“Spider-Man: Far From Home” memberikan kejutan dengan memperkenalkan karakter ikonik di salah satu post credit scene, dan presiden Marvel Studios Kevin Feige menjelaskan bagaimana hal itu bisa terjadi. Marvel Cinematic Universe menutup tahun ini dengan narasi yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan “Avengers: Endgame” di film solo kedua Peter Parker (Tom Holland). Walaupun terkesan kecil, tidak berarti bahwa film tersebut tak memiliki implikasi besar tidak hanya dalam dunia Spider-Man sendiri, namun kaitannya justru dalam franchise secara keseluruhan.

Setelah post credit scene menghilang di Endgame, adegan post credit scene mengejutkan hadir di Far From Home, dan adegan post credit scene ini merupakan yang terbaik yang ditampilkan Marvel Studios sampai saat ini.

Di mid credit sequence, Peter yang telah kembali dari perjalanannya di Eropa dengan rasa percaya dirinya yang besar sebagai pahlawan super, berkeliling Manhattan dengan MJ (Zendaya). Sejenak dia terpaku lewat tayangan big-screen di papan iklan yang menyiarkan pesan terakhir Mysterio (Jake Gyllenhaal) yang menunjuk identitas asli Spider-Man. Tapi kejutannya tak berhenti sampai di situ saja, karena menjelang akhir video, ternyata klip itu berasal dari situs The Daily Bugle, lengkap dengan penampilan oleh J. Jonah Jameson, yang diperankan oleh JK Simmons.

 

Para fans Spider-Man tahu siapa tokoh ini, dan dalam wawancara khusus dengan Feige yang dirangkum dari Screen Rant, Feige berbicara tentang bagaimana seluruh rangkaian itu membuahkan hasil, khususnya keputusan untuk membawa Jameson ke MCU. Rupanya, Feige memang sejak lama berencana ingin membawanya, namun dia tidak merasa sesuai untuk “Spider-Man: Homecoming”, dan sekuelnya lebih cocok untuk apa yang ingin mereka lakukan. Adapun untuk membawa Simmons kembali, Feige mengembalikan itu kepada sang aktor, JK Simmonds yang notabene merupakan aktor yang serba bisa dan sangat fleksibel.

“Peter Parker (dengan usia yang lebih muda) bersekolah di sekolah menengah, membawanya ke tempat-tempat yang belum pernah ia kunjungi sebelumnya, berinteraksi dengan karakter MCU lainnya. J. Jonah Jameson adalah salah satunya. Dia tak bermain di salah satu dari dua film ‘Amazing Spiderman’, jadi kita melakukannya di berbagai spot. Homecoming, sepertinya bukan ide yang tepat, dan kemudian 95% dari kejadian Far from Home terjadi di luar kota. Jadi rasanya itulah kesempatan untuk melakukan sejumlah hal.

Salah satunya untuk membuat Mysterio menang dengan cara yang tidak kamu harapkan, membuat Mysterio melakukan satu trik terakhir padanya. Dan dalam percakapan dengan Jameson itu, selalu tentang bagaimana gagasan penerbit yang kuat tidak ada lagi. Sebuah gagasan yang dahulu dicetuskan Jameson untuk koran Daily Bugle kini beralih ke website Daily Bugle. Kita membawanya ke sisi yang lebih radikal dan berbicara langsung di depan kamera. Siapa lagi yang bisa melakukan hal ini selain Jameson?”

“JK Simmons adalah aktor yang serba bisa. Lihatlah apa yang dia lakukan selama bertahun-tahun sejak penggambarannya yang ikonik tentang karakter ini dalam film Sam Raimi sebelumnya. Dan kita lihat semua karyanya, Whiplash menjadi salah satu yang terbesar. Ini bisa menjadi aktor yang sama dengan nada suara yang agak mirip, tetapi dengan kepribadian yang sama sekali berbeda. Itu belum pernah dilakukan sebelumnya. Kami benar-benar menyukai gagasan bahwa itu adalah Jameson baru, dia bukan dari dimensi lain atau multiverse atau sesuatu seperti itu. Ini adalah Jameson baru di dunia ini yang dimainkan oleh aktor yang sama.”

Fans Spider-Man akan selalu memiliki firasat bahwa entah bagaimana, Jameson akan menemukan jalannya kembali ke MCU, tetapi tentu saja tidak dengan cara seperti ini. Sementara Simmons selalu menjadi favorit penggemar, Marvel Studios cenderung mencari aktor yang berbeda ketika mendekati peran penting yang sebelumnya pernah muncul di layar lebar. Selain itu, Simmons secara teknis masih terikat pada Warner Bros dan DC sebagai Komisaris Gordon. Sementara belum ada berita tentang statusnya di universe itu setelah ia debut di Justice League, kedatangannya di MCU kali ini jelas tidak terduga (hal ini merujuk juga ke James Gunn yang membuka pintunya ke dua universe itu).

Seperti yang telah dicatat oleh Feige, Simmons sebelumnya memainkan peran yang sama dengan yang ia lakukan dalam trilogi Sam Raimi pada 2000-an, tidak berarti bahwa ada hubungan antara versi Tobey Maguire dan Tom Holland. Dan sementara dia memainkan karakter yang sama, penggemar bisa berharap dia akan sangat berbeda di MCU, dan seperti yang diketahui para penggemar, Marvel Studios menyukai karakter dan narasi seperti itu agar relevan dengan aspek sosial dan budaya yang meningkat akhir-akhir ini. Dan persona baru Jameson kemungkinan akan menjadi aspek penting dari karakterisasi MCU nantinya ke depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here