Ketika kita menyaksikan film-film drama kriminal Hollywood, umumnya sebagian besar kisah peristiwa kriminal yang ditampilkan bersifat fiksi.

Namun terkadang, terdapat beberapa yang justru kisahnya berdasarkan peristiwa kriminal yang pernah terjadi di kehidupan nyata kita sehari-hari.

Dan berikut adalah 7 contoh film yang berdasarkan peristiwa kriminal nyata tersebut.

7Gone Girl (2014)

Film yang diadaptasi dari novel hit berjudul sama karya Gillian Flynn ini, faktanya terinspirasi dari salah satu peristiwa kriminal paling menghebohkan di tahun 2002.

Spesifiknya peristiwa yang dimaksud adalah menghilangnya wanita asal Modesto, California bernama Laci Peterson. Dan setelah dilakukan pencarian berminggu-minggu, akhirnya Laci ditemukan juga.

Namun sayangnya ketika ditemukan ia sudah menjadi mayat bersama dengan anak laki-laki yang masih dikandungnya Conner. Setelah dilakukan investigasi secara mendalam, diketahui bahwa suaminya sendiri, Scott Peterson lah pelakunya.

Dan atas perbuatannya tersebut, Scott kini sedang menunggu waktu-waktu terakhirnya untuk dieksekusi dengan cara disuntik mati. Yang uniknya disini, ketika Flynn menulis Gone Girl, ia justru membalikkan fakta yang ada.

Maksudnya, ia menjadikan posisi sang istri (yang dalam ceritanya, namanya diganti menjadi Amy), menjadi di posisi sang suami. Walau awalnya banyak yang skeptis dengan perubahan yang dilakukan, faktanya langkah yang diambil Flynn ini berbuah kesuksesan yang sangat besar.

6Donnie Brasco (1997)

Film yang dibintangi oleh duo legenda: Johnny Depp (Ed Wood) dan Al Pacino (The Godfather) ini ketika dirilis di tahun 1997 sukses besar-besaran. Bukan hanya dikarenakan kebesaran nama Depp dan Pacino saja, namun kisah filmnya juga sangat keren dan intens banget.

Bagi Chillers yang mungkin belum mengetahui, Donnie Brasco mengisahkan seorang agen FBI, Joseph D. Pistone (Depp) yang ditugaskan untuk menginfiltrasi keluarga mafia top di New York, AS, Bonanno.

Agar bisa melakukan tugasnya, Pistone pun mau tak mau harus menyamar menjadi anggota geng kriminal dengan nama baru: Donnie Brasco. Iapun kemudian secara perlahan mempelajari trik-trik penyusupannya melalui seorang hitman yang juga rekan dekat keluarga Bonanno, Lefty (Pacino).

Dan tentunya walau kita bukan “sejarawan mafia”, kita langsung bisa menerka sekali kalau film ini memanglah terinspirasi dari peristiwa serupa. Spesifiknya plot penyusupan ini pernah dilakukan oleh sosok real-life Pistone di tahun 70-an.

5Catch Me If You Can (2002)

Film yang dibintangi oleh pasangan “dream cast” Tom Hanks (Forrest Gump) dan Leonardo di Caprio (Titanic) ini, juga sama hit-nya dengan Donnie Brasco ketika dirilis.

Dan lagi-lagi serupa dengan Donnie Brasco, film ini terinspirasi dari peristiwa nyata yang terjadi di tahun 60-an yang mana seorang con-artist, Frank Abagnale, “sukses” melakukan penipuan hingga bermiliyar-miliyar.

Perbuatan ini dilakukannya agar dirinya bisa bertahan hidup (survive). Alhasil iapun menjadi incaran pihak FBI. Dan setelah melakukan pengejaran ala “Tom & Jerry”, Abagnale akhirnya bisa ditangkap dan dijebloskan dalam pernjara.

Namun kerennya tidak seperti kriminil-kriminil di daftar ini, pria yang kini berusia 71 tahun ini, kini sudah tobat dan bekerja secara legal dan halal sebagai seorang konsultan keamanan.

4Psycho (1960)

Yap benar banget Chillers. Film drama kriminal thriller klasik ini, terinspirasi dari peristiwa kriminal di dunia nyata. Spesifiknya, penulis novel-nya, Robert Bloch, terinspirasi dari pembunuh berantai “legendaris”, Ed Gein.

Mungkin untuk pembahasan detail mengenai sosok Gein akan dibahas lebih lanjut di poin film berikutnya yang mana film di poin tersebut, juga terinspirasi dari si pembunuh gila ini.

Yang jelas inspirasi yang didapatkan oleh Bloch ini, sukses banget dalam menciptakan kisah novel pembunuhan fiktif yang sampai-sampai membuat seorang Alfred Hitchcock (The Bird), terinspirasi untuk mengadaptasikannya ke dalam film yang super klasik ini.

3Monster (2003)

Film yang menampilkan aktris cantik Charlize Theron (That Thing You Do) yang sosoknya ditampilkan nyaris tak dikenali ini, mengisahkan seorang pembunuh psikotik wanita real-life bernama Aileen Wuornos yang di filmya diperankan oleh Theron

Wuornos menjadi terkenal namanya di akhir 80 dan awal 90an setelah dirinya membunuh 7 pria secara brutal.

Menurut keterangannya, ketujuh pria yang dibunuhnya adalah mereka-mereka yang hampir atau pernah memperkosanya. Dan di matanya 7 pria ini memang pantas untuk mendapatkannya.

Walau mungkin alasannya masuk akal, tetap saja perbuatan vigillante-nya ini tidak bisa dibenarkan sama sekali karena jelas-jelas perbuatannya, sangat melanggar hukum. Atas perbuatannya ini Wuornos pun diberikan hukuman suntik mati di tahun 2002.

2Snowtown (2011)

Mungkin dari seluruh film di daftar, film arahan Justin Kurzel (Assassin’s Creed) ini adalah yang terdengar kurang familiar di telinga.

Maklumlah. Pasalnya film dan peristiwa kriminal yang ditampilkan di film ini adalah peristiwa yang terjadi di luar Amerika Serikat atau Eropa alias, di Australia.

Spesifiknya, film ini berdasarkan peristiwa pembunuhan yang dilakukan oleh trio: John Bunting, Robert Wagner dan James Vlassakis antara Agustus 1992 dan Mei 1999 di sekitar Adelaide, Australia Selatan.

Dan salah satu faktor mengapa kasus pembunuhan ini menjadi booming hingga seluruh dunia, adalah dikarenakan “metode” pembunuhan unik yang dilakukan ketiganya.

Lebih detailnya, setelah membunuh korban-korbannya, mayat-mayat korabannya dimasukkan oleh keempatnya ke dalam sebuah barel yang berada di dalam brankas bank yang terletak di dareah Snowtown, Australia.

Setelah diusut dan diakui sendiri oleh Wagner ketika dimintai testimoninya, motif pembunuhan yang dilakukan oleh keempatnya adalah untuk “menghukum” mereka-mereka yang pedofilia dan homoseksual. Hmm, lagi-lagi individu yang sok-sok jadi vigillante!

Atas perbuatan sok pahlawannya ini, keempatnya hingga kini masih mendekam di dalam penjara dengan kemungkinan besar tak diberikan jaminan menghirup udara bebas.

1The Texas Chainsaw Massacre (1974)

Dan inilah film yang seperti Psycho, juga terinspirasi habis-habisan dari pembunuh sadis Ed Gein. Namun berbeda dengan Psycho yang lebih terinspirasi secara konsep, film arahan Tobe Hooper (Poltergeist) ini justru terinspirasi secara “praktikal”.

Sekelumit saja yang mungkin lupa dan tidak mengetahui kalau Gein adalah sosok pembunuh berantai yang kalau dikatakan tingkat kesadisannya benar-benar gila.

Ia memotong-motong bagian tubuh korbannya (mutilasi), lalu mengumpulkan potongan-potongan tubuhnya tersebut di berbagai “titik lokasi” di rumahnya.

Bahkan beberapa diantara potongan tubuhnya (mau itu bagian kulit, tulang atau tengkorak), dijadikan “bahan” untuk membuat atau “menghias” properti-properti di rumah mereka. Tentunya kami tidak mungkin men-detailkan lebih jauh dikarenakan faktor kesadisan sekaligus kebiadaban yang ada.

Yang jelas, apa yang dilakukan oleh Gein benar-benar tidak pantas diingat-ingat lagi atau bahkan ikut ditiru oleh kita.

 

Nah itulah tadi 7 film drama kriminal yang inspirasi ceritanya diadaptasi dari kejadian kriminal yang pernah terjadi di dunia nyata. Dari ketujuh film ini, yang manakah yang merupakan favorit kalian?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here