‘One Cut of the Dead’, Film Zombie dengan Plot dan Twist Terbaik

0
576

Dalam sebuah pabrik peninggalan Jepang di masa Perang Dunia II yang dulunya digunakan untuk eksperimen terlarang, sebuah setting pembuatan film sedang dilakukan, di mana terlihat sang sutradara, Higurashi (Takayuki Hamatsu) sedang mengambil take adegan Chinatsu (Yuzuki Akiyama) yang ketakutan sedang diserang pacarnya yang telah menjadi zombie, Ko (Kazuaki Nagaya). Higurashi kesal karena setelah 42 take, Chinatsu tak berhasil tampil maksimal di depan kamera. Raut muka ketakutan yang semestinya ia hadirkan, belum sesuai harapan sang sutradara. Tak heran Higurashi kemudian mendamprat habis-habisan Chinatsu, dan Ko sebelum akhirnya dihentikan oleh make-up artist, Nao (Harumi Shuhama).

Syuting kemudian rehat sejenak, sebelum para aktor dan aktris sadar kalau mereka akhirnya diserang zombie asli. Higurashi tetap menyuruh krunya untuk terus merekam adegan kejar-kejaran zombie itu. Film yang diambil dengan handheld dan teknik one take ini spontan terus mengejar mengikuti zombie dan para pemeran film low budget ini sampai akhirnya semua zombie itu menghabisi mereka sampai mati.

Setelah film zombie itu berakhir, cerita bergeser jauh sebulan sebelumnya, dimana Higurashi akhirnya mendapatkan pekerjaan untuk membuat siaran langsung film zombie untuk sebuah saluran TV. Tagline Higurashi yang “cepat, murah, namun lumayan”, menarik perhatian produser film zombie tersebut. Akhirnya Higurashi mendapatkan kru dan pemain baru termasuk anak perempuan dan istrinya sendiri.

‘One Cut of the Dead’ memang bukan film horror biasa yang selalu kita saksikan di layar lebar. Bahkan untuk sineas Hollywood pun, film seperti ini belum ada tandingannya. Lebih pas menyandingkan film ini dengan film ‘Shaun of the Dead’ (2004) garapan Edgar Wright yang juga disajikan dengan gaya horor komedi. Memang ada perbedaan gaya antar kedua sutradara ini. Edgar Wright membuat film horor dengan bumbu komedi bertema zombie yang berasal dari referensi klasik, sedangkan Shin’ichirô Ueda justru menggunakan zombie hanya sebagai elemen pelengkap dari cerita keseluruhan yang sangat orisinal. Menarik melihat film yang mampu memutarbalikkan segala prediksi kita terhadap jalan cerita maupun endingnya itu sendiri. Dengan bujet rendah, sekitar US$ 27 ribu atau sekitar Rp 400 juta, film ini menjadi fenomena di banyak negara dan hingga kini mampu meraup pendapatan domestik sebesar US$ 7,2 juta atau sekitar Rp 104 Milyar!

 

Dengan cast dan kru yang bisa dibilang masih belum terkenal, bahkan untuk sang sutradara dan penulis naskah Shin’ichirô Ueda, film ini juga merupakan debut pertamanya untuk film panjang setelah beberapa kali menggarap film pendek. Memang ketika kita melihat 37 menit pertama, kita tadinya tak yakin film horor bertema zombie ini akan mengarah kemana atau akan jadi apa hasilnya, namun adegan setelah itu ternyata sangat mengejutkan.

Audiens justru malah diperlihatkan adegan behind the scenes yang disuguhkan dalam dramatisasi berbumbu komedi yang sangat natural. Kita akan dibuat tertawa terpingkal-pingkal akan aksi yang diperankan para cast dan kru film tersebut dalam membuat film ‘One Cut of the Dead’. Kerepotan saat mengurus cast dan akting yang tak sesuai naskah membuat segmen ini sangat menarik.

Angle berbeda diambil sang sutradara untuk memperlihatkan shot yang tak terlihat di segmen pertama, sehingga audiens bisa melihat “pemandangan yang tak biasa” namun lumrah terjadi saat proses produksi film. Sebuah sisi yang biasanya justru dibuat terpisah untuk media promosi saat launching film perdana ini justru dijadikan main course-nya. Sangat cerdas dan juga brilian!

‘One Cut of the Dead’ yang mendapatkan banyak penghargaan di banyak negara dan mendapatkan rating sempurna 100% di Rotten Tomatoes ini sangat layak Chillers tonton, terutama untuk penggemar film zombie. Sekarang film ini sudah bisa kamu saksikan di bioskop terdekat di kota kamu dan film ini nantinya akan menjadi pembuka di Festival Film Jepang yang akan berlangsung dari 7-16 Desember 2018.

 

Director: Shin’ichirô Ueda

Cast: Takayuki Hamatsu, Mao, Harumi Syuhama, Kazuaki Nagaya, Manabu Hosoi, Hiroshi Ichihara, Syuntaro Yamazaki, Shinichiro Osawa, Yoshiko Takehara, Miki Yoshida, Sakina Asamori, Ayana Goda, Yuzuki Akiyama

Duration: 97 Minutes

Score: 9.0/10

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here