7 Fakta Trilogi Orisinil Star Wars yang Wajib Fanboy Tahu

Salah satu faktor mengapa franchise opera sabun luar angkasa keluarga Skywalker, ‘Star Wars’ begitu hit hingga detik ini, adalah dikarenakan kesuksesan masif yang didapatkan oleh trilogi orisinilnya (Episode 4-6).

Tanpa kesuksesan ketiga film yang dirilis menjelang akhir 70-an hingga awal 80-an tersebut, dijamin kepopuleran Star Wars tidak akan nge-hit hingga detik ini. Nah untuk menghargai seluruh jasa-jasa sekaligus cetak biru yang telah ditinggalkan tersebut, yuk mari kita simak 7 fakta unik dari trilogi orisinilnya ini.

Bagi Chillers yang mengaku fanboy ‘Star Wars’, wajib menyimak fakta berikut ini:

1. Twist Darth Vader Diproteksi Gila-Gilaan

“Loh kan dulu belum ada intenet, kok sampai segitunya?” Memang belum ada. Namun tetap saja yang namanya reporter media hiburan di Hollywood sangatlah lihai sejak zaman kuda gigit besi. Lalu bagaimana cara proteksi gila-gilaan yang dimaksud?

Pertama jauh sebelum proses pra produksi, kreator franchise ini George Lucas, memastikan bahwa hanya ia dan pemeran Luke Skywalker (Mark Hamill) yang mengetahui twist terbesar dan tergokil di dalam sejarah franchise ini.

Bagi Chillers yang mungkin benar-benar awam, twist terbesar yang dimaksud adalah Darth Vader (David Prowse) merupakan ayah kandung dari jagoan utama sekaligus musuh bebuyutannya, Luke Skywalker (Mark Hamill).

Nah Prowse yang memerankan fisik Vader (suara Vader disuarakan oleh James Earl Jones) juga dipastikan membaca naskah “dummy”. Di naskah palsu tersebut, disebutkan bahwa twist besarnya adalah Obi-Wan Kenobi (Alec Guinness) pembunuh ayah kandung Luke.

Setelah itu Hamill diberikan peringatan (lebih tepatnya ancaman) untuk benar-benar tutup mulut. Kalau misalkan twist ini sampai bocor, bisa dipastikan kebocoran disebabkan oleh dirinya.

Terbukti twist sukses tidak bocor kemana-mana yang alhasil ketika hasil akhirnya ditayangkan, seluruh kru dan bintangnya (terkecuali Hamill), sukses super terkejut layaknya seperti baru menyaksikan matahari yang terbit dari arah barat.

2. Episode 6 Awalnya Diberi Judul Revenge of the Jedi

Yap percaya atau tidak, film ke-6 sekaligus penutup trilogi orisinilnya Return of the Jedi (1983), awalnya diberi judul Revenge of the Jedi.

Pemberian judul ini dikarenakan Lucas ingin memberikan episode penutup yang benar-benar kelam dan kasar. Poster resmi nya yang dirancang oleh Drew Struzan pun sudah siap dan bahkan beberapa diantaranya sudah disebar.

Namun menjelang detik-detik akhir, Lucas memutuskan untuk mengganti kata “Revenge” menjadi “Return”. Alasannya, Lucas menganggap bahwa seorang Jedi atau dalam kasus ini Luke Skywalker dan Anakin Skywalker (nama asli Vader), bukanlah sosok yang suka untuk mencari pembalasan dendam. Alhasil gara-gara ini, seluruh tampilan desain poster yang sudah jadi pun dirombak lagi habis-habisan.

3. Setengah Adegan di Dagobah Disyuting di Area Kolam Renang Pribadi Lucas.

Diperkenalkan di ‘Empire Strikes Back’, Dagobah adalah planet rawa yang juga merupakan tempat tinggal mantan Master Jedi, Yoda (Frank Oz). Di tempat inilah Luke mendapatkan pelatihan Jedi lebih jauh lagi.

Sekilas ketika menyaksikan, kita pastinya menyangkan kalau seluruh adegannya disyuting di lokasi Dagobah buatan yang dibuat di studio. Namun faktanya, tidak semuanya disyuting di studio. Sebagian besarnya lagi justru disyuting di kolam renang belakang rumah Lucas termasuk, adegan dimana R2-D2 ditarik dan “dilepeh” lagi oleh mahluk rawanya.

4. Dialog Interkom Han Solo adalah Hasil Improvisasi Harrison Ford

Bisa dikatakan poin ini adalah salah satu bukti kuat akan kekerenan seorang Harrison Ford sebagai aktor. Jadi Ford kala itu merasa malas banget untuk mempelajari dialog adegan interaksi karakter Solo-nya dengan salah satu tentara kekaisaran melalui interkom.

Nah menjelang akhir percakapan keduanya (ketika tentara tersebut sudah mengetahui identitas Solo yang sesungguhnya), Solo lalu menembak interkom-nya seraya mengatakan “boring conversation anyway”. Ternyata kalimat dialog ikonik ini adalah alami improvisasi yang dilakukan oleh Ford. Wow keren!

5. Harrison Ford & Carrie Fisher Mabuk Berat di Adegan Cloud City

Kalau Chillers memperhatikan secara jeli, terlihat banget bahwa Ford dan si Princess Leia, Carrie Fisher mabuk berat ketika di adegan keduanya yang baru sampai di Cloud City di Empire Strikes Back.

Dan faktanya keduanya memanglah baru mengalami mabuk minum-minum. Spesifiknya, satu hari sebelum keduanya melakukan syuting adegannya, Ford & Fisher diundang ke sebuah pesta mewah yang mana di daftar undangannya juga terdapat band Rock N’ Roll legendaris The Rolling Stones.

Dengan daftar undangan selegendaris itu, wajar banget apabila keduanya berpesta dan bermabuk-mabukan hingga jam 6 pagi. Tapi yap patut diacungi dua jempol bahwa walau sedang mabuk berat, keduanya masih bisa menampilkan akting yang sama kerennya seperti ketika sedang tidak mabuk.

6. Luke & Leia Awalnya Tidak Direncanakan Bersaudara

Tak dipungkiri ketika terungkap di ‘Return of the Jedi’ bahwa Leia dan Luke adalah saudara kandung, banyak fans yang langsung mengerenyitkan dahi dan bahkan tak sedikit yang geram dengan Lucas.

Pasalnya di ‘Empire Strikes Back’, keduanya ditampilkan saling berciuman. Akan tetapi nyatanya di awal pembuat draf kisah ketiga filmnya, Lucas tidaklah membuat keduanya sebagai saudara kandung. Ide membuatnya sebagai saudara kandung baru muncul ketika proses syuting filmnya sedang berlangsung.

7. Ending Asli ‘Return of the Jedi’ Jauh Lebih Gelap

Yap. Faktanya kesimpulan akhir trilogi orisinilnya bukanlah seperti yang ditampilkan menjelang akhir Return of the Jedi.

Spesifiknya di awal pembuatan draf naskahnya, Lucas dan penulis naskah filmnya Lawrence Kasdan, justru menginginkan agar Luke yang setelah mengalahkan ayahnya, langsung mengenakan topeng Darth Vader.

Otomatis, membuatnya menjadi Darth Vader baru. Keduanya sepakat bahwa inilah ending yang sangat tepat untuk mengakhiri triloginya ini. Namun setelah melakukan revisi naskah sana-sini, akhirnya ending pun turut direvisi menjadi jauh lebih positif dan bahagia. Tapi menurut kami keren juga sih apabila ending-nya segelap seperti itu.

Itulah tadi 7 fakta unik dari trilogi orisinil Star Wars yang wajib diketahui oleh kita-kita yang fanboy. Bagaimana nih pandangan Chillers tentang fakta unik ini?

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here