Umumnya, karakter televisi top terlahir dari program miliknya sendiri yang ditayangkan setiap minggunya. Akan tetapi kenyataannya, lumayan banyak juga karakter top televisi yang justru awalnya diperkenalkan atau ngetop pertama kali di program televisi lain.

Gila tapi itulah kenyataan yang sering terjadi di lapangan. Dan berikut adalah 5 karakter top televisi yang pertama kali tenar di program televisi lain tersebut.

5 | Barry Allen (Arrow)

To be fair, Barry Allen adalah karakter komik superhero DC, The Flash. Sehingga bisa dikatakan sosoknya sudah ngetop dari beberapa dekade lalu. Tapi oke, oke disini kita membicarakan serial televisi.

Dan jauh sebelum Barry Allen aka The Flash (Grant Gustin) menjadi karakter utama di seri hit The Flash, Barry pertama kali tampil di episode 8 musim kedua seri Arrow berjudul “The Scientist”, 4 Desember 2013.

Di kemunculan perdananya tersebut, Barry ditampilkan sebagai ahli forensik yang dikirim oleh Central City Police Department ke Star City untuk membantu menyelidiki kematian misterius yang diakibatkan oleh kekuatan super yang tidak diketahui asalnya.

Dan setelah membantu Oliver Queen (Stephen Amell) cs dalam mengungkap misterinya, Barry pun tersambar petir yang diakibatkan oleh ledakan partikel akselarator. Barry pun akhirnya koma selama 9 bulan sebelum akhirnya menjadi The Flash.

Bisa dikatakan apabila kala itu Greg Berlanti cs tidak berinisiatif untuk melakukan cross-over karakter DC ini, serial The Flash tidak akan pernah ditayangkan secara otomatis juga, ranah pertelevisian superhero DC, Arrowverse, tidak akan pernah ada dan sukses seperti sekarang.

4 | Saul Goodman (Breaking Bad)

Pengacara flamboyan yang diperankan oleh Bob Odenkirk ini pertama kali ditampilkan di episode 8 musim kedua seri drama hit Breaking Bad yang ironisnya berjudul “Better Call Saul” pada tanggal 26 April 2009.

Saul melakukan debutnya sebagai pengacara yang disewa oleh Walter White (Bryan Cranston) dan Jesse Pinkman (Aaron Paul) untuk menjadi pengacara sahabat Jesse yang ditangkap oleh Kepolisian Albuquerque di episode sebelumnya.

Singkat kata menjelang akhir episodenya, Saul menawarkan diri untuk menjadi pengacara tetap White. Penampilan Odenkirk di episode perdana ini tak diduga, sangatlah keren yang alhasil membuatnya sukses dinaikan statusnya menjadi main cast di musim ketiga hingga selesai.

Dikarenakan masih banyak fans yang menyukai Odenkirk sebagai Saul, akhirnya di tahun 2015, AMC bersama Vince Gilligan dan Peter Gould, memutuskan untuk memproduksi  program spin-off atau prekuel dengan Saul sebagai karakter utama yang berjudul, Better Call Saul.

Dan lagi-lagi Odenkirk sukses membuktikan kalau ia memang sangat mumpuni dalam memerankan karakter Saul-nya. Oleh karenanya, tak heran apabila Better Caul Saul, hingga detik ini masih terus tayang (baca: sudah memasuki season 4).

3 | Sabrina Spellman (Sabrina the Teenage Witch)

Sabrina versi Mellisa Joan Hart (kiri) dan versi terbaru, Kiernan Shipka (kanan)

Bagi Chillers yang dulu fans berat, pasti sudah mengetahui sejarah lengkap karakter penyihir cantik yang diperankan oleh Melissa Joan Hart di pertengahan 90an ini.

Namun, bagi Chillers yang mungkin hanya fans kasual, pastinya kalian tidak menyadari kalau sebenarnya karakter Sabrina Spellman bukanlah karakter orisinil di seri Sabrina the Teenage Witch (1996-2003).

Ya, jadi karakter ini awalnya berasal dari komik berjudul sama keluaran Archie Comics di tahun 1971. Populer, komik dan karakter inipun lantas diadaptasi ke serial televisi animasi di tahun yang sama dan sukses bertahan hingga tahun 1974.

Barulah setelah itu dua dekade kemudian, kisah Sabrina si penyihir imut ini, diadaptasikan ke seri live-action yang dibintangi oleh Melissa Joan Hart tersebut. Dan, seakan Hollywood masih belum cukup puas dengan sosoknya, pada tanggal 26 Oktober 2018 lalu, Warner Bros Television beserta CW Network dan Netflix, merilis seri terbaru yang bertajuk Chilling Adventures of Sabrina.

Seri yang dimaksudkan sebagai seri pendamping seri hit Riverdale (baca: satu universe) ini, adalah kisah Sabrina Spellman yang jauh lebih dark baik dari versi komik maupun versi seri 1996 silam.

Dan sejauh ini seri yang dibintangi oleh Kiernan Shipka (Mad Men) sebagai Sabrina Spellman barunya ini, sukses mendapatkan pujian bertubu-tubi dari krtikus, media, dan tentunya seluruh fans-nya.

2 |  Xena (Hercules)

Lucy Lawless sebagai Xena – Photo by Mo-Spector/Kipa/Corbis

Yap benar banget Chillers. Jauh sebelum tampil di seri hit-nya, Xena: Warrior Princess (1995-2001), si ksatria wanita cantik nan badass yang diperankan oleh Lucy Lawless ini, pertama kali tampil di beberapa episode musim pertama seri Hercules: The Legendary Journeys (1995-1999).

Di penampilan awalnya, ia ditampilkan sebagai karakter antagonis yang ditugaskan untuk membunuh Hercules (Kevin Sorbo). Namun, setelah pertarungan sengit yang berakhir dengan kemenangan Hercules, Xena yang merasa takjub dengan integritas Hercules, pada akhirnya memutuskan untuk bergabung dan bertarung bersama dengan dirinya.

Sosok Xena di beberapa episode tersebut, tak disangka sangatlah sukses dan begitu disukai oleh seluruh audiens. Melihat ini, tak heran apabila kemudian ia dibuatkan serinya sendiri yang alhasil membuat Xena: Warrior Princess, spin-off dari Hercules: The Legendary Journeys.

1 | Seluruh cast NCIS (JAG)

‘JAG’ (1995-2005) kiri | ‘NCIS’ (2003-sekarang) kanan

Kami yakin pasti banyak chiller yang kaget dengan poin ini (well, terkecuali kalian memang mengikuti dari zaman seri JAG dulu).

Ya, jadi hampir seluruh cast orisinil di seri police procedural NCIS (2003-sekarang), pertama kali tampil di seri yang merupakan akronim dari Judge Advocate General ini. Spesifiknya, Leroy Jethro Gibbs (Mark Harmon) cs pertama kali ditampilkan di episode 20 season 8 JAG yang berjudul “Ice Queen”, 22 April 2003.

Tidak seperti Xena dan Saul Goodman yang karakternya dibuatkan serinya sendiri setelah mendapatkan respon positif dari audiens, seluruh cast NCIS orisinil ini lebih seperti kasus Barry Allen di Arrowverse yang mana, seluruh karakter dan seri spin-off nya ini memang sudah direncanakan sejak awal.

Dan untunglah kreator JAG, Donald P. Bellisario berinisiatif untuk membuat spin-off NCIS ini, karena terbukti bahwa spin-off ini juga sama bahkan lebih sukses dari JAG. Sekarang, kita tunggu dan lihat saja lagi, sampai kapankah seri ini akan bertahan di televisi kita.

Itulah tadi 5 karakter top televisi yang ternyata pertama kali diperkenalkan di program televisi lain. Bagaimana tanggapan Chillers dengan pembahasan ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here