Layaknya lightsaber di Star Wars, Hal yang sama juga bisa dikatakan terhadap tongkat sihir dengan Harry Potter. Tongkat sihir adalah senjata utama yang digunakan penyihir di Wizarding World untuk membantu baik ketika sedang mengalami kesulitan sehari-hari, maupun ancaman besar.

Dan faktanya, seluruh tongkat sihir yang yang eksis, memiliki tingkat kekuatan yang sama kuatnya (well, tergantung lagi dari karakteristik pemiliknya). Namun dari semua tongkat kuat yang ada, rasanya hanya 10 tongkat ikonik inilah yang benar-benar powerful.

Perlu diingat bahwa daftar ini menggabungkan fakta dari franchise film dan novelnya.

10 | Lucius Malfoy

Semenjak debut perdananya di “Harry Potter and the Chamber of Secrets” (2002), bisa dibilang kalau ayah kandung dari Draco Malfoy (Tom Felton) ini sangat jarang menampilkan kekuatan tongkat sihir yang dimilikinya.

Kalaupun ditampilkan, kekuatannya tak lebih dari sekedar mantra-mantra uang “umum” saja. Namun faktanya, tongkat yang dimiliki oleh Malfoy memiliki tingkat kekuatan yang tidak bisa diremehkan.

Logikanya kalau tongkat yang dimiliki tidak mumpuni, untuk apa Voldemort repot-repot menunjuk dirinya sebagai pemimpin Death Eater dan meminjam tongkatnya ketika dirinya bertarung dengan Harry di “Harry Potter and the Deathly Hallows”?

9 | Filius Flitwick

Walau memiliki ukuran tubuh mini, namun nyatanya Profesor Flitwick adalah salah satu penyihir terbaik di Hogwarts. Ia dianggap sebagai salah satu Charm Master. Dengan kemampuannya ini, Flitwick seringkali sukses melindungi Hogwarts dari berbagai ancaman berbahaya.

Salah satunya, adalah ketika ia melindungi Philosopher’s Stone dengan cara memantrai ratusan kunci sehingga bisa terbang kesana kemari sehingga, sangat sulit bagi mereka-mereka yang jahat untuk mencarinya.

Flitwick seperti yang diperlihatkan di film “Harry Potter and the Deathly Hallows: Part 2” (2011), juga menggunakan tongkatnya untuk membantu melindungi Hogwarts dari serangan Death Eaters dan Voldemort. Oh ya, ia juga dianggap sebagai salah satu duelis terbaik di zamannnya. WOW GOKIL!

8 | Minerva McGonagall

Sebagai salah satu wakil kepercayaan Dumbledore, sudah pasti Profesor McGonagall memiliki kemampuan tongkat sihir yang mumpuni.

Tongkat sihirnya seperti kita saksikan di seluruh filmnya, tidak hanya mampu menangkal sihir-sihir basic, namun juga mampu melindungi Hogwarts dari serangan Voldemort dan Death Eaters di Deathly Hallow.

Oh ya, jangan lupakan juga bahwa tongkatnya mampu menampilkan mantra transfigurasi tingkat tinggi yang alhasil membuatnya menjadi satu-satunya Transfiguration Charm Master di Hogwarts.

7 | Serverus Snape

Sebenarnya tidak adil menyertakan Profesor Snape ini di dalam daftar. Pasalnya, Snape adalah salah satu penyihir Hogwarts yang memang kuat banget tanpa harus menggunakan tongkatnya.

Ia jago meramu berbagai potions, menampilkan Occlumensy (pemblokiran pikiran) tanpa sepengetahuan Voldemort, bahkan terbang tanpa bantuan tongkat sihir. Kalau sudah tahu begini, lalu mengapa ia disertakan ke dalam daftar?

Well, nyatanya ia terkadang (bahkan lumayan sering) masih membutuhkan tongkat. Dan kekuatan tongkat sihirnya juga sama gokilnya dengan kekuatan alami yang dimiliki oleh dirinya. Tongkatnya seperti diperlihatkan di berbagai filmnya mampu menangkal berbagai sihir jahat terkuat manapun.

Juga dengan tongkatnya, ia tidak pernah kalah duel dengan siapapun terkecuali jika dipojokkan oleh ayah Harry, James Potter dan geng Marauders-nya.

6 | Gellert Grindelwald

Sama hal-nya dengan Snape walau sedikit berbeda alasannya, musuh sekaligus mantan sahabat Dumbledore ini seharusnya tidak perlu disertakan di daftar ini. Grindelwald memang kuat dan berbahaya di zamannya seperti yang kita saksikan di franchise Fantastic Beasts.

Tapi, perlu diingat bahwa ia kuat karena dirinya menggunakan tongkat tersakti di seluruh universe Harry Potter, Elder Wand. Dengan kata lain, tongkat miliknya tidaklah terlalu begitu mencengangkan.

Tapi walau demikian, dikarenakan ia yang melakukannya dengan tongkat tersebut, maka bisa dikatakan ‘Elder Wand’ adalah tongkat milik Grindelwald. Dan kalau dipandang dari kacamata tersebut, maka tentunya tongkat milik Grindelwald adalah salah satu tongkat sihir terkuat di universe Harry Potter.

5 | Belatrix LeStrange

Walau tongkatnya tidak sekuat Snape, McGonagall, atau Grindelwald, namun tongkat milik sepupu Sirius Black ini adalah tongkat yang sangat berbahaya apabila tidak tahu cara menggunakannya.

Pembuat tongkat sihir terkenal, Garrick Ollivander bahkan sering langsung takut sendiri setiap kali mendengar atau mengingat tongkat Bellatrix ini. Pasalnya, dengan tongkat inilah Bellatrix menyiksa kedua orang tua Neville Longbottom hingga menjadi gila dan juga seperti kita saksikan di “Harry Potter and the Order of the Phoenix” (2007) membunuh Sirius Black.

Lebih jauhnya kalau kita saksikan secara seksama di pertarungan final Hogwarts di Deathly Hallows, kalau saat itu Molly Weasley (Julie Walters) tidak tangkas menangkal setiap sihir yang dikeluarkan oleh Bellatrix, dijamin ia akan bernasib sama seperti Sirius.

4 | Harry Potter

Mungkin banyak Chillers yang beranggapan dengan sosoknya yang sebagai karakter utama, tongkat Harry sudah otomatis menjadi tongkat yang paling kuat. Well i hate to break it to you, tapi tongkat Harry masih kalah kuat walau dengan posisinya yang di nomor 4, tongkatnya tetaplah termasuk yang mumpuni.

Dan tak heran. Inti tongkat Harry terbuat dari bulu Fawkes. Fawkes adalah burung phoenix milik Dumbledore. Selain itu tongkat yang dimilikinya ini hanya ada 2 di dunia ini. Jadi ya bisa bayangkan betapa kerennya bukan tongkat Harry ini?

Dengan tongkatnya, Harry tidak hanya bisa menampilkan berbagai mantra-mantra standar, ia juga bisa menggunakannya untuk menghalau Dementor yang super menyebalkan itu.

3 | Voldemort

Walau pada dasarnya tongkat si Mr. Voldy adalah “kembaran” dari tongkat musuh abadinya Harry Potter, namun tongkat Voldemort jauh lebih kuat dari milik Harry. Dan hal itu tentunya tak mengherankan.

Ia adalah sosok yang paling ditakuti di seluruh Wizarding World. Dengan tongkatnya, ia mampu membunuh kedua orang tua Harry James & Lily, mengeluarkan api besar, dan menciptakan Horcrux.

Namun ironisnya, walau tongkatnya lumayan powerful, tetap saja masih kalah dengan ‘Elder Wand’ yang nantinya digunakan Voldy ketika berhadapan dengan Harry di Battle of Hogwarts.

2 | Albus Dumbledore

Sebagai pentolan Hogwarts, tak heran apabila tongkat yang dimiliki Dumbledore sakti banget. Saking saktinya, ia bahkan bisa mengalahkan sahabatnya Grindelwald, yang kala itu bertarung dengan Dumbledore menggunakan Elder Wand.

Ya, coba Chillers bayangkan saja, kalau tongkat ‘Elder Wand’ saja bisa dikalahkan oleh tongkat biasa, bisa kebayang kan bagaimana bahayanya tongkat si Dumbledore ini?

1 |  Elder Wand

Walau Dumbledore bisa menangkal kesaktian ‘Elder Wand’ seperti yang telah dijelaskan di poin sebelumnya, namun tetap saja di universe Harry Potter, Elder Wand adalah tongkat tersaktinya.

Seperti yang pernah dijelaskan oleh Ron Weasley (Rupert Grint) di ending film “Deathly Hallows – Part 2” (2011), dengan ‘Elder Wand’, seorang penyihir bisa melakukan apapun. Selain itu hanya Grindelwald dan beberapa penyihir saja yang kalah ketika menggunakan tongkat super ini. Tak heran apabila tongkat ini kerap dijuluki sebagai The Unbeatable Wand.

Nah Chillers, itulah tadi 10 tongkat terkuat di universe Harry Potter. Dari 10 tongkat sihir kuat ini, yang manakah yang merupakan favorit kalian?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here