‘Kedarnath’, Kisah Cinta Dua Insan Beda Agama yang Berbalut Bencana

Mandakini atau biasa dipanggil Mukku (Sara Ali Khan) oleh keluarganya, adalah seorang gadis muda yang hidup di Kedarnath dengan keluarganya. Ayahnya (Nitish Bharadwaj) adalah pemimpin pendeta Hindu yang dihormati di tempat itu. Mukku yang mempunyai kakak perempuan (Pooja Gor), memiliki kehidupan yang sangat kompleks. Dirinya dijodohkan orang tuanya kepada seorang pejabat muda angkuh (Nishant Dahiya) yang sangat ia benci.

Semua menjadi rumit ketika ia tertarik kepada seorang pithoo (semacam porter pengangkat orang) beragama muslim bernama Mansoor Khan (Sushant Singh Rajput). Cinta terlarang yang semestinya tidak terjadi di tempat peziarahan Kuil Kedarnath yang terletak di kaki pegunungan Uttarakhand, sebelah utara India. Konflik muncul antara sang tunangan dan Mansoor yang berubah menjadi adu fisik yang tak seimbang, mengakibatkan Mansoor terluka parah dan menjauhi Mukku. Begitu pula dengan sang ayah yang menentang dengan keras hubungan antar mereka. Tapi tak satupun ada yang menyangka kalau dalam semalam saja, semua itu akan berubah dengan cepatnya.

Sebagai film bergenre drama percintaan, Kedarnath mengambil setting sebuah peristiwa nyata banjir besar yang melanda pemukiman di kaki pegunungan Uttarakhand pada tahun 2013. Dengan basic story seperti itu bisa ditebak kemana arah film ini bergulir. Memang sepintas kisah yang ada di ‘Kedarnath’ tak jauh berbeda dengan film Titanic yang mengambil latar tenggelamnya kapal Titanic, yang merupakan kapal terbesar saat itu saat tenggelam di Samudra Atlantik pada tahun 1912. Kisah percintaan berbalut tragedi seperti inipun memang umum digunakan sebagai latar belakang untuk masuk ke dalam peristiwa sesungguhnya.

Yang sangat disayangkan, naskah film ini terasa menggampangkan keadaan pada saat itu dan detil peristiwa banjir bandang yang katanya merenggut korban hingga ribuan orang ini hanya sebatas visualisasi efek semata. Semuanya kembali kepada kisah percintaan antara Mukku dan Mansoor.

Dengan lokasi yang ada di kaki pegunungan, gambar yang disuguhkan sangat indah dan impresif. Sinematografi yang digarap oleh Tushar Kanti Ray ini banyak menggunakan drone yang jeli melihat detil desa dengan warna-warni alami bangunan dan lansekap disekitarnya. Selain itu keberadaan drone dapat melihat kontur desa yang diapit sungai di kiri dan kanannya ini, juga hamparan padang rumput luas dengan jalur pendakian menuju tempat ziarah yang beragam tingkat kemiringannya.

Menit pertama berjalan, interaksi antara Mansoor yang beragama Islam dengan seorang ibu peziarah yang beragama Hindu berlangsung menarik. Dialog sentimen anti-agamis yang spontan muncul dari sang ibu, bisa direduksi melalui dialog humoris yang cerdas, dengan tujuan untuk membujuk sang ibu agar mau digotong hingga ke atas. Semua porter yang kebetulan beragama Islam memang menjadi isu sekuler yang berlangsung dinamis di Kedarnath dan sempat menjadi permasalahan besar di salah satu scene yang ditampilkan.

Permasalahan di atas disandingkan dengan isu komersialisasi, makin santer berhembus dan tak luput diangkat. Sebagai tempat ziarah yang rutin dikunjungi ribuan turis tiap tahunnya, kebutuhan akan akomodasi yang layak seperti hotel dan mal menjadi tanda tanya besar. Pergumulan antar kepentingan beradu dengan kaum marjinal yang notabene minoritas semakin meningkat tensinya setelah intermission.

Sang sutradara, Abhishek Kapoor (Rock On!! – 2008, Kai po che! – 2013) dapat menampilkan CGI yang tampak nyata untuk look malam hari. Untuk cast utamanya, Sara Ali Khan tampil lumayan bagus di film debutannya kali ini. Sebagai anak dari megastar Bollywood kenamaan, Saif Ali Khan, kualitas akting Sara sangat menjanjikan dan dapat mengimbangi Sushant Singh Rajput yang tampil brilian di sejumlah film seperti ‘Kai po che!’ (2013) dan ‘M.S Dhoni: The Untold Story’ (2016). Tampilan Sara di sini seakan mengingatkan kita akan pesona sang ibu, Amrita Singh yang juga merupakan aktris besar Bollywood era 80-90an.

Buat Chillers penyuka film Bollywood bertema percintaan anak muda, ‘Kedarnath’ memberi apa yang kita butuhkan dalam menonton sebuah film romansa dengan scoring menarik dan visualisasi menawan lewat lansekapnya. Film ini masih bisa kamu saksikan di bioskop terdekat di kota kamu.

 

Director: Abhishek Kapoor

Starring: Sushant Singh Rajput, Sara Ali Khan, Nitish Bharadwaj, Pooja Gor, Nishant Dahiya

Duration: 116 Minutes

Score: 7.0/10

2 comments

  1. Kebetulan ngikutin film India, dan Kedarnath ini sih dari sisi review nggak terlalu bagus banget. Tapi di box office performanya lumayan bagus. Sara Ali Khan ini bener2 hot new comer deh… Cantiknya natural banget

    • Memang dilihat dari ceritanya sendiri, Kedarnath tidak terlalu istimewa. Banyak film-film serupa yang jauh lbh berkualitas. Pesona Sara Ali Khan membawa daya tarik tersendiri di film ini. Untuk seorang newcomer, rasanya patut ditunggu di film berikutnya yang mungkin gak akan lama lagi.

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here