Hingga Kini, Ini Dia 5 Pemeran Terbaik Joker ‘Live-Action’

Sama hal-nya seperti aktor pemeran Batman di adaptasi film atau serial live-action, memerankan si badut kriminal gila, Joker, tidaklah semudah seperti yang dibayangkan.

Pasalnya selain ikonik, aktor yang memerankan harus bisa “merasuki” kesintingan Joker ke dalam dirinya. Dan untungnya 5 aktor ini bisa dan sukses banget dalam melakukannya. Sama hal-nya seperti pembahasan pemeran Batman sebelumnya, daftar ini hanya akan memuat aktor yang memerankan Joker di baik adaptasi seri maupun film live-action nya.

5. Jared Leto – “Suicide Squad” (2016)

Ketika di bulan Desember 2014 diumumkan bahwa aktor yang juga vokalis band rock Thirty Seconds to Mars ini akan menjadi pemeran Joker baru di “Suicide Squad” (2016), bisa dikatakan reaksi fans sangatlah 50-50.

Atau dengan kata lain disini, beberapa merasa bahwa Leto adalah pilihan yang tepat, namun sebagian lainnya merasa bahwa Warner Bros dan sutradara David Ayer (Fury, Bright) sudah “gila”. Namun reaksi terpecah tersebut perlahan berubah menjadi satu dukungan positif ketika trailer pertama filmnya dirilis di San Diego Comic-Con 2015.

Di trailer-nya diperlihatkan Leto dalam tampilan make-up Joker nya, terlihat sangat funky, fresh, namun tetap terasa intimidatif. Namun ketika akhirnya filmnya dirilis di bulan Agustus 2016, reaksi terpecah kembali. Dan memang kalau diperhatikan, Leto sudah tampil dengan semaksimal mungkin sebagai Joker barunya.

Sayangnya, naskah dan jatah layar (screen time) dirinya di film tidaklah sesering seperti yang diharapkan. Sehingga penampilannya kerap dianggap sebagai penampilan yang membuang-buang tidak hanya bakat Leto, namun juga waktu berharga seluruh audiens.

4. Cesar Romero – Serial TV “Batman” (1966)

Dari seluruh aktor Joker di daftar ini, mungkin hanya pemeran Joker di serial televisi hit “Batman” (1966-1968) inilah yang sukses menghidupkan kata “Joke” dari nama si badut jahat Gotham ini. Pasalnya, Joker versi Romero lebih mengedepankan sisi gila dan suka ketawa-ketawanya daripada sisi sadistik dan psikopatnya.

Tentunya wajar banget apabila Romero mengambil pendekatan ini. Pasalnya seperti kita tahu, serial televisi “Batman” era 60-an ini memang memiliki tone yang sangat campy dan lebay. Alhasil, tak heran apabila versi Joker ini kala di zaman tersebut hit banget yang tentunya, juga membuat nama Romero menjadi melejit dan melegenda hingga detik ini.

3. Jack Nicholson – “Batman” (1989)

Berbeda dengan rekannya Michael Keaton (Beetlejuice) yang ketika diumumkan akan memerankan Batman di “Batman” (1989), mendapatkan protes kebencian fans sana-sini, namun tidaklah demikian ketika si aktor gaek ini diumumkan menjadi Joker-nya.

Baik fans maupun sutradara Tim Burton langsung merasa klik dan bahkan lebih jauhnya, Nicholson memanglah pilihan awal Burton cs untuk memerankan Joker-nya. Dan benar saja, aktor yang terkenal dengan gaya aktingnya yang eksentrik ini, sukses banget dalam menghidupkan seluruh aspek karakteristik Joker di komiknya.

Dengan kata lain, selain sisi gilanya, Nicholson juga sukses menampilkan ketidakstabikan emosi dan yang lebih penting, sisi sadistik yang dimiliki oleh Joker. Tak pelak, Nicholson pun kerap dianggap sebagai salah satu sosok Joker sempurna yang pernah diproduksi oleh Hollywood.

2. Cameron Monaghan – Serial TV “Gotham” (2014-2019)

Ketika audiens di rumah menyaksikan sosok Jerome Valeska yang diperankan oleh Monaghan di episode The Blind Fortune Teller(2015) pertama kali, tak dipungkiri banyak dari mereka yang tidak menyangka sama sekali kalau mereka, sedang menyaksikan Joker versi seri ciptaan Bruno Heller ini.

Audiens baru menyadari ketika di tengah adegan interogasinya bersama Harvey Bullock (Donald Logue) dan Jim Gordon (Ben McKenzie), Jerome tiba-tiba mengeluarkan suara tawa maniak yang benar-benar khas Joker.

Bagi Chillers yang mungkin lupa, berikut adalah adegan yang dimaksud:

Di musim keempat, Monaghan memerankan dua karakter sekaligus yaitu Jerome dan adiknya, Jeremiah Valeska. Nah Jeremiah inilah yang nantinya akan menjadi Joker “resmi” dari seri ini hingga menjelang serinya usai.

Dan baik ketika memerankan Jerome atau Jeremiah, aktor yang masih berusia 25 tahun ini, benar-benar sukses dalam menampilkan kesadisan dan kegilaan Joker seperti yang fans komiknya ketahui selama ini. Saking suksesnya, Jerome dan Jeremiah, menjadi karakter Gotham yang paling ditunggu-tunggu kehadirannya setiap minggunya.

1. Heath Ledger – “The Dark Knight” (2008)

Well, siapa lagi Joker terbaik kalau bukan aktor yang satu ini. Debutnya di film yang dianggap sebagai film Batman terbaik namun juga, film superhero terbaik “The Dark Knight” (2008), mendiang Heath Ledger (10 Things I Hate About You) sukses mengejutkan kita semua dengan penampilan Joker-nya yang benar-benar di luar dari planet bumi ini.

Versinya benar-benar terlihat jauh lebih psikopat, gila, pokoknya secara keseluruhan sangat menyeramkan. Dan tentunya kesuksesan Ledger ini dipengaruhi oleh pendekatan akting metodanya yang benar-benar gila-gilaan yang alhasil, membuat dirinya jadi makin stres dan meninggal dunia di bulan Januari 2008.

Ironis, miris. Tapi toh pada akhirnya pengorbanan nyawa Ledger ini membuahkan hasil yang manis tidak hanya piala Oscar, namun pujian serta klaim positif dari seluruh fanboy Batman dimanapun mereka berada.

Apalah Chillers setuju dengan kelima pilihan ini?

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here