“It’s all about perception. They make the call to make you a hero or trash.” – Mr. Min.

Bagi Chillers yang gemar menonton film Korea, nama Gang Dong-won tentunya tidak asing lagi. Aktor yang memulai debutnya melalui serial drama 1% of Anything ini telah berhasil memberikan penampilan yang sangat memukau dalam film-filmnya, seperti Too Beautiful to Lie (2004), Temptation of Wolves (2004), Vanishing Time: A Boy Who Returned (2017), dan masih banyak lagi. Kali ini, oppa Gang Dong-won hadir kembali dalam film terbarunya, Golden Slumber, sebuah film thriller besutan Noh Dong-seok yang diadaptasi dari novel karya Kotaro Isaka dengan judul yang sama.

Meski nama Gang Dong-won telah cukup besar dan merupakan jaminan film box office, film Golden Slumber ini juga dipenuhi oleh nama-nama besar lain, seperti Kim Eui-sung (The Face Reader, Train to Busan), Han Hyo-joo (Cold Eyes, Love, Lies), Kim Sung-kyun (Secretly, Greatly, The Suspect), dan Kim Dae-myung (Inside Men, The Last Princess). Hasilnya, film Golden Slumber berhasil merajai peringkat box office saat dirilis di Korea.

Dalam film ini, Gang Dong-won berperan sebagai Kim Geon-woo, seorang kurir yang baik hati dan jujur. Geon-woo menjadi terkenal semenjak menyelamatkan seorang artis dari serangan perampok. Bukan itu saja, Geon-woo pun dinobatkan menjadi seorang penduduk teladan oleh pihak kepolisian dan kisah kebaikannya tersebar di seantero Korea.

Suatu hari, Geon-woo bertemu dengan teman lamanya, Mu-yeol (Yoon Kye-sang). Pertemuan tersebut ternyata merupakan awal dari sebuah malapetaka yang tak kunjung habisnya, di mana Geon-woo mendapati dirinya sebagai satu-satunya tersangka dari pembunuhan yang dilakukan pada seorang kandidat presiden yang berpengaruh. Tidak hanya itu, Geon-woo pun mendapati bahwa seluruh geraknya telah dibatasi dan teman-teman terdekatnya pun turut terancam bahaya, apabila dirinya mencoba untuk mendekati atau menghubungi mereka.

Satu-satunya orang yang dapat dijadikan tempat bersandar bagi Geon-woo adalah Mr. Min (Kim Eui-sung), seorang mantan mata-mata negara yang juga merupakan teman dari Mu-yeol. Namun apakah Geon-woo dapat mempercayai Mr. Min sepenuhnya? Dan apa yang harus dilakukan oleh Geon-woo untuk memulihkan nama baiknya?

Judul film ini, Golden Slumber, diambil dari judul lagu Beatles yang terkenal dan terdapat dalam album terakhir mereka, Abbey Road. Lirik dalam lagu tersebut menggambarkan perasaan rindu Paul McCartney akan masa-masa di mana seluruh anggota Beatles memiliki hubungan yang baik dan harmonis antara satu dengan yang lain. Tentu saja, sebelum band tersebut secara resmi membubarkan diri. Sama seperti lagu temanya, tokoh protagonis dalam film ini juga digambarkan selalu memikirkan masa lalu dan teman-temannya.

Bagaimanapun, film Golden Slumber memiliki beberapa elemen penting yang dapat membuat film ini menjadi salah satu film Korea yang sukses. Elemen-elemen tersebut adalah si ganteng Gang Dong-won, genre thriller, perpaduan kisah persahabatan, cinta, dan politik, dan sebuah lagu tema yang memberikan nuansa nostalgia sebagai latar belakangnya.

Sebagai sebuah film thriller, film Golden Slumber memang lumayan mengasyikkan untuk ditonton. Sayangnya, terkadang film ini seakan kehilangan arah karena terlalu banyaknya elemen yang hendak dimasukkan di dalamnya. Jadinya, alur cerita terasa sangat terganggu saat sang protagonis sedang berusaha melarikan diri dan tiba-tiba masuk adegan flashback yang menggambarkan masa-masa bahagianya dengan teman-teman lamanya. Dan tentu saja, hal tersebut terjadi berulang kali di hampir sepanjang film.

Hal tersebut membuat cerita utama film Golden Slumber menjadi terlihat sangat lemah dan emosi Chillers saat menontonnya pun jadi tidak dapat terbangun sepenuhnya. Selain itu, kisah hubungan persahabatan Geon-woo dengan teman-temannya juga tidak diceritakan dengan gamblang dan mendalam. Semuanya seakan hanya meyentuh permukaan dari hubungan persahabatan tersebut.

Secara garis besar, film Golden Slumber merupakan sebuah film thriller yang lumayan untuk disaksikan. Bagi Chillers yang kangen dengan kegantengan wajah Gang Dong-won, tidak ada salahnya menyaksikan film ini di CGV terdekat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here