Buat kamu yang nge-fans film-film animasi dari Studio Ghibli, ada kabar bagus, sebanyak 21 film dari studio animasi legendaris asal Jepang akan tersedia di layanan Netflix, tetapi tidak termasuk Amerika Serikat, Kanada dan Jepang. Film-film yang ditayangkan antara lain Spirited Away yang menjadi pemenang Academy Awards, Princess Mononoke, Arrietty, Kiki’s Delivery Service, My Neighbor Totoro, dan The Tale of The Princess Kaguya.

Dilansir dari Antara, 21 film animasi ini juga diterjemahkan ke dalam 28 bahasa dan akan disulih suara hingga 20 bahasa. Berikut adalah tiga film Studio Ghibli yang tayang mulai 1 Februari 2020 menurut keterangan resmi Netflix, Selasa (28/1/2020):

My Neighbor Totoro (1988)

Film My Neighbor Totoro bercerita tentang Mei dan Satsuki yang pindah ke rumah baru agar bisa dekat dengan ibu mereka yang sedang dirawat di rumah sakit. Tak lama, mereka berkenalan dengan Totoro, makhluk dari dunia lain yang berbentuk seperti kelinci raksasa.

Kiki’s Delivery Service (1989)

Sesuai dengan tradisi di desanya, seorang calon penyihir berusia 13 tahun bernama Kiki harus pindah ke sebuah kota tepi laut dan tinggal sendirian dengan kucingnya yang bisa berbicara, Jiji. Setelah berhasil mengendalikan sapu terbangnya, Kiki mendirikan usaha kurir yang terkenal di lingkungannya. Namun, ketika Kiki kehilangan kemampuan sihirnya, penyihir muda ini harus bisa mengatasi ketidakpercayaan dirinya agar dapat mengembalikan kekuatannya.

Castle in the Sky (1986)

Di tengah perjalanan menuju sebuah penjara militer, pesawat yang ditumpangi seorang anak yatim piatu bernama Sheeta dan penculiknya, Kolonel Muska, diserang oleh sekelompok pembajak udara yang dipimpin oleh Dola. Sheeta berhasil melarikan diri dan bertemu dengan Pazu, di mana keduanya bekerja sama untuk menemukan kota melayang Laputa.

Only Yesterday (1991)

Wanita karier yang belum menikah Taeko Okajima (Miki Imai) melakukan perjalanan panjang pertamanya di luar kota asalnya Tokyo ketika ia melakukan perjalanan ke pedesaan Yamagata untuk mengunjungi keluarga saudara perempuannya selama panen tahunan bunga safflower. Di kereta, Taeko melamun tentang dirinya yang belum remaja. Ketika liburannya berlanjut, ia telah menambah kilas balik tentang frustrasi dan kesenangan kecil masa kecilnya, dan bertanya-tanya apakah kehidupan dewasanya yang dipenuhi stres adalah apa yang diinginkan oleh Taeko muda untuk dirinya sendiri.

Porco Rosso (1992)

Di Italia pada 1930-an, bajak laut langit meneror kapal pesiar kaya saat mereka berlayar di Laut Adriatik. Satu-satunya pilot yang cukup berani untuk menghentikan momok adalah Porco Rosso (Shuichiro Moriyama) yang misterius, mantan pilot Perang Dunia I yang entah bagaimana berubah menjadi babi selama perang. Saat ia bersiap untuk bertarung dengan andalan kru bajak laut Amerika, Porco Rosso meminta bantuan mekanik cewek berani bernama Fio Piccolo (Akemi Okamura) dan teman lamanya Madame Gina (Tokiko Kato).

Ocean Waves (1993)

Taku Morisaki (Nobuo Tobita), seorang mahasiswa yang akan menghadiri reuni SMA di kampung halamannya di Kochi. Sebelum berangkat, ia melihat sosok perempuan yang sekilas tampak tidak asing baginya. Dalam penerbangan ke kampung halamannya, Taku mengingat kembali kenangan yang ia alami semasa SMA. Dari sinilah cerita kemudian bergerak mundur ke dua tahun sebelumnya, saat Taku pertama kali bertatap muka dengan seorang perempuan yang tidak akan pernah ia lupakan yang bernama Rikako Muto (Yoko Sakamoto), seorang siswi pindahan dari Tokyo.

Tales from Earthsea (2006)

Sesuatu yang aneh terjadi di negeri fantasi abad pertengahan. Sebuah kerajaan dalam keadaan kacau. Orang – orang mulai berkelakuan aneh. Seorang penyihir bernama Ged (Sparrowhawk the Archmage), berusaha mencari penyebab semua kejadian tersebut. Di perjalanan, Ged bertemu Pangeran Arren putus asa. Keduanya kemudian berpetualang bersama ke beberapa kota sambal menyelidiki penyebab kekacauan itu.

Berikut ini tanggal rilis film-film Studio Ghibli di Netflix:

1 Februari 2020:

Castle in the Sky (1986), My Neighbor Totoro (1988), Kiki’s Delivery Service (1989), Only Yesterday (1991), Porco Rosso (1992), Ocean Waves (1993), Tales from Earthsea (2006)

1 Maret 2020:

Nausicaä of the Valley of the Wind (1984), Princess Mononoke (1997), My Neighbors the Yamadas (1999), Spirited Away (2001), The Cat Returns (2002), Arrietty (2010), The Tale of The Princess Kaguya (2013)

1 April 2020:

Pom Poko (1994), Whisper of the Heart (1995), Howl’s Moving Castle (2004), Ponyo on the Cliff by the Sea (2008), From Up on Poppy Hill (2011), The Wind Rises (2013), When Marnie Was There (2014).

Facebook Comments