Review Film “Natsume Yujin-Cho the Movie: Ephemeral Bond”

0
463

Sejak masih kecil, Takashi Natsume (Hiroshi Kamiya) telah mampu melihat apa yang tidak bisa dilihat oleh orang lain, yaitu melihat roh-roh mengerikan yang dikenal sebagai Yokai. Pada zaman dahulu, Reiko Natsume yang merupakan nenek dari Takashi, selalu mempunyai kebiasaan menantang setiap Yokai yang ditemuinya untuk berlomba, dan Yokai yang kalah harus menandatangai kontrak, mengikat nama mereka pada “Yujin-cho” atau buku pertemanan. Sejak sang nenek meninggal, Natsume mewarisi bukunya, bersama dengan Nyanko Sensei (Kazuhiro Inoue), pengawal pribadinya yang mempunyai wujud kucing lucu dan gendut. Natsume pun menghabiskan hari-harinya dengan mencoba mengembalikan nama-nama dalam buku itu kepada pemilik roh-roh tersebut.

Kesibukannya bertambah, sibuk menghubungkan manusia dengan Yokai ketika ia secara tidak sengaja bertemu kembali dengan teman lamanya, Daisuke Yuki. Pertemuan tersebut membawa kembali kenangan masa kecilnya yang menyakitkan dari Yokai pada waktu itu. Sementara itu, Natsume juga berkenalan dengan Yorie Tsumura, seorang wanita paruh baya yang ada dalam ingatan seorang Yokai yang namanya telah dia kembalikan. Yorie Tsumura (Sumie Shimamoto) tahu banyak tentang Reiko, tetapi sekarang Reiko menjalani kehidupan yang damai dengan putra satu-satunya, Mukuo Tsumura (Kengo Kora). Bersama keluarga ini, Natsume merasakan kedamaian, tapi ternyata Yokai misterius mengintai Natsume dari kejauhan.

Dalam perjalanan kembali dari penyelidikan, “benih Yokai” ternyata menempel pada Nyanko Sensei dan jatuh ke kebun rumah Natsume. Keesokan harinya pohon besar tumbuh di halaman rumahnya dan pohon itu berbuah dengan bentuk serupa dengan tubuh Nyanko Sensei. Tak tahan melihat buah itu, Nyanko Sensei pun memakan buah itu dan keesokan hari, tiba-tiba tubuh Sensei terbelah menjadi tiga anak kucing!

Misteri ini tambah membuat Natsume bingung bukan main. Dirinya lantas meminta bantuan Inu no Kai, sekelompok Yokai yang sudah lama menjadi teman-temannya dan Kaname Tanuma (Kazuma Horie), salah seorang teman terdekatnya untuk menjaga ketiga anak kucing Sensei tersebut dan berusaha mencari penyebab kejadian misterius itu.

Film yang diangkat dari manga karya Yuki Midorikawa ini memang merupakan karya masterpiece dari Yuki. Pembawaan tiap karakternya yang lembut dan menyentuh hati memang berkesan bagi sebagian fans beratnya di serial manga. Natsume Yujin-Cho pertama kali diangkat ke serial animasi TV sejak 2008 dan berlangsung selama enam musim hingga 2017!

Kini, dalam film panjang perdananya, Natsume Yujin-Cho akan membawa segala keotentikan yang ada di versi serialnya. Yuki sendiri mengawasi sendiri proses penulisan naskah film ini yang dikerjakan oleh Sadayuki Murai dan hasilnya sangat luar biasa. Ceritanya dari awal mengalun pasti, dengan sedikit prolog yang dijelaskan Natsume mengenai dirinya dan karakter di sekelilingnya. Cara yang terbilang sangat efektif dan cerdas bagi newbie penikmat anime yang belum paham dengan cerita dan karakter utamanya.

Takahiro Ômori yang menjadi salah satu sutradara film ini memang menjadi jaminan film ini akan sejalan dengan serialnya. Ômori sendiri memegang sebagian besar penyutradaraan serial animasi TV-nya. Sebanyak 55 episode selama enam musim ia sutradarai dan bisa dipastikan filmnya sendiri tak beda jauh dengan animasi TV-nya.

Untuk alur ceritanya sendiri dari awal sudah terlihat mulai bercabang, walaupun masih agak samar. Menuju pertengahan film, kita mulai digiring menuju beberapa permasalahan yang sebenarnya hanya beberapa saja yang terlihat penting. Di akhir film baru terlihat kalau konklusinya diselesaikan satu per satu, tanpa ada yang tertinggal. Yang tetap jadi misteri dari film ini dan serial anime TV-nya adalah masa lalu Natsume yang tidak mengenal sama sekali kakeknya, malah sang nenek yang memegang peranan penting, dijelaskan agak detil. Walaupun ada isu kalau Sensei itu sebenarnya adalah kakek dari Natsume, hal itu tak serta merta diceritakan dalam filmnya kali ini.

Dengan tampilan klasik khas anime Jepang, editing yang mulus, visualisasi adegan yang indah, dan cerita yang solid hingga akhir, film perdana Natsume Yujin-Cho ini sangat berkesan dan sangat wajib kamu tonton.

Film ini sudah bisa Chillers saksikan di bioskop-bioskop terdekat di kota kamu mulai 26 November 2018.

 

Director: Hideki Itou, Takahiro Ômori

Starring: Hiroshi Kamiya, Kazuhiro Inoue, Sumie Shimamoto, Kengo Kora, Kazuma Horie, Sanae Kobayashi, Rina Satou, Miki Itou, Ryohei Kimura

Duration: 104 Minutes

Score: 8.5/10

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here