6 Pemeran Batman Terburuk dan Terbaik Hingga Saat Ini

DC dan Warner Bros baru saja mengeluarkan pernyataan resmi terkait Robert Pattinson dalam mengemban estafet berikutnya menjadi Batman terbaru. Menyambut kabar baik tersebut, ada baiknya mari kita kilas balik lagi ke-6 pemeran Batman sejauh ini dari yang kurang mengecewakan hingga yang benar-benar keren dan sangar abis.

Perlu diingat bahwa 6 (enam) aktor yang akan dibahas merupakan aktor yang memerankan The Cape Crusader di layar lebar saja. Kalau sudah jelas yuk mari kita mulai saja pembahasannya!

6. George Clooney

Sepertinya kami tidak perlu panjang lebar untuk menjelaskan mengapa mantan pemeran Dr. Doug Ross di seri hit “ER” (1994-2009) ini dianggap sebagai pemeran Batman terburuk yang ada di dalam sejarah adaptasi filmnya.

Selain kostumnya yang menampilkan nipples secara terang-terangan, interpretasi Clooney sebagai Batman benar-benar salah pendekatannya. Maksud hati ingin menampilkannya dengan super campy ala almarhum Adam West di seri televisi 1966 nya, strategi pendekatan campy-nya justru malah membuat Batman-nya terlihat super konyol.

Intinya bukannya kami melihat sosok superhero yang kelam dan sadistik, yang ada Batman terlihat bagaikan sosok Clooney yang sedang mengadakan cosplay bersama Uma Thurman dan Arnold Schwarzenegger di filmnya.

Walau demikian ada dua hal positifnya disini. Pertama, Clooney lumayan pas sebagai Bruce Wayne-nya dan kedua, setidaknya ia telah beribu-ribu kali minta maaf ke seluruh fanboy yang benar-benar telah terluka hatinya akibat penampilan buruknya ini.

5. Adam West

Sebenarnya tidak adil banget kami menempatkan aktor yang sukses membawa Batman ke rana mainstream ini di posisi ini. Karena selain West kini sudah tiada (meninggal dunia pada tahun 2017), selain itu pendekatan peran Batman-nya memanglah dikonsepkan sangat campy.

Jadi wajar banget apabila mungkin interpretasi Batman-nya terlihat cringe (shark spray anyone?). Tapi dikarenakan di daftar ini terdapat aktor-aktor Batman lain yang tidak kalah mumpuni, maka mau tak mau kami harus menempatkannya di posisi ini.

4. Val Kilmer

 

Mungkin pendpaat berikut akan terdengar cukup kontroversial. Namun menurut pandangan kami, aktor yang juga ngetop lewat perannya sebagai Simon Templar di “The Saint” (1997) ini, adalah aktor yang keren dalam memerankan baik Bruce maupun Batman nya.

Pasalnya (sekali lagi menurut kami), Kilmer sukses banget dalam menyeimbangkan kedua perannya. Karena seperti kita ketahui, Bruce dan Batman adalah dua kepribadian yang berbeda satu sama lain walau memang satu raga dan satu jiwa.

Dan seperti yang telah dikatakan, Kilmer sukses dalam menyeimbangkan karakteristik peran kedua karakternya.

3. Ben Affleck

Tentunya kita masih ingat banget ketika mantan kekasih Jennifer Lopez (Maid in Manhattan) ini diumumkan sebagai sosok Batman barunya. Yap benar banget, hujan cemoohan dan kritikan diberikan oleh seluruh fanboy.

Dan tentunya dengan alasan yang cukup masuk akal. Affleck adalah aktor yang (kala itu) dianggap memiliki kemampuan akting yang mediocre dan kedua, ia memberikan “trauma” berkepanjangan ketika memerankan Matt Murdock aka Daredevil di “Daredevil” (2003).

Namun hujan kritikan dan cemoohan tersebut secara mengejutkan berubah menjadi pujian ketika ia tampil di “Batman V Superman: Dawn of Justice” (2016). Affleck yang memerankan sosok Batman yang sudah dua dekade menjadi Batman, benar-benar menampilkan sosok Batman yang terlihat fresh banget.

Di tangannya, sosok Batman terlihat jauh lebih detektif namun sisi kekejamannya tetap terasa banget. Intinya versi Batman nya ini benar-benar mirip dengan sosok Batman di storyline komik The Dark Knight Returns karya Frank Miller yang sangat dipuja-puja oleh seluruh fanboy itu.

2. Michael Keaton

Kalau Adam West adalah yang pertama memperkenalkan si ksatria kegelapan di rana mainstream, maka Michael Keaton adalah yang benar-benar menghidupkan sosok Batman yang dikenal oleh fans selama ini.

Di tangannya, Batman terlihat jauh lebih kejam, dark, depresif, dan badass. Dalam memerankan sosok Bruce Wayne-nya pun, Keaton sukses banget menghidupkan seluruh kekelaman hidup yang dialami oleh Bruce di sepanjang hidupnya.

Hmmm not bad untuk sosok aktor yang di awal karirnya lebih dikenal di peran-peran komedik.

1. Christian Bale

Apakah kalian terkejut Chillers? Rasanya tidak sama sekali bukan? Pasalnya Bale adalah sosok yang sukses banget menggandakan apa yang telah ditinggalkan oleh Batman milik Keaton.

Ia sukses banget dalam memisahkan sosok Bruce dan Batman ditambah lagi, ia juga sukses banget dalam memberika suara geramannya yang khas itu yang alhasil membuat sosok Batman terlihat dan terasa jauh lebih intimidatif dan sangar banget. Intinya Bale is Batman!

Apakah nantinya Robert Pattinson akan sukses mengalahkan performa Bale atau Keaton di “The Batman”? Well, kita tunggu dan lihat saja lagi ya Chillers. Dari 6 aktor ini yang manakah yang menjadi aktor Batman favorit kalian?

1 comment

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here