Apa aja yang perlu kamu tahu tentang filmnya? Berikut obrolannya bareng Komunitas Marvel Indonesia. 

Ya, setelah peperangan hebat melanda dunia Marvel dan mengakibatkan banyak terjadi perubahan besar, kita sebagai penonton dihadapkan pada sebuah pertanyaan. Akan jadi apa Marvel Cinematic Universe (MCU) ke depannya. Berangkat dari sana, film-film pasca “Endgame” akan memainkan peran yang penting dan pastinya akan sangat ditunggu-tunggu oleh banyak penonton di seluruh dunia.

Nah, film pertama yang akan rilis tepat setelah “Endgame” adalah “Spider-Man: Far from Home”. Merupakan sekuel langsung dari film sebelumnya, yaitu “Spider-Man: Homecoming” (2017), ‘Far from Home” tentu akan sangat menarik, apalagi dari segi character development-nya. Relationship antara Peter Parker dan juga Tony Stark terlihat sudah sangat dekat di “Homecoming”. So, bagaimana Peter bisa menghadapi kenyataan dan berkembang sekarang? Belum lagi ia akan dihadapkan oleh bahaya yang lebih besar di mana liburan sekolahnya terancam akibat munculnya banyak musuh baru.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang film “Spider-Man: Far from Home”, Adam dan Loki mengundang teman-teman dari Komunitas Marvel Indonesia, yang kali ini diwakili oleh Valdy dan Inu. Mereka ngobrol-ngobrol santai ngebahas banyak aspek dari film ini. Mulai dari perkembangan karakter, perkembangan eksposisi ceritanya, kostum-kostumnya, sampai kenapa Aunt May terlihat semakin muda. Selamat membaca!

Excited untuk menyambut “Spider-Man”?

  • Valdy: Iyes!
  • Inu: Sangat!

Ngomongin soal “Spider-Man” pasti gak terlepas dari “Endgame”. Menurut kalian bagaimana ending-nya “Endgame” itu akan memengaruhi seorang Peter Parker?

  • Inu: Menurut gue sangat memengaruhi keseluruhan dunia MCU malah. Bukan cuma Peter Parker doang. Karena Tony Stark itu kan sangat menginspirasi ya untuk karakter Avengers yang lainnya. Jadi menurut gue gak cuman Peter Parker sih yang kena dampak dari ending-nya “Endgame”.

Soalnya kan kalo dari trailer-nya Spidey sendiri, itu kayaknya terpukul ya (si Peter). Menurut kalian si Peter ini bakal jadi “Tony Stark 2.0”?

  • Valdy: Dia punya beban banyak ya dari Stark. “Everything is Mr. Stark” buat dia. Peter bisa jadi kayak gitu karena internship. Dia akan selalu membawa beban Tony Stark.

Oh jadi secara gak langsung jadi psikis juga ya buat dia…

  • Valdy: Iya. Di komik sendiri kan sebetulnya udah kelihatan. Karakter pinter yang ada di MCU tuh udah kelihatan jelas banget. Dan selain Tony Stark, Parker juga termasuk yang terpilih. Makanya kalo kita lihat Hank Pym masih ada, Shuri juga masih ada, tinggal Parker nih mau ditaro di mana. Kalo misalkan dia bener-bener akan jadi “The Next Scientist”-nya Avengers ya… probably bebannya berat banget.

Ada gak sih kira-kira perbedaan cerita film “Far From Home” sama versi komiknya?

  • Valdy: Kalo dilihat mungkin dari adatnya MCU sendiri gak pernah nyamain “apple to apple” ya sama komik, tapi reference-nya selalu bagus. Ekspektasi antara orang yang sudah tahu di komik dan nonton sajiannya Marvel Studios tuh rata-rata semua suka.

Itu magic-nya Marvel Studios ya!

  • Valdy: Iya. Jadi walaupun let’s say gak sama dengan yang di komik, tapi ternyata kok terjemahannya memuaskan ya?Kok gak ganggu ya? Kok gak ada yang sampe ekstrim diprotes kayak… ya, you know,’ Fantastic Four’ yang terakhir itu.

Istilahnya kalo misalkan ada perbedaan gapapa tapi pakemnya gak boleh diganti?

  • Valdy: Iya. Bahkan sampe di titik itu, “Marvel Cinematic Universe” sudah punya nama “Earth”-nya sendiri. Nama universe-nya sendiri. Jadi tradisinya Marvel itu kan selalu ada “Earth”, ya. Si MCU ini sampe dikasih universe sendiri. Jadi memang mereka status-nya udah sampe yang, ‘Eh berhasil lo. Nih, gue kasih tempat sendiri. “

Itu dari komikus-komikus yang ngasih?

  • Inu: Dari Marvel nya sendiri

Ohh… Saking hebatnya pencapaian dari MCU berarti ya!

  • Valdy & Inu: Betul.

Kembali ngomongin Spider-Man, salah satu yang mencolok itu kan kostumnya ya. Gue sempet lihat ada kostum yang warna hitam semua. Boleh di-tease gak ke Smart Viewers itu kostum apa dan ada gak speciality-nya buat Peter sendiri?

  • Inu: Untuk kostum yang di “Far From Home”, kita mesti tahu juga kalau jangan seratus persen percaya sama trailer-nya. Sudah jadi pelajaran kalau di trailer sama di film itu bisa jadi beda.

Jadi kalau dilihat dari trailer, kelihatannya Peter Parker akan memakai tiga baju baru. Yang “Stealth Suit” kemungkinan diberikan oleh S.H.I.E.L.D atau Nick Fury, sama kostum yang baru itu yang warna merah-hitam kemungkinan dimodifikasi oleh Peter Parker menggunakan alat-alat dari Tony Stark.

  • Valdy: Itu makanya yang tadi gue bilang. Bebannya (Peter) lumayan berat. Karena ‘He is the next scientist’. Who knows?

Eh tapi kalo yang biasanya (kostum) Spider-Man dari “Homecoming” juga masih yang biru-merah ya. Sekarang jadi merah-hitam. Itu kalo di komik dijelasin gak sih?

  • Valdy: Kalo yang hitam itu mirip sama Noir ya?
  • Inu: Yang hitam (Stealth) mungkin dia reference-nya ke Spider-Man Noir.
  • Valdy: Kalo sempet nonton “Spider-Verse”…..?

Iyah! Nicholas Cage yang yang suarain.

  • Valdy: Iya. Mungkin dia reference-nya itu.

Referensinya dari situ, tapi bukan berarti pleketiplek kayak begitu untuk karakternya, ya?

  • Valdy: Parker, tapi bukan “this Parker”.
  • Inu: Dan kostum yang merah-hitam itu kemungkinan referensi dari karyanya Alex Ross. Jadi Alex Ross pernah nge-desain kostum itu.
  • Valdy: He is a legend. Ikonik, lah! Jadi Spider-Man tuh dari 80s, 90s, sampai ke 2000 kan varian kostumnya banyak banget. Dan salah satu yang favorit adalah yang punya Alex Ross ini.

Jadi buat Smart Viewers yang mau tahu lebih banyak soal kostum-kostumnya, mungkin bisa ditonton lagi “Spider-Verse” sama baca komik-komiknya Alex Ross.

  • Valdy & Inu: Bener.

Nah untuk Spider-Man nya sendiri kan yang gue suka adalah, dia tuh tetep bergulat sama kehidupan biasa. “Friendly Neighborhood”, “Schoolboy”. Salah duanya adalah kehidupan keluarga dan juga kehidupan pacarannya. Itu kan menarik banget selain kehidupan superhero-nya dia. Gimana kalian melihat perkembangan tersebut di “Far from Home” nanti?

  • Valdy: Kita udah ngeliat beberapa macam variasi dari hubungan ini. Kan dari zamannya Tobey, Andrew, sampe si Tom Holland kan selalu beda-beda. Bagaimana film itu menyajikan sosok MJ, itu gak pernah sama. Pengecualiannya ada di zaman “Spider-Man” nya Andrew. Itu dia sama Gwen.

Nah gue sih secara pribadi masih ngerasa  bahwa, ‘Ni jangan-jangan mereka masih nge-tease bahwa, ‘This is not the real MJ’. Karena pada saat dia (Zendaya) memperkenalkan diri pertama kali kan bukan MJ. Dia kan pakai, apa sih, kayak nama baptis atau nama apa gitu ya. Dia baru memperkenalkan itu (nama MJ) di akhir film. Itu kita semua udah..

Geger! Hah, Zendaya MJ?

  • Inu: Michael Jordan!

Hahahahaha! Dia nge-dunk dong ntar… btw itu shock sih, parah.

  • Valdy: Let’s see karakter MJ mau diapain lagi. Tapi kalau Aunt May, kita akan dapet sebuah fase baru di mana Aunt May secara terang-terangan tahu bahwa dia (Peter) Spider-Man. Kan belum diceritain. Terakhir kali kepergok lagi ganti baju. Terus kita lihat Aunt May pas pemakamannya Tony Star. That’s it. Nah, entar kita lihat di “Far from Home”.

Tadi si Loki sebenernya masih pengen ngomongin soal Marissa Tomei, eh, Aunt May! Masih kepo karena dari filmnya “Uncle Tobey” terus yang sekarang Tom Holland makin ke sini Aunt May makin muda. Apakah ada sesuatu yang direncanakan sama Marvel terkait hal ini?

  • Valdy: Gak ada kayaknya, cuman memang anomali banget ya. Dilihat dari Spider-Man nya si Tobey kan (Aunt May) udah yang nenek-nenek banget. Terus habis itu makin muda waktu di (zamannya) Andrew. Sekarang tiba-tiba jadi “hot mom” gitu… Eh kita boleh gak sih ngomong begitu?

Hahahaha! Gapapa, gapapa. Okay, jadi memang mungkin itu sesuatu yang gak diduga-duga cuma kita juga seneng ya lihatnya?

  • Inu: Menurut gue sih lebih ke MCU itu pengen bikin sesuatu yang fresh! Bikin sesuatu yang baru. Mungkin di film-film sebelumnya kita ngeliat Uncle Ben mati mulu, Peter Parker dewasa galau melulu, Aunt May nya tua melulu. Gimana kalau misalkan kita bikin warna yang baru? Dengan Tom Holland yang masih teenager, make sense kalau bibinya pun gak terlalu tua.

Nah nanti juga akan muncul Mysterio! Kasih informasi dulu dong ini siapa dan kemampuannya tuh apa?

  • Valdy: Mysterio tuh sebenarnya kalau di komik masuk ke Sinister Six.
  • Inu: Musuh bebuyutannya Spidey.
  • Valdy: Itu sebenarnya udah di-tease waktu di Spidey-nya Andrew. Yang ada si Rhino, terus di end credit scene nya juga sempet ada kayak hall of….

Villain?

  • Valdy: Iya, kayak gitu. Dan kemaren waktu di “Homecoming” sudah ada Vulture, kan? Ya udah, kayaknya ini mereka mau ngelanjutin Sinister Six nya.

Kalo untuk kekuatannya sendiri gimana?

  • Inu: Mysterio itu diaa..
  • Valdy: Tukang sulap ya?
  • Inu: Penipu. Trickster. Jadi dia memanipulasi. Mysterio itu semacam ahli efek dalam dunia entertain, jadi dia mampu memanipulasi banyak hal. Sampai akhirnya dia berambisi untuk… awalnya menjadi superhero. Akhirnya lupa diri.
  • Valdy: Ini juga sebetulnya jadi sedikit clue ya buat temen temen yang udah nonton trailer-nya. Posisinya Mysterio itu nanti jadi good guy apa bad guy ya? Ngeliat di mana dia duduk dan ngobrol sama Nick Fury segala macem gue sendiri juga penasaran, ‘Wah ini lucu nih! Di mana ditaronya Mysterio ini?’

Soalnya kalau diperhatiin sepanjang MCU ini berjalan, belum ada tipikal karakter yang “di tengah-tengah”. Yang ibaratnya, lo mau masuk di good side atau di bad side? Deadpool itungannya masih di Fox. Balik lagi ke poin tadi, sajiannya pasti menarik dan surprising. Sekali lagi, jangan percaya sama trailer.

Soalnya pas dia muncul di trailer Mysterio bilang, “You’ll regret this” terus dia nyerangnya justru bukan ke Spider-Man. Malah ke Hydro Man atau ke Sandman! Anyway, gimana menurut kalian terhadap dua karakter itu?

  • Inu: Kalau kita melihat dari trailer, kemungkinan Spidey akan menghadapi banyak villain. Karena kita sudah melihat di situ ada Mysterio, di situ ada Hydro Man, di situ ada Molten Man, habis itu ada Sandman. Jadi kemungkinan villain nya akan banyak.
  • Valdy: Sajian Sinister Six nya penasaran sih. Gini deh, pengalaman yang udah-udah, kita selalu dapat kejutan- kejutan menarik dari “Infinity War”, “Black Panther”, terus kemarin “Endgame”. Nah mereka (Marvel Studios) mau ngasih surprise apa lagi nih di balik trailer-nya  “Far from Home” ini. Orang udah excited banget waktu si Tom Holland bilang, ‘Kalian kalau mau nonton trailer ini jangan sampai belum nonton Endgame’.

Ngomongin soal kartu-kartu yang belum dibuka. Katanya bakal ada alternate universe?

  • Inu: Alternate universe pasti gara-gara kita nonton trailer-nya.
  • Valdy: Dan Mysterio itu trickster, kan. Kita gak tahu tipuan apa yang dia keluarin dari situ. Bisa aja depannya baik terus tiba-tiba entar, ‘Eh gue makan lo. Gue udah manfaatin lo buat jalanin rencana gue’. Bisa aja kan?

Tapi kalo ngomongin Spider-Man dan bagaimana “Far from Home” berefek pada phase four, itu seperti apa menurut kalian?

  • Inu: Sebetulnya Kevin Feige pernah bilang kalo “Spider-Man: Far from Home” ini adalah penutup phase three. Nah disini justru yang paling bikin kita penasaran adalah, apa sih setelah ini?

Jadi jangan lu berharap ke depan-depannya dulu ya?

  • Valdy: Iya. Selesain dulu lah.

Film “Spider-Man: Far from Home” sedang tayang di bioskop seluruh Indonesia. Jangan lupa follow juga akun Instagram Komunitas Marvel Indonesia di @KomunitasMarvelIndonesia, untuk mendapatkan info-info terbaru seputar dunia Marvel dan kegiatan-kegiatan seru dari komunitasnya. Sampai juma di bincang-bincang Movie Freak Binus TV berikutnya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here