‘Rampant’, Merebaknya Teror Zombie di Zaman Dinasti Joseon

0
241

Sekumpulan orang diam-diam berencana membeli senjata dari pedagang Belanda yang sedang merapat. Rencananya mereka akan menggunakan senjata itu untuk melawan Dinasti Qing dari Tiongkok yang kala itu berada menjajah Dinasti Joseon yang sedang memerintah di Korea.

Sebelum rencana itu berhasil, Kim Ja-Joon (Jang Dong Gun) yang merangkap sebagai Perdana Menteri, mencium niat busuk itu dan menggagalkannya. Raja Lee Jo (Kim Eui Sung) pun mendukung rencana itu dan segera menginterogasi mereka. Betapa terkejutnya setelah tahu dalang dari pemberontakan itu adalah putra mahkota sendiri (Kim Tae Woo) yang tak setuju atas rencana ayahnya dan akhirnya bunuh diri seketika itu juga.

Pangeran Ganglim (Hyung Bin), adik dari putra mahkota tiba beberapa hari kemudian bersama ajudannya Hak Soo (Jeong Man Sik), mereka pun terkejut melihat kota-kota ditinggal penghuninya dan melihat tumpukan orang-orang dibakar. Malamnya mereka tiba-tiba diserang pembunuh bayaran yang menyamar menjadi petugas kerajaan, tak lama setelah itu para zombie pun bermunculan tiba-tiba dari kegelapan dan mereka ditolong sekelompok pemberontak yang dipimpin oleh Park Jong Sa (Jo Woo Jin) dan adiknya Deok Hee (Lee Sun Bin) yang memberitahu kepada Pangeran Ganglim bagaimana situasi kerajaan sekarang.

Setelah susah payah berjalan, akhirnya Pangeran Ganglim bisa menghadap ayahnya, dan menyadari apa yang sedang terjadi dan siapa musuh di balik ini semua. Tapi zombie-zombie itu ternyata semakin banyak dan tak terkendali. Bisakah Pangeran Ganglim membasmi semuanya?

Rampant yang disutradarai oleh Kim Sung Hoon, menyatukannya lagi dengan aktor Hyung Bin dan penulis naskah Hwang Jo Yoon yang sebelumnya menggarap ‘Confidential Assignment’ (2017), di mana film ini meraih respon positif dari viewers.

Di film yang sebenarnya memiliki persamaan dengan ‘Train to Busan’ namun berbeda setting dan latar belakang ini sebenarnya tak terlalu istimewa bila kita bandingkan dengan film-film berlatar belakang sejarah Korea yang lain. Film-film seperti ini memang cenderung identik satu sama lain, kalau tidak dibawakan dengan gaya komedi, pastinya akan dibawakan dengan gaya thriller atau horor yang menggunakan basic cerita teori konspirasi. Basic yang sama ini membuat film-film seperti ini mudah sekali ditebak kemana arahnya walaupun ceritanya diputarbalikkan sedemikian rupa, karena cenderung monoton.

Perbedaannya dengan ‘Train to Busan’ ada di sisi emosional yang dalam dan latar belakang yang lebih masuk akal, eksekusinya pun bisa dibilang sudah dapat disamakan dengan film-film zombie modern seperti World War Z (2013), Three Flavours Cornetto Trilogy (2004-2013) dan Resident Evil Saga (2002-2016). Di ‘Rampant’, elemen-elemen ini masih kurang sedikit digali, cerita lebih banyak berkutat di konspirasi, sedangkan elemen zombie hanya sebagai tambahan saja.

Awal mula adanya zombie pun hanya terlihat dari kapal dagang Belanda yang ternyata salah satu awaknya terpaksa dipenjara dalam kapal karena tampak tertular dan memiliki perilaku berbeda. Dari situ bisa ditebak, kalau nantinya orang itu akan menularkan ke orang lain yang digigitnya dan seterusnya. So simple like that.

Premis yang cenderung pasaran ini dikuatkan oleh struktur cerita yang bisa dibilang khas Korea, senang memberi plot dan twist pada hampir tiap filmnya, namun untuk Rampant, elemen ini justru tergolong mudah dicerna. Buat kamu yang sudah pernah menonton Monstrum (2018), film ini mempunyai plot dan twist yang relatif sama. Justu dalam film ini, kita akan dihibur oleh penampakan zombie-zombie dengan wardrobe klasik yang sulit kita jumpai dalam film-film sekarang ini.

Penampilan istimewa diperlihatkan Jang Dong Gun yang sekarang lebih banyak hadir dalam serial TV di Korea. Sebagai aktor senior yang sudah malang melintang lewat film-film popular seperti Friend (2001) dan Tae Guk Gi (2004), Jang Dong Gun kini hadir dengan perawakan berbeda, berperan sebagai Kim Ja-Joon terkesan dingin, gelap dan penuh misteri. Terlebih dengan tema zombie yang sekarang lagi tren, akan membuat namanya terangkat lagi.

Duetnya kali ini dengan Hyun Bin memang padu. Hyun Bin yang mulai terangkat lewat serial TV Secret Garden (2010-2011), dan film-film seperti The Swindlers (2017) dan The Negotiation (2018), memang tak diragukan lagi. Perannya sebagai Pangeran Ganglim terasa pas, bahkan lebih bagus dibandingkan saat bermain di ‘The Negotiation’. Wardrobe sang pangeran pun sangat sesuai dengan ceritanya, dengan tampilan changsan khas Tiongkok ketika pertama kali muncul, dandanannya langsung berubah seketika dengan hanbok khas Korea kala menghadap ayahnya, memang sangat keren. Keahliannya membaca situasi dan jago menggunakan pedang, bermanfaat juga ketika pulang untuk menghadapi para zombie itu.

Buat kamu yang menyenangi film bertema zombie, pastinya akan menyukai film ini. CGI yang mulus, tebasan pedang disertai muncratan darah dan koreografi yang keren, meramaikan film ini dari awal, pastinya memberikan nuansa berbeda dari kebanyakan film-film zombie modern.

Film keren ini masih bisa Chillers saksikan di bioskop-bioskop terdekat di kota kamu.

 

Director: Kim Sung Hoon

Starring: Hyun Bin, Jang Dong Gun, Jo Woo Jin, Jeong Man Sik, Lee Sun Bin, Kim Eui Sung, Jo Dal Hwan, Kong Jung Hwan, Seo Ji Hye, Han Ji Eun

Duration: 129 Minutes

Score: 7.7/10

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here