“Do we have to migrate in a V-formation?” – Peng.

Film dibuka dengan langit biru yang cerah ketika tiba-tiba muncullah Peng (Jim Gaffigan), seekor angsa muda terbang melintasi angkasa dengan cepatnya, bermanuver gila-gilaan sendirian dan mengganggu angsa lain yang sedang berlatih formasi untuk migrasi yang akan datang. Dia berpikir kalau dirinya merupakan angsa yang mempunyai kemampuan lebih baik dari angsa lainnya.

Kala sedang terbang bersama pasangannya, Jin Jing (Natasha Leggero), si Peng terbang terlalu rendah dengan tanah dan menghantam kawanan anak bebek yang sedang digiring pemiliknya dan memisahkan Chao (Lance Lim) dan Chi (Zendaya), sepasang kakak beradik yang terlontar cukup jauh dan kehilangan kawanannya.

Dalam pertemuan yang tidak disengaja ini, Peng malah terkena musibah, sayapnya patah ketika gong yang ada di pinggir danau ditabraknya, terlepas dari pegangannya dan mengenai sayapnya. Musibah ini mengakibatkan dirinya tak bisa berangkat migrasi bersama angsa lain yang telah berangkat.

Peng terpaksa melepaskan egonya ketika dirinya tak bisa apa-apa dan bersama-sama dengan kedua anak bebek itu berjalan menuju tujuan mereka masing-masing. Tentunya tidak mudah bagi Peng menjadi pembimbing keduanya, namun perjalanan yang sulit itu nantinya akan menjadikan hidup Peng lebih berarti baik bagi kawanannya, bagi Jin Jing dan terutama bagi Chao dan Chi.

‘Duck Duck Goose’ yang merupakan film perdana dari Christopher Jenkins ini memang sangat menjanjikan. Jenkins yang biasanya menjadi visual effects animator dari film-film Disney lawas seperti ‘Beauty and the Beast’ (1991), ‘Aladdin’ (1992), ‘The Lion King’ (1994) dan ‘The Hunchback of Notredame’ (1996), memang tak bisa dipandang sebelah mata lewat film perdananya kali ini.

Cerita mengalun lugas dan mulus begitu juga dengan plot yang terbangun sangat menarik dari awal film dimulai. Tone warna yang disajikan sangat indah dengan setting suasana di pedalaman Tiongkok, membuat ‘Duck Duck Goose’ terasa lebih natural dan hidup. Begitupun dengan special effects yang disajikan dari awal, memang memanjakan audience yang menonton film ini. Permasalahan utama yang hadir lebih kepada editing yang tak mulus di beberapa scene dan penempatan soundtrack yang kadang tak tepat dan malah mengganggu adegan yang sedang disajikan.

Namun pesan yang ingin dihadirkan Jenkins mengandung pesan yang sarat makna. Persahabatan jangan hanya dilihat dari ukuran dan jenis semata, namun apa yang bisa kita berikan bagi sesama yang membutuhkan tanpa pamrih.

Film animasi yang menarik dan inspiratif ini bisa Chillers saksikan di bioskop-bioskop terdekat di kota kamu.

 

Director: Christopher Jenkins

Starring: Jim Gaffigan, Zendaya, Lance Lim, Greg Proops, Natasha Leggero, Stephen Fry, Craig Ferguson, Carl Reiner, Jennifer Grey, Reggie Watts, Diedrich Bader, Rick Overton

Duration: 91 minutes

Scoring: 7.0/10

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here