Akhirnya, Walt Disney Studios merilis teaser trailer terbaru Mulan, memperlihatkan tampilan terbaru dari visualisasi live action dari animasi Mulan yang dirilis pertama kali di tahun 1998. Mulan sendiri sebenarnya merupakan adaptasi dari legenda Tiongkok, Hua Mulan. Meski begitu, kisah perjuangan Mulan (Ming-Na Wen) menjadi seorang prajurit di tentara Tiongkok, penampilan lucu dari Eddy Murphy sebagai seekor naga penjaga, Mushu dan soundtrack yang catchy seperti  “I’ll Make A Man Out of You,” membuat film animasi ini menjadi salah satu film yang dicintai di antara film animasi Disney lainnya. Seperti halnya film animasi Disney lainnya, film ini juga memberi kebebasan dengan sumber materialnya, menjadikan film ini lebih ringan dan ramah untuk seluruh anggota keluarga.

Namun dengan strategi Disney kali ini, yang membawa sejumlah animasi klasik untuk dibuatkan versi live-action nya, membuat Mulan juga ikut digarap seperti film-film Disney sebelumnya. Mulan akan disutradarai oleh Niki Caro (The Zookeeper’s Wife) dan dibintangi oleh aktris Tiongkok-Amerika, Liu Yifei. Foto tampilan pertama Yifei ketika Mulan dirilis adalah ketika syuting dimulai tahun lalu, tetapi hingga saat ini Disney belum merilis rekaman apa pun kepada para penggemarnya.

Disney kemarin meluncurkan trailer dan poster teaser Mulan terbaru, memberikan penggemar film animasi Disney sebuah first look dari live action terbaru ini. Lihat trailernya dan posternya yang bisa dibilang minimalis namun tetap keren ini.

Selain Liu Yifei, film ini dibintangi Donnie Yen sebagai mentor Mulan, Komandan Tung; Yoson An sebagai teman Mulan; dan orang yang ia cintai, Chen Honghui; Jason Scott Lee sebagai prajurit Hun Bori Khan; Gong Li sebagai penyihir jahat Xian Lang; Tzi Ma sebagai ayah Mulan, Hua Zhou; dan Jet Li sebagai Kaisar. Selanjutnya, Jimmy Wong, Doua Moua, dan Chen Tang berperan sebagai rekan prajurit di unit Mulan, Ling, Po dan Yao.

Terlihat dari susunan cast-nya, banyak dari karakter ini merupakan campuran dari film animasi-nya, seperti halnya dengan Ling, Po dan Yao – sementara yang lain benar-benar baru, dengan penggantian Li Shang ke Chen Honghui sebagai kekasih Mulan.

Trailer Mulan semakin membuktikan banyak perbedaan yang dimiliki film Caro dengan film animasi asli Disney. Tidak seperti adaptasi live action Disney baru-baru ini seperti “Aladdin”, “Beauty and the Beast” dan “The Jungle Book”, tim kreatif di belakang Mulan telah memilih untuk membedakan dirinya sendiri banyak dari film animasi. Apakah itu terbayar tuntas atau tidak, masih harus dilihat dahulu.

Tanpa adanya soundtrack ikonik, karakter favorit para fansnya, Mushu dan Li Shang dan sejumlah perubahan pada cerita, tidak jelas apakah Mulan terbaru kali ini masih mendapat perhatian layaknya mereka yang telah menonton versi musikalisasi animasi yang pada tahun 1998 merupakan salah satu animasi terbaik di zaman itu dan bagaimana impact-nya terhadap audiens pemula yang pastinya belum pernah menonton versi animasinya.

Kita tunggu saja film ini rilis di bioskop, dan melihat Mulan versi live action ini dengan gaya yang benar-benar beda pada Maret 2020 mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here