Keanu Reeves stars as 'John Wick' in JOHN WICK: CHAPTER 3 - PARABELLUM.

“A fourteen million dollar bounty on his head, and everyone in the city wants a piece of it, I’d say the odds are about even.” – Winston.

Sebagai salah satu film yang diantisipasi di musim panas 2019, “John Wick: Chapter 3 – Parabellum” tampaknya akan menuai kesuksesan serupa seperti pendahulunya. Dari dua trailer yang sudah diunggah oleh Lionsgate beserta sejumlah poster advance dari beberapa karakternya, tampak film ini semakin matang perjalanannya dari waktu ke waktu. Tak ada penurunan sedikit pun dari sisi cerita, semua berkembang mengikuti alur yang sudah dibentuk dari dua film sebelumnya, bahkan secara kualitas, film ini jauh lebih unggul.

Film yang memulai kisahnya pada tahun 2014, disusul kemudian oleh sekuelnya pada tahun 2017 ini tetap disutradarai oleh Chad Stahelski. Sebelumnya Chad pernah mengatakan kalau ia akan selalu memiliki ide untuk membuat lebih banyak sekuel, namun Parabellum ‘tampaknya’ tak akan dipakai sebagai penutup perjalanan dari John Wick dalam meloloskan diri dalam pelarian para pembunuh bayaran. Karena nyawanya sendiri bernilai US$ 14 juta, tak pelak dirinya masuk daftar teratas dari semua pembunuh bayaran itu.

Menyambung dari ending sekuel sebelumnya, John Wick terus berlari dari Central Park, New York dengan tenggang waktu satu jam sebelum dirinya masuk target semua pembunuh bayaran. Bersama anjing barunya, John terus berlari, namun pada akhirnya sang anjing ia titipkan ke Charon (Lance Reddick), petugas Hotel Continental yang tetap setia dengan aturan baku High Table dalam menjaga netralitas di hotel tersebut.

John lalu bergegas ke perpustakaan umum untuk mengambil sejumlah koin emas dan beberapa barang penting yang ia sembunyikan dalam sebuah buku. Namun dirinya sudah dihadang pembunuh bayaran yang tampaknya bergerak di luar aturan. Terluka parah, dirinya lantas beranjak ke dokter tepat sebelum tenggat waktu dimulai. Dari sini ketegangan dimulai lagi, dengan banyaknya scene yang sangat keren, dari mulai adegan John Wick berkuda hingga perkelahian dengan sejumlah pembunuh Tiongkok di sebuah ruangan display penuh senjata.

Setelah lolos, John kemudian meminta perlindungan kepada salah satu anggota High Table tertinggi, The Director (Anjelica Houston) yang juga merupakan direktur balet yang sangat temperamen. Beranjak dari situ, dirinya diamankan langsung untuk terbang ke Maroko. Di sana ia bertemu dengan teman masa lalunya, Sofia (Halle Berry) untuk membantunya, namun rupanya Sofia masih ada sedikit dendam dengan John sehingga dirinya agak enggan membantunya.

Sementara itu di Hotel Continental, seorang birokrat yang dikenal sebagai Adjudicator (Asia Kate Dillon) tiba untuk mengeluarkan sejumlah hukuman pada orang-orang yang membantu Wick sebelumnya, seperti pemilik Hotel Continental, Winston (Ian McShane) dan Bowery King (Laurence Fishburne). Dan untuk melacak John Wick, sang Adjudicator mengirimkan seorang sushi-chef yang merangkap pembunuh bayaran yang dijuluki Zero (Mark Dacascos).

Bisakah Zero mengalahkan John Wick? Dan bisakah John Wick nantinya bisa lepas dari jeratan High Table yang membelenggunya hingga kini?

Sulit membayangkan film ini bekerja tanpa karakter John Wick. Ada dikotomi menarik antara John Wick dengan semua penjahat yang ada, sehingga mereka hanya mampu ‘berbisik’ tentang adanya seorang pria yang sangat mematikan dan dapat menimbulkan mimpi buruk. Di lain sisi, kelembutan Wick dengan mukanya yang sangat ramah namun berhati dingin, mestasbihkan posisinya lewat kemampuan bela diri dan kecepatannya dalam menembak. Semua itu terasa menakutkan bagi semua pembunuh dan sangat mustahil bagi siapapun untuk meloloskan diri.

Adegan pembuka berlangsung mulus tanpa hambatan, flow langsung menyatu dengan ending sebelumnya, sangat mudah dicerna bahkan bagi kita yang belum menonton sekuel sebelumnya.

Begitu pun dengan adegan laganya yang luar biasa, dengan koreografi brilian dan setting yang di luar dugaan kita. Semua terasa fresh, walaupun adegan laganya di 20 menit pertama mengingatkan kita akan koreografi yang dipakai Jackie Chan. Penggunakan barang-barang yang ada di sekitarnya seperti kuda, ikat pinggang, buku, dan lainnya, tak melulu menggunakan senjata api semata. Terasa keren karena belum pernah digunakan sebelumnya dan speed combat nya pun luar biasa cepat.

Bagian menariknya, kini layer ceritanya sangat berlapis, tak seperti sebelumnya yang berfokus pada satu karakter utama. Kini banyak karakter misterius yang dijual di “John Wick 3”. Beberapa sosok misterius terbaru dalam poster filmnya seperti The Tick Tock Man (Jason Mantzoukas), The Elder (Saïd Taghmaoui), The Adjudicator (Asia Kate Dillon) dan Zero (Mark Dacascos), semua menyisakan misteri dan baru terlihat jelas aspek kausalitasnya setelah kita menonton film ini. Untuk karakter Sofia (Halle Berry) dan The Director (Anjelica Houston) sudah terlihat jelas dalam trailer dan media promonya. Untuk karakter lamanya, Bowery King (Laurence Fishburne) tetap tampil keren dan khusus untuk karakter Charon (Lance Reddick), kali ini dia tampil lebih badass dan sangar.

Tentu saja semua hal di atas adalah strategi yang cerdas dari pihak Lionsgate. Untuk dua aktor laga Indonesia yang akan tampil di film ini, Cecep Arif Rahman dan Yayan Ruhian, jangan terkejut melihat peran mereka yang di luar dugaan tampil freaking awesome. Tampil sebagai Shinobi 1 dan Shinobi 2, keduanya memperoleh screen time yang lumayan banyak dan adanya dialog bahasa Indonesia yang masuk dalam script!

Jadi tunggu apa lagi? Buat Chillers yang ingin menonton film laga terbaik, film ini sangat direkomendasikan. Hati-hati buat rating 17+ yang sudah terpampang, itu artinya banyak adegan sadis yang disajikan dalam John Wick 3 ini, walaupun tidak mengarah ke gore. Film ini sama menariknya dengan apa yang dijual pada trailer dan jauh lebih baik dari sekuel-sekuel sebelumnya.

 

Director: Chad Stahelski

Starring: Keanu Reeves, Halle Berry, Laurence Fishburne, Mark Dacascos, Asia Kate Dillon, Lance Reddick, Said Taghmaoui, Jerome Flynn, Jason Mantzoukas, Tobias Segal, Anjelica Huston, Ian McShane

Duration: 130 Minutes

Score: 9.0/10

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here