Terlepas film-film superhero di Marvel Cinematic Universe (MCU) hingga detik ini keren-keren banget, sayangnya terdapat satu kelemahan utama dari dunia sinematik superhero milik Kevin Feige ini.

Dan kelemahan yang dimaksud tersebut adalah sosok villain yang ditampilkan di film-filmnya sangat lemah atau tidak seintimidatif seperti seharusnya. Padahal sosok antagonis ini, notabene haruslah ditampilkan sekejam dan sesangar mungkin.

Karena seperti kita ketahui, salah satu prinsip agar sebuah film superhero terlihat keren adalah karakter villain yang mampu memberikan teror tidak hanya bagi karakter dan lingkungan sekitarnya, namun juga audiens yang menyaksikan. Dan sekali lagi, hampir seluruh villain di MCU sejauh ini, terlihat sangat “lembek”.

Walau demikian, untunglah 5 villain ini bisa sedikit keluar dari paradigma tersebut dengan memberikan performanya yang tidak hanya menghibur, namun juga cukup sukses dalam menjalankan tugasnya sebagai sosok yang paling dibenci atau ditakuti oleh superhero dan audiens yang menyaksikan.

5. Mysterio (Spider-Man: Far From Home, 2019)

Selain teknik spesial efek yang sangat keren, aspek lain yang membuat sosok Quentin Beck aka Mysterio sangat keren adalah performa aktor pemerannya, Jake Gyllenhaal (Source Code), yang sukses menampilkan sosok Quentin yang benar-benar lihai dalam mengelabui Peter Parker aka Spider-Man (Tom Holland).

Kitapun yang menyaksikan dari trailer perdananya, juga sempat meyakini kalau Mysterio-nya Gyllenhaal adalah sosok protagnis dan memang berasal dari bumi (earth) lain. Toh memang di komiknya, Multiverse memang eksis bukan?

Namun betapa kecele-nya kita di babak 2 ketika terungkap bahwasanya, Beck adalah sosok dari prime earth (bumi yang sama seperti Spidey / yang selama ini kita saksikan di MCU), dan juga dirinya adalah sosok yang licik nan jahat.

Dan seluruh sandiwaranya ini dilakukan demi membalaskan dendam kesumat lamanya terhadap mantan bos dan juga mentor Spidey, Tony Stark aka Iron Man (Robert Downey Jr). Di tangan aktor lain, mungkin twist ini walau tetap mengejutkan, kami jamin akan terasa biasa-biasa saja. Untunglah Gyllenhal yang melakukannya.

4. Erik Killmonger (Black Panther, 2018)

 

Walau motif villain yang diperankan oleh Michael B. Jordan (Creed) ini sangat “pasaran” dan sinetron banget, namun dikarenakan faktor karisma super tinggi yang dimiliki oleh Jordan, alhasil sosok Killmonger terlihat sangar, keren, dan penting banget peranannya.

Adegan pertarungan finalnya dengan T’Challa aka Black Panther (Chadwick Boseman) pun juga terlihat sangat menggoda mata kita yang menyaksikan.

3. Loki (Thor, 2011)

 

Kalau boleh berbicara 100% jujur disini, bisa dikatakan bahwa mau cerita, karakter, atau hal apapun itu yang ada di film Thor, awalnya dipenuhi dengan rasa keskeptisan super tinggi. Hal ini tentunya dikarenakan faktor kefamiliaran kisah dan karakternya terhadap audiens awam (non pembaca komiknya).

Namun seluruh keskeptisan tersebut berubah menjadi tepuk gembira dan kepuasan yang tiada tara.

Dan salah satu faktor keberhasilannya tentu adalah dikarenakan sosok aktor tinggi asal Inggris, Tom Hiddleston, yang sukses banget memerankan musuh bebuyutan sekaligus saudara angkat Thor (Chris Hemsworth), Loki.

Melalui penampilan Hiddleston yang sangat karismatik nan brilian, sekali lagi bukan hanya membuat film Thor menjadi super keren nan familiar, juga membuat sosok Loki menjadi salah satu sosok villain MCU terpopuler dan terbaik hingga detik ini.

Lebih jauhnya lagi, dengan kemampuan Hiddleston yang mampu memberikan emosi sekaligus kelogikaan yang pas, alhasil membuat kitapun menjadi iba dan paham banget mengapa akhirnya Loki menjadi sosok villain yang seperti kita lihat di dalam filmnya.

2. Helmut Zemo (Captain America: Civil War, 2016)

 

Diperankan oleh Daniel Bruhl (Rush), bisa dikatakan villain ini sangatlah underrated dan ironisnya, juga kerap dipandang tidak ada bedanya sama sekali dengan villain-villain MCU lainnya sejauh ini.

Padahal kalau kita perhatikan lagi secara seksama, Zemo di MCU merupakan villain yang karena kecerdasan liciknya, mampu memecah belah tim Avengers lebih parah lagi.

Hal ini terbukti dengan dirinya yang menjadi satu-satunya individu yang di filmnya ini, mampu mengaktifkan program cuci otak yang masih tertanam di dalam otak Bucky Barnes aka The Winter Soldier (Sebastian Stan).

Yang mana pada akhirnya membuat sahabatnya Captain America (Chris Evans), menjadi kelimpungan dan “sleg” beberapa tahun dengan Iron Man dan rekan-rekan Avengers lainnya. Intinya sekali lagi, Zemo merupakan villain MCU yang sangat cerdas dan kalkulatif dalam membaca situasi sekitar.

1. Thanos (Avengers: Infinity War & Avengers: Endgame, 2018-2019)

 

Well siapa lagi bukan? Awalnya seperti biasa, banyak fans MCU yang merasa super skeptis dengan salah satu villain Marvel terbesar ini. Spesifiknya, mereka merasa was-was kalau villain yang pertama kali di-tease di The Avengers (2012) ini, akan berakhir flat atau bahkan mengecewakan seperti villain-villain MCU sebelumnya.

Namun seluruh keskeptisan tersebut sirna total ketika sosoknya yang diperankan secara CGI oleh Josh Brolin (Deadpool 2), ditampilkan secara full untuk pertama kalinya di Avengers: Infinity War (2018).

Ketika ditampilkan, tidak hanya tim Avengers yang langsung merasa ngeri, kitapun sebagai audiens langsung merasakan intimidasinya yang amat sangat. Setiap ia muncul, ia bagaikan Darth Vader yang muncul di franchise Star Wars. Dan memang perasaan seperti inilah yang sebenarnya harus ditampilkan sejak lama oleh MCU.

Tapi hey, walau terlambat banget (banget!), yang penting akhirnya terkabulkan juga bukan? Dengan penjelasan-penjelasan ini, maka tak heran bukan apabila kami (dan mungkin kalian juga) kerap menganggap bahwa Thanos, adalah sosok villain MCU terkeren, ter-badass, dan terbaik sejauh ini.

 

Sekarang bagaimana nih pendapat kalian dengan daftar ini Chillers?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here