‘Petualangan Menangkap Petir’, Hikayat Desa Buat Anak Terinspirasi

Belum lama kita disuguhkan film anak-anak ‘Kulari Ke Pantai’ pada Juni silam, kini film anak-anak terbaru, “Petualangan Menangkap Petir” kembali akan meramaikan layar lebar Indonesia.

Film karya sutradara Kuntz Agus (Surga yang Tak Dirindukan) ini bercerita tentang Sterling (Bima Azriel), seorang YouTuber cilik yang tinggal di Hong Kong dan akan berlibur ke rumah kakeknya di Selo, Boyolali, Jawa Tengah. Sebagai bintang YouTube yang memiliki ribuan pengikut, Sterling enggan meninggalkan rutinitasnya membuat video. Ia menganggap, pelanggan saluran YouTube-nya adalah teman-teman sejatinya.

Setelah tiba di desa yang berlokasi di kaki gunung Merapi itu, Sterling tinggal bersama eyangnya (Slamet Rahardjo), dan berkenalan dengan anak-anak di desa itu seperti Gianto alias Jaiyen (Fatih Unru), Neta (Zara Leola), Wawan (Jidate Ahmad), Kuncoro (Danang Parikesit) dan Yanto (Siswanto). Melalui kawan-kawan barunya, Sterling mengenal asyiknya berteman, berpetualang dan bermain. Mereka meminta Arifin (Abimana Aryasatya) dan Kriwil (Arie Kriting) mengajari cara membuat film yang terinspirasi dari cerita legenda Ki Ageng Selo, kisah Sang Penangkap Petir. Arifin yang katanya pernah membuat film kondang pada masanya, spontan menjadi rujukan Sterling dan Gianto untuk membantu mereka membuat film yang nantinya akan membuat desa itu penuh keceriaan.

Dengan teman-teman barunya, Sterling pun mengerti arti sahabat sejati yang tidak bisa ia temukan ketika dirinya menjadi Youtuber untuk menyapa para followernya setiap saat tanpa ada waktu.

Film bergenre drama komedi keluarga ini menambah deretan film anak yang berkualitas dan patut ditonton di tengah keringnya film bermutu untuk anak-anak. ‘Petualangan Menangkap Petir’ menghadirkan nuansa baru bagi anak-anak dengan memperkenalkan suasana desa dengan segala keindahan alam dan tradisi turun temurun yang diwariskan oleh para leluhurnya.

Banyak nostalgia ditampilkan disini, tampilnya film Jaka Sembung yang dibintangi Barry Prima diputar lewat layar tancep di tengah lapangan desa Selo, hadirkan mimik muka penonton yang terdiam terpaku serius, memunculkan flashback memori seketika itu juga, ketika era layar tancep masih menjadi prima dona di era ’80-’90-an.

Lewat layar tancep itu pula, pesan yang ingin ditonjolkan sangat nyata, di tengah era digital yang berkembang pesat sekarang ini, anak-anak diharapkan jangan melulu berkutat di media sosial sampai lupa punya ‘teman’ yang sesungguhnya. Keberanian untuk bermimpi juga harus mampu bersosialisasi secara aktif dan mampu berbuat sesuatu bagi sesama.

Film ‘Petualangan Menangkap Petir’ yang sangat inspiratif ini sudah bisa Chillers saksikan di bioskop terdekat di kota kamu.

 

Director: Kuntz Agus

Starring: Darius Sinathrya, Putri Ayudya, Bima Azriel, Fatih Unru, Arie Kriting, Zara Leola, Abimana Aryasatya, Arie Kriting, Slamet Rahardjo

Duration: 93 minutes

Score: 7.5/10

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here