5 Film Marvel Cinematic Universe yang Juga Berdurasi Lama

Tentunya kita masih ingat dengan kehebohan seluruh audiens dan fanboy MCU satu bulan lalu terhadap pengungkapan durasi “Avengers: Endgame” (2019) yang tak dipungkiri dengan durasi 3 jam-nya, menjadikan filmnya sebagai film MCU dengan durasi terpanjang sejauh ini.

Sekali lagi wajar banget apabila seluruh audiens dan fans heboh banget. 3 jam memanglah waktu yang sangat lama untuk sebuah film terlepas film tersebut adalah film superhero. Akan tetapi kenyataannya, bukan Endgame saja yang menjadi film berdurasi terpanjang di dunia sinematik superhero milik Kevin Feige ini.

Dan berikut adalah 5 film MCU lainnya yang juga memiliki durasi yang tidak kalah panjangnya dengan Endgame.

5. Guardians of the Galaxy Vol. 2 (2 Jam 16 Menit)

Dengan kesuksesan film pertamanya “Guardians of the Galaxy” (2014) yang hanya berdurasi 2 Jam 2 menit, tak heran apabila di sekuelnya ini, sutradara James Gunn menambahkan jumlah durasinya tersebut.

Dan untungnya penambahan durasi ini tidak lantas membuat filmnya terlihat dan terasa lama. Yang ada dengan penambahan durasinya, membuat Vol. 2 terutama pengembangan adegan hubungan Star-Lord (Chris Pratt) dan ayahnya Ego (Kurt Russell), terlihat jauh lebih dalam dan intens.

4. Avengers: Age of Ultron (2 Jam 21 Menit)

Jujur kami benar-benar terkejut dan gak habis pikir. 2 Jam 21 menit alias hampir 2,5 jam loh! Tapi yang ada “Avengers: Age of Ultron” (2015) terlihat tidak bisa memanfaatkan waktu yang diberikan sebaik-baiknya.

Entahlah Chillers, mungkin kekecewaan berat yang didapatkan oleh sekuel “The Avengers” (2012) ini jugalah dipengaruhi oleh naskah sutradara Joss Whedon yang terlihat dan terasa “numpuk”.

Tapi hey, setidaknya dengan durasi selama ini, Whedon bisa menampilkan pertarungan antara Iron Man (Robert Downey Jr.) dan Hulk (Mark Ruffalo) dengan Hulkbuster-nya itu dan juga teaser perkenalan awal dari calon villain di “Black Panther” (2018), Ulysses Klaue (Andy Serkis) bukan?

3. The Avengers (2 Jam 23 Menit)

Hanya lebih 2 menit dari Age of Ultron, namun aktanya film perdana tim superhero Marvel ini terlihat jauh lebih rapih dan tertata daripada sekuelnya tersebut.

Mungkin hal ini juga difaktori dengan filmnya yang bisa dikatakan sebagai “edisi perkenalan” sehingga membuat Whedon jauh terasa lebih enteng dalam mengatur semuanya. Tidak hanya alur ceritanya terlihat rapih, namun Whedon juga sukses membagikan porsi peran yang sama adilnya terhadap masing-masing castnya.

2. Captain America: Civil War (2 Jam 27 Menit)

Dengan hype fanboy yang sangat gila-gilaan kala itu dan memang pada dasarnya plot yang dimiliki tidaklah cukup untuk diceritakan dalam 1-2 jam saja, maka tidaklah mengherankan apabila Russo bersaudara dan Marvel rela menambahkan durasinya 27 menit lagi.

Dan terbukti keputusan yang diambil tersebut sangatlah tepat kisah perselisihan beda pendapat antara kubu Captain America (Chris Evans) dan Iron Man (Downey Jr.) pun terlihat jauh lebih dieksplorasi yang alhasil membuat kita yang nonton pun bingung harus berada di tim Cap atau tim Tony.

1. Avengers: Infinity War (2 Jam 29 Menit)

Yap bagian pertama dari dua film pertarungan besar antara Avengers dengan Thanos (Josh Brolin) inilah yang merupakan film berdurasi terpanjang sebelum akhirnya bagian keduanya mengalahkannya.

Wajar dan bahkan “wajib” banget apabila Avengers: Infinity War (2018) dan Avengers: Endgame (2019) memiliki durasi yang membuat kita jadi harus membawa snack banyak di dalam bioskop. Pasalnya 2 film ini adalah 2 film finale sebelum akhirnya semuanya selesai (untuk sementara waktu ini).

Namun kalau dipikir walau Infinity War berdurasi 2 Jam 29 menit atau Endgame yang berdurasi tepat 3 jam, tetap saja keduanya tidak terasa lama atau panjang banget sama sekali. Rasanya pujian lebih harus ditujukan pada duo sutradara Anthony & Joe Russo.

Sekarang bagaimana pendapat Chillers dengan fakta durasi MCU ini?

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here