Bedah Total Trailer ‘Avengers: Endgame’, dari Potensi Time-Travel Hingga Kate Bishop

Trailer kedua film penutup fase tiga Marvel Cinematic Universe (MCU) akhirnya dirilis juga. Dan bisa dikatakan trailer kedua ini memperlihatkan segudang adegan yang tidak hanya sukses menggelitik saraf-saraf nerdy di dalam diri, namun juga membuat semakin tak sabaran untuk segera sampai ke tanggal 26 April 2019.

Namun dari seluruh adegan-adegan yang ada, tentunya kami hanya akan membahas beberapa poin adegan yang kami anggap mengandung clue menarik nan intriguing untuk dibedah total. Kalau sudah jelas yuk kita mulai bedahnya!

Planet Manakah Ini?

Adegan pembuka trailer menampilkan sebuah lokasi yang seperti terlihat di adegan hitam putih ini.

Diperlihatkan di adegannya, Tony Stark aka Iron Man (Robert Downey Jr.) terdampar di lokasi ini dengan kostum Iron Man pertamanya yang seperti kaleng rombeng. Nah, kalau ditelaah adegan ini persis banget dengan adegan di “Iron Man” (2008).

Melihat adegan ini, kami memiliki 3 pertanyaan sekaligus prediksi. Pertama, apakah mungkin adegan ini pure flashback dari film “Iron Man” ?

Kedua, kalau memang bukan flashback, lalu dimanakah ini dan mengapa Tony kembali mengenakan kostum Mark-1 nya?

Ketiga, apakah mungkin adegan ini dan adegan-adegan lain yang dihitam-putihkan merupakan adegan time-travel? Jadi tidak seperti adegan time-travel di “The Terminator” (1984) dan “X-Men: Days of Future Past” (2014) yang adegan time-travel-nya tetap terlihat colorful (seperti biasa), adegan time-travel di “Endgame” dibuat hitam putih seperti ini.

Karena seperti yang telah dirumorkan sejak lama, “Avengers: Endgame” akan menampilkan seluruh pahlawan Marvel melakukan perjalanan lintas waktu untuk memperingatkan diri mereka masing-masing di masa lalu (sebelum event Avengers: Infinity War) akan kedatangan Thanos nantinya.

Benar Ada Adegan Time Travel?

Masih sedikit melanjutkan poin pertama, adegan yang masih bernuansa hitam putih dan hubungannya dengan time travel, adegan yang menampilkan Tony melihat arc reactor nya ini menampilkan sosok Tony dan lingkungan sekitar dalam balutan warna hitam putih sedangkan, arc reactor ditampilkan berwarna.

Melihat adegan ini, maka tak heran apabila teori kami bahwa adegan ini dan adegan pembuka di poin pertama, memanglah adegan time-travel, semakin kencang saja. Tapi apakah teori ini memang benar adanya?

Peggy Carter

Ketika trailer melakukan transisi ke adegan Steve Rogers aka Captain America (Chris Evans), kita mendengar suara kekasih Steve, Peggy Carter (Hayley Atwell) yang mengatakan “The world has changed, none of us could go back”.

Well, sekilas kalimat ini terlihat seperti kalimat bijak pada umumnya. Namun mungkinkah kalimat ini disertakan ke dalam trailer ini sebagai sebuah ironi? Maksudnya, justru Peggy dalam kasus ini salah besar. Kita memanglah bisa kembali ke masa lalu untuk memperbaiki semuanya aka rumor time-travel memanglah bukan rumor belaka.

Lila Barton

Adegan menampilkan Clint Barton aka Hawkeye (Jermey Renner) mengajarkan putrinya Lila Barton (Ava Russo) memanah. Ketika melihat adegan ini, tak heran apabila inergeekdom di dalam diri langsung bereaksi tidak karuan.

Berbagai spekulasi pun langsung menggerayangi kepala kita. Namun dari seluruh spekulasi yang ada, adalah spekulasi identitas Lila yang sesungguhnya lah yang paling membuat kita gelisah sendiri.

Spesifiknya, apakah mungkin Lila Barton hanyalah nama samaran dan aslinya adalah Kate Bishop? Bagi Chillers yang tidak mengikuti komiknya, Kate Bishop adalah karakter Marvel yang menjadi Hawkeye ketiga.

Di komiknya, Bishop memang tidak ada hubungan darah apapun dengan Barton. Tapi mengingat MCU eksis di beda earth (Earth – 199999) dari Earth di komiknya (Earth-616), maka bisa saja disini bahwa Lila Barton MCU adalah Kate Bishop yang notabene merupakan anak kandung Hawkeye dan istrinya.

Kalau dipikir, masuk akal. Karena seperti dijelaskan di “Avengers: Age of Ultron” (2015), Hawkeye dan keluarganya memang memutuskan untu low-profile sehingga bisa terhindar dari ancaman-ancaman berbahaya yang akan menimpanya. Dan salah satu langkah untuk low-profile tersebut, tentunya adalah dengan mengganti nama dari putri semata wayangnya ini.

Nah selain itu, adegan ini bisa juga diartikan sebagai pertanda bahwa jangan-jangan nih, Hawkeye nantinya tewas di film terakhir ini. Sehingga sebagai “persiapan” sebelum dirinya pergi untuk selama-lamanya, iapun melatih Kate untuk menjadi Hawkeye barunya. Dan tak menutup kemungkinan juga ia nantinya akan menjadi anggota di roster Avengers baru.

Pertarungan Terakhir Captain America?

Memang, sejak dari film “Captain America: The First Avenger” (2011), di setiap pertempuran yang dilakukan, wajah Captain America selalu berakhir bonyok dan dekil. Namun coba deh kalian lihat baik-baik foto adegan trailer ini.

Wajah Rogers terlihat dekil banget, bagian gigi bawah berdarah dan tampilan wajahnya seperti sudah benar-benar lelah setelah bertarung keras. Apakah mungkin seluruh ekspresi ini menandakan bahwa pertempuran Steve di adegan ini akan menjadi pertempuran terakhir bagi dirinya?

Kalaupun memang benar demikian, masuk akal banget. Karena semenjak “Captain America: Civil War” (2016), Cap terus dirumorkan akan tewas di pertarungan final. Evans sendiri sejak 2 tahun lalu kerap mengatakan sudah tidak sabaran untuk segera selesai kontraknya dengan Marvel Studios sehingga, ia bisa tampil di proyek-proyek film luar Marvel lainnya.

Hal ini diperkuat lagi dengan unggahan tweet “Terima kasih” yang diunggahnya pada tanggal 4 Oktober 2018 yang bisa Chillers lihat lagi tweet-nya berikut ini.

Evans memang kerap menyangkal bahwa unggahan tweet ini merupakan tweet perpisahannya dengan dunia sinematik superhero yang telah membesarkan namanya ini. Tapi dengan seluruh argumen-argumen ini, apakah kita masih percaya dengan sangkalan Evans tersebut?

Pensil?

Mungkin pembahasan poin ini lebih minor bobotnya. Namun tetap saja kalau kita saksikan adegannya, adegan ini tetap terasa sangat fun untuk dibahas.

Di adegan ini terlihat bahwa Scott Lang aka Ant-Man (Paul Rudd) beraksi di sebuah ruangan meledak dan ia menggunakan pensil sebagai alat pijakannya. Tak heran ketika menyaksikannya, kitapun bertanya sendiri. Pensil? Memangnya ini dimana?

Kalau terkaan kami, Ant-Man sedang bertarung di dalam sebuah gedung perkantoran bahkan bisa jadi Avengers Tower. Namun untuk lebih jelasnya, lebih baik kita tunggu saja lagi hingga filmnya dirilis.

Kostum Avengers Baru

 

Dari seluruh adegan-adegan geeky yang ditampilkan, tak dipungkiri bahwa adegan pengungkapan kostum baru Avengers inilah yang menjadi bahan pembicaraan.

Karena selain terlihat keren, kostumnya yang berbahan dari sejenis logam ini tak ayal membuat kita penasaran sendiri. Apakah mungkin kostum ini dikenakan untuk memasuki Quantum Realm yang digunakan sebagai mesin waktunya?

Atau, apakah jangan-jangan mereka semua mengikuti Captain Marvel yang mungkin saja menyarankan mereka untuk melakukan perjalanan lintas waktu via kapal luar angkasa yang ia piloti di ending Captain Marvel yang menampilkan dirinya mencarikan rumah baru bagi Skrulls?

Captain Marvel

Ngomong-ngomong tentang Captain Marvel (Brie Larson), adegan penutup trailer ditutup dengan Carol Danvers yang sedang berbincang dengan si dewa petir, Thor (Chris Hemsworth). Di adegan diperlihatkan Thor memanggil Mjolnir-nya seraya mengatakan bahwa ia menyukai Danvers.

Di adegannya terlihat Danvers meniliki rambut lurus brunette. Tentunya model rambut ini persis seperti yang ditampilkan di adegan mid-credit film “Captain Marvel”. Nah, melihat dirinya disini bercakap-cakap dengan Thor, apakah mungkin nantinya keduanya bekerjasama di filmnya? Well, let’s just wait & see Chillers.

Itulah tadi bedah adegan-adegan yang ditampilkan di trailer kedua “Avengers: Endgame”. Tentunya sekali lagi pembahasan ini bersifat prediksi jadi, belum tentu nantinya prediksi ini menjadi kenyataan. Jadi ya kita tunggu saja lagi hingga perilisan filmnya untuk mengetahui kesuksesan prediksinya ini oke?

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here