Tidak dipungkiri sama sekali bahwa posisi seorang stuntman di Hollywood tidaklah begitu dihargai. Padahal di kebanyakan film (terutama action), justru adalah stuntman yang berjasa besar atas sebagian besar adegan aksi badass nan keren yang ditampilkan.

Terlebih seperti kita ketahui, setiap kali melakukan adegan berbahaya yang dibutuhkan, pada dasarnya mereka sedang mempertaruhkan nyawa berharga mereka.

Oleh karenanya, tak mengherankan apabila banyak pelaku adegan berbahaya ini yang merasa kesal banget atas treatment yang mereka dapatkan selama ini.

Dan menurut laporan dari Vulture, dikarenakan hal ini, rencananya seluruh pelaku stuntman di Hollywood akan melakukan aksi protes di penghargaan Academy Awards alias Oscar 2020.

Menurut laporan tersebut, rencananya aksi protes ini bertujuan untuk membujuk pihak akademi agar menambah kategori baru di penghargaan paling prestisius di industri perfilman tersebut, Best Stunt.

Namun perlu diingat bahwa kabar ini masih bersifat belum pasti. Sehingga, bisa saja aksi protes ini nantinya tidak akan terlaksana sama sekali. Namun kalaupun memang nantinya terjadi, sekali lagi, dapat dipahami mengapa aksi protes ini akan dilakukan.

Kami sendiri juga heran Chillers. Bahkan penghargaan Screen Actors Guild saja memiliki penghargaan yang khusus didekasikan ke adegan stunt yaitu: Outstanding Performance by a Stunt Ensemble in a Motion Picture dan Outstanding Performance by a Stunt Ensemble in a Television Series.

Lalu kenapa insitusi penghargaan yang paling tinggi seperti Oscar, tidak memberikan apresiasi yang serupa? Well, seperti yang diungkpkan di ScreenRant, sebenarnya coordinator stunt Hollywood, Jack Gill, telah menanyakan masalah ini ke pihak akademi.

Dan jawaban pihak akademi, alasannya karena sejauh tulisan ini diturunkan, hanya ada 95 stuntman yang terdaftar secara resmi di pihak akademi.

Padahal agar aktor atau stuntmant bisa diberikan kategorinya sendiri, mereka harus berjumlah minimal 100 orang. Jadi divisi stuntmant di akademi masih kurang 5 orang lagi.

Gill telah memastikan ke pihak akademi, bahwa dirinya pasti bisa mengisi kekurangan 5 orang tersebut. Alias bukan masalah. Namun kalaupun nantinya sudah sampai 100 pun, pihak tertinggi akademi akan me-review ulang lagi.

WOW sepertinya memang Hollywood kurang banget ya untuk mengapresiasi individu yang setiap harinya datang ke set untuk mempertahukan nyawa demi memberikan makan anak dan istri di rumah.

Ya mari kita berharap saja, semoga ke depannya mereka akhirnya bisa memberikan apresiasi yang sepantasnya. Sekarang, bagaimana pendapat Chillers dengan pembahasan ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here