‘Badla’, Saat Pengacara dan Tersangka Saling Beradu Argumen

Seorang lelaki paruh baya berjalan tegap memakai setelan jas dan memasuki sebuah apartemen yang dihuni oleh Naina Sethi (Tapsee Pannu), seorang public figure ternama yang sedang tertimpa masalah hukum pelik. Badal Gupta (Amitabh Bachchan), nama dari lelaki paruh baya itu adalah seorang pengacara senior yang ditunjuk untuk membela Sethi yang dituduh membunuh Arjun (Tony Luke), pria yang diduga berselingkuh dengannya. Tugas yang diemban Badal Gupta tak hanya sulit, namun mustahil untuk dipecahkan, mengingat Naina sendiri menyimpan banyak rahasia yang belum ia ungkap kepada dirinya.

Ketika Badal menginterogasi Sethi untuk pertama kalinya, ia berharap dapat membahas fakta-fakta dengan membalikkan peristiwa yang mengarah pada kejahatan. Tetapi apakah Sethi akan mengungkapkan lebih dari yang dia miliki dalam pernyataannya kepada polisi? Atau akankah Badal berhasil melihat melampaui fakta untuk menyusun teori deduktif guna membebaskan Sethi dari dugaan kejahatan? Semua hal tersebut akan menjadi pertanyaan yang terus saja menggelayut selama film ini berlangsung, dan pada akhirnya akan membuat audience terhenyak melihat klimaks yang sangat mengejutkan kita semua.

“Badla” sendiri sebenarnya bukan film Bollywood dengan cerita otentik. Film ini merupakan remake dari film Spanyol berjudul “Contratiempo” (2016) atau lebih dikenal dengan nama “The Invisible Guest” yang digarap oleh Oriol Paulo. Oriol sendiri di Spanyol memang terkenal dengan cerita film-filmnya yang bernuansa misteri thriller seperti “The Body” (2012) ataupun “Julia’s Eyes” (2016).

Dari segi ceritanya sendiri, versi asli dan versi remake tak ada perbedaan yang terlalu signifikan. Yang membedakan hanya set lokasi yang sekarang berpindah dari Spanyol ke Skotlandia, karakter yang ditukar gendernya dan sedikit memasukkan petuah yang diambil dari cerita Mahabharata, selebihnya semua sama persis.

Sujoy Ghosh yang mengadaptasi cerita ini sebenarnya tak asing lagi menggarap film-film bergenre serupa. Karyanya yang terkenal, Kahaani (2012) merupakan salah satu masterpiece di dunia perfilman Bollywood yang pernah ia garap dengan plot cerita dan twist berliku hingga akhir (walaupun sayangnya sekuelnya Kahaani 2 yang keluar ditahun 2016 tak sebagus versi pertama).

Untuk aktingnya, kedua cast ini tak perlu diragukan lagi, Pannu yang pernah bermain bersama Bachchan di Pink (2016), kini semakin matang bertukar dialog yang cukup kompleks dengan Bachchan yang totalitasnya tak perlu diragukan lagi, terutama bermain di segala jenis genre. Kejutan lainnya hadir dari salah satu aktris senior lainnya, Amrita Singh yang berperan sebagai Rani Kaul.

Aktris yang sudah jarang terdengar namanya ini masih bisa tampil prima sebagai ibu yang berduka ditinggal anaknya yang lenyap entah kemana. Dia dan suaminya berusaha keras mencari kemana-mana tapi keberadaan sang anak tetap tak ditemukan. Dan kunci yang bisa menghubungkan keberadaan anaknya hanyalah kesaksian Sethi, walaupun tampaknya hal itu sangatlah mustahil, mengingat alibi yang dimilikinya sangat kuat.

Alur maju mundur yang diterapkan di “Badla” membuat kita harus sedikit berkonsentrasi menyimak kata-katanya lebih detil, terlebih ketika Badal mulai bertukar argumen dengan segala jenis skenario dan alibi yang mungkin dilakukan oleh Sethi. Premis yang sudah dimulai dari awal dengan dialog antar karakter utamanya ini membuat film tanpa basa-basi langsung to the point masuk ke inti permasalahan. Tak ada jeda sedikitpun untuk kita sedikit melonggarkan pikiran, semua itu akan menguras pikiran kita. Namun semua itu akan dibayar tuntas di konklusi akhir.

Di ajang domestik, “Badla” di hari keduanya telah meraup pendapatan hingga 13,25 Crore atau kurang lebih Rp 27 miliar. Dan tampaknya film ini akan menuai kesuksesan terlebih oleh review positif yang ditunjukkan oleh para kritikus lokal.

Buat Chillers yang menyenangi cerita misteri yang kompleks ala Alfred Hitchcock atau Agatha Christie, “Badla” dengan segala kerumitan ceritanya, sangat recommended buat kamu yang membutuhkan tantangan lebih dari film-film pada umumnya.

 

Director: Sujoy Ghosh

Starring: Amitabh Bachchan, Tapsee Pannu, Amrita Singh, Tony Luke

Duration: 118 Minutes

Score: 8.8/10

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here