Tak terasa kita sudah di bulan Oktober lagi yang mana tentunya hal ini berarti dalam beberapa hari ke depan, kita akan menyambut tradisi seru-seruan hari Halloween.

Nah umumnya untuk menyambut hari tradisional rakyat Amerika Serikat ini, kita akan datang ke pesta-pesta perayaan Halloween baik di mall atau klub-klub. Namun, apabila Chillers sedang “krisis moneter”, tenang saja guys.

Langsung saja deh kamu nonton 20 film horor keren berikut yang dijamin, akan tetap memberikan sensasi keseraman Halloween yang tidak kalah gokilnya dari berpesta Halloween sampai subuh.

22Zombieland (2009)

21

 

Apabila kamu menyaksikannya ketika tulisan ini diunggah berarti kamu secara tak langsung sedang menyambut 2 perayaan (occasion), yaitu: Halloween, dan perilisan sekuel filmnya, Zombieland: Double Tap yang sedianya akan dirilis pada tanggal 18 Oktober 2019 mendatang.

Anyway, tak heran apabila Zombieland disertakan ke pembahasan daftar ini. Pasalnya film drama zombie-komedi ini memanglah sangat fun dari awal hingga akhir. Tidak ada sama sekali momen datar di dalamnya.

Well, kalau sampai datar, tentunya si “the one & only”, Bill Murray (Ghostbusters) tidak akan mau bukan untuk berpartisipasi di dalam filmnya?

20The Nightmare Before Christmas (1993)

Terserah apabila sebagian dari kamu masih menggangap film animasi musikal karya sutradara gothic, Tim Burton (Batman) ini adalah film Natal (Christmas Movie). Namun yang pasti, The Nightmare Before Christmas berlatar / bernuansa elemen-elemen khas Halloween.

Berdasarkan pernyataan tersebut, maka tidaklah mengherankan apabila film ini kami sertakan dalam daftar rekomendasi ini.

19Scream Series (1996-2011)

Walau mungkin franchise hit 90-an ini secara teknis adalah “parodi horor”, namun tetap saja, seri yang dibuat oleh sineas jenius Wes Craven (A Nightmare on Elm Street) ini, sangat fun dan bahkan wajib dijadikan pilihan di hari Halloween.

Lagipula, siapa sih yang tidak kangen untuk menyaksikan topeng dan jubah Ghostface yang super ikonik di era 90-an itu?

18Paranormal Activity Series (2007-2015)

Ya, ya oke. Kami juga sadar banget kok bahwa franchise horor “found footage” ini semakin lama semakin membuat kita mengepalkan tangan sendiri.

Tapi untuk sekedar tonton satu bulan sekali di bulan penuh mistis ini, tak dipungkiri bahwa franchise supranatural karya Oren Peli ini, merupakan pilihan yang super fun.

Dan memang kalau dipikir lagi, Paranormal Activity merupakan salah satu franchise yang paling “guilty pleasure” yang pernah diproduksi oleh Hollywood.

17A Quiet Place (2018)

Kami yakin pastinya banyak dari kita yang awalnya merasa super skeptis ketika mendengar proyek film yang diusung oleh aktor sekaligus komedian, John Krasinski (The Office) ini.

Pasalnya selain dikarenakan faktor latar belakang Krasinski tersebut, juga keskeptisan ini difaktori oleh premis kisahnya yang kalau dipikir sangat konyol (keluar suara, langsung dihajar monster? Konyol bukan?).

Tapi ketika akhirnya dirilis, keskeptisan tersebut akhirnya langsung terbungkam habis-habisan. Krasinski, sukses menghidupkan konsepnya dengan sangat logis, tetap tegang, dan tentunya sangat fun yang alhasil, membuat A Quiet Place menjadi film yang sangat pas untuk disaksikan pada tanggal 31 Oktober mendatang.

16Alien (1979)

Apabila Chillers ingin menyaksikan horor yang berbau sci-fi namun, tetap kental unsur horor jump-scare nya, makan tentunya karya sineas legendaris Ridley Scott (Blade Runner) inilah yang harus langsung disaksikan.

Dijamin ketegangannya gak akan kalah dari film-film pure horor kaget-kagetan lainnya.

15Hush (2016)

Film rilisan Netflix ini ketika dirilis, langsung menjadi buah bibir di kalangan pecinta film. Pasalnya, film ini memiliki premis yang unik namun realistis. Bagi Chillers yang mungkin belum menyaksikan, Hush mengisahkan seorang wanita tuna rungu dan tuna wicara bernama Madison Young (Kate Siegel).

Walau memiliki kekurangan fisik tersebut, namun wanita yang dipanggil Maddie ini, adalah sosok novelis yang sangat sukses. Dan yap. Secara general, ia memiliki kehidupan yang sangat normal dan bahagia.

Akan tetapi suatu malam, kebahagiaannya terusik dengan rumahnya yang didatangi oleh sosok pembunuh bertopeng yang sangat misterius. Nah dikarenakan ia tidak bisa bisa bicara dan mendengar, iapun harus berjuang untuk menyelamatkan diri dari teror horornya tersebut.

Dan sesuai seperti premis-nya tersebut, ketika akhirnya menyaksikan filmnya, Hush memanglah terasa sangat seru banget dari awal hingga akhir. Tidak ada ruang bagi kita untuk bernafas sama sekali. Pokoknya tegang dan kaget-kaget banget deh!

14The Others (2001)

Film yang dibintangi oleh aktris veteran cantik, Nicole Kidman (Batman Forever) ini, merupakan salah satu film horor supranatural yang super “sakit” di zamannya. Mengapa kami katakana demikian?

Ya gampangnya begini saja. The Others memiliki premis yang di atas kertas sangat general tapi, dieksekusi dengan sangat keren dan fantastis terutama, di bagian twist-nya yang sangat M. Night Shyamalan banget.

Makin penasaran? Langsung saja deh saksikan sendiri. Dijamin, kamu akan kaget banget ketika twist-nya nanti ditampilkan.

13Wind Chill (2007)

Yap benar sekali Chillers. Jauh sebelum tampil di film A Quiet Place bersama sang suami, John Krasinski, Wind Chill merupakan pengalaman pertama aktris asal Inggris ini di genre horor.

Dan di film yang disutradarai oleh Gregory Jacobs (Criminal) ini, Blunt tampil dengan sangat natural yang alhasil membuat aura kengerian plotnya, juga terlihat sangat alami. Memang, mungkin kisahnya terasa agak mengkhayal.

Namun semua itu terlupakan oleh penampilan gemilang Blunt. Apabila kamu penasaran banget dengan film ini (terlebih kamu adalah tipe introvert), wajib banget bagi kamu untuk menyaksikan filmnya ini sendirian di hari keramat di bulan Oktober tersebut.

12Nosferatu: A Symphony of Horror (1922)

Film ini memang termasuk film horor yang “jebot” banget. Tapi jangan salah Chillers. Walaupun super hitam putih dan bisu (silent), namun film horor Jerman Ekspresionsis ini masih sukses membuat kita bergidik ngeri sendiri.

Hal ini tentunya dikarenakan tampilan make-up minimalis Max Schreck sebagai Count Orlok dan arahan yang super keren nan jenius dari F.W. Murnau (Phantom). Oh ya, jangan lupakan juga dengan komposisi scoring dari Hans Erdmann, yang semakin menambah aura creepy filmnya.

11Marrowbone (2017)

Film drama psikologi horor karya Sergio G. Sanchez (The Impossible) ini, dari awal hingga akhir sukses membuat kita merinding dan menerka-nerka terus jalan dan twist plot-nya.

Dan ketika akhirnya dibeberkan, walau mungkin bagi beberapa terasa sangat generik, namun tetap saja terasa mengejutkan dan tidak disangka-sangka. Apabila memang ingin merasakan film horor yang beda alias, lain dari yang lain, maka Marrowbone adalah pilihan yang sangat cocok.

10Child’s Play (1988)

Walau versi reboot yang dirilis di bulan Juni 2019 lalu juga terlihat oke, tapi tetap saja apabila memang ingin merasakan horor yang super duper dari si boneka pembunuh Chucky, maka saksikanlah versi orisnilnya ini.

Dikatakan demikian karena versi orisnil yang mana si Chucky disuarakan oleh si aktor legendaris, Brad Douriff ini, jauh lebih mengedepankan faktor horor jump scare-nya daripada faktor “kekreatifitasan” membunuhnya seperti yang diperlihatkan di versi reboot-nya.

9REC Series (2007-2014)

Film mengenai zombie tak dipungkiri kian lama, bisa kian membosankan. Untungnya sineas sekaligus sutradara Paco Plaza adalah sosok yang super jenius.

Menyadarai akan hal tersebut, plus memanfaatkan momentum kepopuleran genre found footage kala itu, dirinya pun menggabungkan kedua elemennya untuk menciptakan REC ini.

Dan terbukti inisiatif jeniusnya ini, sukses membuat franchise horor Spanyol-Amerika ini menjadi hit dan tentunya seram banget.

Apabila memang ingin menyaksikan film horor zombie yang tidak begitu-begitu saja di malam Halloween, langsung saja deh kamu saksikan keempat seri film REC ini.

8Halloween (1978)

7

Tentunya bukan? Bakalan aneh dan freaky kalau di hari Halloween, kita tidak menyaksikan film yang judul dna latar kisahnya, jelas-jelas terinspirasi dari hari perayaan para arwah ini.

TAPI INGAT! Tonton film Halloween yang pertama (orisinil) ya boleh juga apabila menyaksikan juga sekuelnya, Halloween II (1981). Yang lain termasuk 2 reboot milik Rob Zombie itu, lebih baik tidak usah.

Mengapa? Karena hanya 2 film orisinilnya inilah yang masih mengedepankan aspek ketegangannya daripada aspek bunuh-bunuhan yang dilakukan oleh si ikonik, Michael Myers.

6The Conjuring Universe (2013-2019)

Dengan kesuksesan besarnya hingga detik ini, rasanya tidak ada alasan ini dna itu lagi untuk tidak menyertakan salah satu atau bahkan semua film dari dunia sinematik horor milik sineas handal, James Wan (Saw) ini di dalam playlist nonton Halloween kita.

5Insidious Series (2010-2018)

Satu lagi franchise horor milik Wan. Memang kalau kita lihat, antara fans The Conjuring dan fans Insidious rasionya 50-50. Namun sebaiknya, tidak usah dibandingkan.

Karena walau sama-sama diproduksi oleh Wan, keduanya tak dipungkiri adalah seri yang berbeda satu sama lain. Walau berbeda, tetap saja Insidious dan Conjuring bisa memberikan varian opsi yang keren untuk malam Halloween kita.

4Oculus (2013)

Apabila Chillers belum pernah menyaksikan karya horor milik sineas Mike Flanagan, maka hari Halloween depan nanti, adalah waktu yang terbaik untuk menyaksikan film-film karyanya.

Di poin sebelumnya, kami telah memberikan rekomendasi karya Flanagan juga yaitu, Hush. Nah, ada 1 lagi nih rekomedasinya. Yaitu film horor yang merupakan join produksi antara Blumhouse Productions dan WWE Studios ini.

Dan serupa dengan Hush, Oculus juga menampilkan plot kisah yang tidak umum dan mengandalkan rasa kengerian karakternya dan atmosfir sekitar, untuk memberikan rasa takutnya ke seluruh audiens-nya.

Dengan kata lain, apabila memang ingin menyaksikan film horor yang benar-benar cerdas, mala Oculus adalah jawabannya.

3The Babadook (2014)

Masih di rana tipe film horor yang super cerdas, film asal Australia yang dibintangi oleh Essie Davies (Assassin’s Creed, Game of Thrones) ini, tak dipungkiri adalah film yang benar-benar cerdas dalam melakukan prosesi penceritaan metaforiknya.

Diwujudkan dalam bentuk mengerikan dari setan Babadook-nya, ketika menyaksikan, tidak hanya otak kita sedikit berolahraga, namun pada akhirnya setelah menyaksikan filmnya, kita dijamin akan jauh lebih mengapresiasi / mensyukuri kehidupan yang sedang kita jalani saat ini.

2The Blair Witch Project (1999)

Yap. Bagi Chillers yang generasi milenial, nih dia film horor “found-footage” yang konsep “found-footage” –nya terasa jauh lebih realistis daripada Paranormal Activity. Padahal film ini dirilis menjelang awal millennium baru loh!

Bahkan saking terlihat super realistis, walau kita tahu bahwa film yang ditulis dan disutradarai oleh Eduardo Sanchez (Altered) ini bersifat fiktif, tetap saja ketika dan setelah melihatnya, kita akan kembali mempertanyakan kefiktifan peristiwa yang ditampilkan.

Dengan kata lain, apakah memang film ini benar-benar fiktif atau jangan-jangan memang benar-benar terjadi? Dan yap. Sudah sangat jarang banget saat ini kita menyaksikan film “found footage” yang mampu memain-mainkan kelogikaan sekaligus kewarasan kita ketika menyaksikannya.

1The Shining (1980)

“HERE’S JOHNNY!” Yap. Siapa sih yang tidak kenal dengan kalimat ikonik di dalam sejarah film horor / thriller tersebut? Dan kalimat tersebut tentunya diutarakan oleh Jack Torrence (Jack Nicholson) di film adaptasi novel karya Stephen King ini.

Selain penampilan Nicholson yang gemilang, The Shining pada dasarnya memang dikemas dengan sangat seram. Yang alhasil, tak mengherankan apabila film ini hingga sekarang, kerap dianggap sebagai film horor terbaik dan terseram sepanjang masa.

Dengan atribusi positif tersebut, maka tidaklah mengherankan apabila film ini kami pilih sebagai film nomor wahid yang sangat pas untuk menemani perayaan Halloween Chillers semuanya.

Bagaimana nih Chillers? Adakah dari 20 film ini yang nantinya akan kamu saksikan ketika perayaan Halloween akhirnya tiba?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here