‘Creed 2’, Ajang Balas Dendam Musuh Bebuyutan Rocky Balboa

0
407

“In the ring, you got rules. Outside, you got nothing. Life hits you with all these cheap shots. People like me, we live in the past. You got people that need you now. You got everything to lose, this guy has got nothing to lose.” – Rocky Balboa.

33 tahun silam masih teringat dengan jelas ketika Apollo Creed (Carl Weathers) kalah dan mati di atas ring tinju saat melawan petinju Uni Soviet, Ivan Drago (Dolph Lundgren). Rocky Balboa (Sylvester Stallone) yang kala itu menjadi pelatihnya, sontak kembali lagi bertinju dan membalaskan dendam Apollo ke Ivan yang kala itu dilangsungkan di Uni Sovyet.

Sekilas adegan yang ada di Rocky IV ini langsung membekas saat Creed 2 dimulai. Kini di Ukraina, Ivan Drago yang berusia senja, memiliki anak laki-laki, Viktor Drago (Florian Munteanu), seorang petinju yang ia besarkan dan ia latih sangat keras demi membalaskan dendam pribadinya kepada Rocky. Rasa dendam terhadap kekalahannya puluhan tahun silam masih saja membekas dalam diri Ivan, karena kekalahan itu membuat ia kehilangan segalanya, mulai dari istri, nama baik dan juga dirinya kembali hidup miskin di negara yang menganut paham sosialis komunis itu. Dengan fisiknya yang terbilang tinggi, besar dan kekuatannya yang luar biasa, Viktor juga menjadi juara tinju di negaranya. Di lain sisi, tepat di Philadelphia, Amerika Serikat, Adonis Creed (Michael B. Jordan) yang masih dilatih oleh Rocky, baru saja menjadi juara dunia WBC baru setelah mengalahkan penantang utamanya.

Kabar ini menjadi pemicu bagi Buddy Marcelle (Russell Hornsby) yang menjadi promotor tinju untuk menyatukan kedua petinju yang sedang berada di puncak kejayaannya ini, untuk melakukan perebutan juara dunia. Victor bersama Ivan yang sedang berada di Philadelphia, kemudian melakukan tantangan terbuka lewat TV kepada Adonis untuk melayani tantangan Victor itu. Rocky yang mendengar kabar itu lewat Ivan yang secara khusus mendatangi restorannya, sempat mencegah Adonis untuk melayani tantangan itu dan fokus kepada tunangannya, Bianca (Tessa Thompson) dan ibunya, Mary Anne Creed (Phylicia Rashad). Tapi Adonis tetap bersikeras dan Rocky pun akhirnya mundur menjadi pelatih Adonis.

Creed 2 yang kini disutradarai oleh Steven Caple Jr memang masih meneruskan cerita dan karakter yang sudah dibentuk matang oleh Ryan Coogler yang sempat menyutradarai edisi perdana Creed (2015). Di Creed 2 sendiri, film ini sangat apik dari awal, kedalaman karakter yang ditunjukkan Adonis baik dengan Rocky maupun dengan Mary Anne dan Bianca terjalin sangat baik. Momen-momen intim di antara mereka ditunjukkan dengan porsi yang seimbang, namun sangat intens.

Adonis yang menyebut Rocky dengan sebutan “paman”, memang sangat menghargai Rocky hampir seperti ayahnya sendiri sejak sang ayah meninggal. Segala nasihat dan saran dari sang paman selalu ia dengarkan baik-baik, bahkan dalam peristiwa terkecil sekalipun. Rocky yang dalam Creed menderita kanker parah, dirawat dengan baik oleh Adonis. Simbiosis yang terjalin sangat erat itu, kini dalam Creed 2, karakter Rocky dan Adonis dikembangkan sedemikian rupa sehingga membentuk cerita baru dengan atmosfer olahaga tinju yang sangat kekinian, sehingga menarik bagi anak muda yang sama sekali awam dengan dunia ini.

Hal ini nampak dalam tampilan pertandingan yang dikemas dengan laser dan tata cahaya memukau dalam menyambut para petinju. Tak sekedar dengan pawai atau nyanyian seperti tampilan olahraga tinju yang berlangsung di masa silam. Walaupun ceritanya sendiri mudah ditebak dan mempunyai similaritas dengan Rocky IV, beberapa ciri ikonik tetap digunakan, seperti rumah Rocky yang tua di pinggiran rel Philly dan celana terbaru Adonis Creed yang menggunakan desain khas celana Apollo Creed.

Dari segi aktingnya pun, Sylvester Stallone tetap mampu meneruskan kemampuan aktingnya seperti halnya di Creed, walaupun sekarang tidak terlalu sedominan di Creed. Untuk segi teknisnya, mulai dari scoring, editing, sinematografinya hingga koreografinya di atas ring tinju sangat indah dan nyata. Walaupun ada beberapa bagian minor yang tampaknya tak mulus, namun overall Creed 2 tetap mampu meneruskan kejayaan Creed sebagai saga penerus kejayaan Rocky yang hingga kini masih membekas sebagai film yang mengangkat olahraga tinju setinggi-tingginya.

Film Creed 2 ini sudah bisa kamu saksikan di bioskop-bioskop terdekat di kota kamu. Buat kamu yang menyukai olahraga sport seperti ini, tak ada salahnya melihat aksi Stallone yang tetap memesona di usia senja.

 

Director: Steven Caple Jr

Starring: Sylvester Stallone, Michael B.Jordan, Dolph Lundgren, Florian Munteanu, Tessa Thompson, Phylicia Rashad, Russell Hornsby, Brigitte Nielsen

Duration: 130 Minutes

Score: 8.5/10

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here