jauh.

7. Red Hood

Kata pepatah, tidak ada musuh yang lebih berbahaya selain mereka yang dulu pernah menjadi rekan atau sahabat kita. Dan pepatah ini tak dipungkiri cocok banget untuk mendeskripsikan Red Hood.

Seperti yang telah kita ketahui, Red Hood adalah mantan Robin, Jason Todd, yang sebelumnya tewas dibunuh secara kejam oleh Joker dengan linggis miliknya. Ia pun kemudian dibangkitkan kembali oleh League of Assassin, dilatih semakin mantap kemampuan combat-nya, dan kemudian menjadi seorang mercenary.

Todd beberapa waktu kemudian memutuskan kembali ke Gotham dengan tujuan untuk membunuh Joker dan mantan mentor superhero-nya, Batman. Dan ketika menghadapi Todd, Batman benar-benar kewalahan sendiri.

Pasalnya, Todd dan Bruce memiliki kekuatan dan kemampuan yang setara. Maklumlah keduanya sekali lagi mantan guru dan murid. Untunglah kemudian Todd dan Batman berbaikan dan bahkan bertarung bersama. Kalau tidak, dijamin Batman sekarang sudah pincang-pincang atau bahkan tewas di tangannya.

6. Hush

Hampir sama kasusnya dengan Red Hood, Tommy Elliot aka Hush adalah mantan sahabat kecil Bruce. Sebenarnya Tommy juga sama tajirnya dengan Bruce. Namun tidak seperti Bruce yang memiliki kedua orang tua yang menyayanginya, kedua orang tua Tommy justru berlaku kasar dan kejam terhadapnya.

Alhasil, Tommy pun menjadi sangat iri dengan Bruce. Dan ketika keduanya dewasa dan mengetahui bahwa Bruce menjadi Batman, Tommy pun bertekad untuk menghabisi Bruce. Keduanya pun akhirnya berhadapan satu sama lain.

Dan dkarenakan Tommy sudah mengetahui Bruce dari kecil, otomatis ia pun selalu 2-3 langkah lebih maju dari dirinya yang alhasil, membuat Batman kerap kelimpungan sendiri menghadapinya.

5. Hugo Strange

Dokter sableng di Arkham Asylum ini memiliki visi dan metode gila dalam “mengobati” mereka-mereka yang dianggap “sakit” dan bisa menjadi sosok yang jauh lebih baik lagi.

Dengan karakteristik ini dan mengingat ia pada akhirnya mengetahui sosok Batman yang sesungguhnya, tak heran, apabila ia menjadi musuh yang sangat “malas” untuk dihadapi si manusia kelelawar.

4. Ra’s Al-Ghul

Bisa dikatakan inilah sosok villain paling menarik yang dihadapi oleh si ksatria kegelapan. Pasalnya Ra’s Al-Ghul bukanlah seperti villain-villain Batman lain yang sebagian besar adalah psikopat atau pembunuh sadis.

Ra’s adalah sosok pria abadi (800 tahun!) yang memiliki visi untuk menciptakan dunia yang seimbang nan sempurna. Dan untuk mencapai tujuannya tersebut, maka di dalam benaknya ia harus membunuh seluruh populasi manusia di bumi sekarang ini.

Visinya yang sakit jiwa ini dan fakta bahwa seperti Strange ia juga tahu siapa itu Batman, tak pelak membuat dirinya sebagai sosok villain yang paling disegani oleh Batman.

3. Bane

Setelah disuntik oleh zat eksperimental Venom, Bane sukses menjadi sosok villain besar yang sangat intimidatif. Oh ya dan ia juga sangat-sangat kuat. Saking kuatnya di storyline komik top Batman: Knightfall (1993-1994), ia sukses mematahkan punggung Bruce hingga benar-benar tak berdaya.

2. The Court of Owls

Debut di story arc pembaharuan top DC New 52 (2011), kelompok yang pada dasarnya adalah “Iluminati” di kota Gotham ini sangatlah berbahaya. Dan ketika kami katakan bahaya disini, benar-benar berbahaya.

Anggota Court pada dasarnya adalah sekelompok kaya raya yang menggunakan kekayaannya untuk menyewa assasin pribadi mereka, Talon yang ditugaskan untuk membunuh siapapun lawan-lawan politik mereka.

Dan juga tentunya, mereka telah mengawasi Gotham sejak tahun 1600-an. Court tidak peduli dan segan dengan siapapun. Asal si individu tersebut berseberangan visi dengan mereka, maka siap-siap saja si individu untuk menerima akibatnya.

Bruce Wayne merasakan kekejaman ini juga ketika bertemu pertama kali dengan mereka. Si milyarder disiksa batin berminggu-minggu di markas mereka hingga dirinya benar-benar kelelahan dan hampir gila sendiri.

Jujur, kami bingung dengan Hollywood. Mengapa kelompok “sakit jiwa” ini tidak pernah dipertimbangkan untuk menjadi lawan baru bagi Batman di film “The Batman” mendatang? Serial TV “Gotham” saja sudah menampilkan loh. Why Hollywood why?

1. Joker

Rasanya kita sudah tidak terkejut lagi dengan sosok yang menduduki posisi pertama ini.  Joker mau yang manapun atau siapapun versinya, memang sosok ini merupakan sosok yang sangat berbahaya. Hal ini dikarenakan dibanding villain-villain kota Gotham lain, ia adalah sosok yang tidak diduga-duga tindak tanduknya.

Bahkan Batman pun seringkali miskalkulasi dengan apa yang ia ingin lakukan selanjutnya. Selain itu, ia juga tidak pernah segan untuk membunuh siapapun dengan sangat kejam. Oleh karenanya, tak heran apabila ia kerap dianggap sebagai sosok musuh nomor satu Batman hingga detik ini.

 

Itulah tadi 10 villain Batman yang paling berbahaya dan mengerikan yang dihadapi oleh Batman setiap harinya. Menurut kamu, dari 10 villain ini yang manakah yang menurut Chillers paling berbahaya?

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here