Ketika tulisan ini diturunkan, kami yakin banget banyak dari kita yang sudah mendengar kabar dari penunjukan pemeran vampir romantis Edward Cullen di franchise “Twilight”, Robert Pattinson, sebagai Batman baru di proyek film “The Batman” yang akan dirilis pada 25 Juni 2021 mendatang.

Dan pastinya banyak dari kita juga yang sudah melihat komen-komen yang sedikit pro dan banyak kontra dari warganet terhadap kabar yang cukup mencengangkan seluruh audiens dan fanboy ini. Dan berikut adalah beberapa contoh dari komen-komen pro dan kontra yang dimaksud tersebut.

Yap Chillers. Itulah beberapa contoh respon pro-kontranya. Dan memang pada dasarnya setiap individu bebas untuk mengemukakan pendapatnya.

Tapi yang menjadi masalahnya disini, pemberian komen-komen negatif ini serupa banget dengan kebanyakan kasus pengumuman aktor yang akan memerankan karakter ikonik lainnya saat ini. Intinya, apabila audiens atau fanboy merasa aktor yang ditunjuk tidak sesuai, langsung deh mereka bertindak tidak karuan.

Mungkin awalnya hal ini terlihat seperti fans yang memang passionate dan care dengan favorit mereka. Namun yang perlu Chillers ingat, bedanya sangat tipis antara care dan frontal sempit. Dan yap, kasus serbuan komen negatif yang dialami Pattinson dan sebagian besar aktor lain yang dirasa tidak cocok saat ini, lebih cenderung mengarah ke frontal sempit.

Hanya Didasari Resume Lama Saja

Mengapa kami katakan demikian? Pasalnya hampir sebagaian besar serbuan komen negatif yang kini diberikan audiens dan fans, hanyalah didasari dari tampang dan yang paling utama;“resume” lamanya saja.

Pattinson diserang fans karena “resume” mengecewakan yang didapatnya pasca memerankan Edward di Twilight Saga. Dan ya sisanya dikarenakan tampangnya yang dirasa tidak pas sebagai Bruce Wayne baru. Oh ya hampir ketinggalan, juga postur fisiknya yang tidak terlihat kekar dan intimidatif untuk memerankan Batman.

Padahal kalau ditelaah lagi, Pertama seperti yang ditegaskan di awal, kabar penunjukan ini belum resmi-resmi banget. Kalaupun sudah resmi, ingat lagi bahwa “The Batman” baru akan dirilis di tahun 2021!

Jadi kalau kita mau memasalahi tampang dan postur tubuh, masih ada waktu sekitar 2 tahun lebih sedikit bagi Pattinson untuk mengekarkan tubuhnya dan mempekerjakan tim make-up yang mumpuni. Kedua masalah resume buruk di ‘Twilight’, hey Chillers! Semua aktor (bahkan legenda seperti Al Pacino pun) pernah memiliki 1-2 film buruk di resume mereka.

Dan kalau kita melihat lagi tanpa emosi, keterpurukan ‘Twilight’ Saga memang karena naskah ceritanya saja yang cheesy. Namun aktor-aktor yang memerankan (ya terkecuali Kellan Lutz dan Taylor Lautner), adalah aktor dan aktris yang memiliki bakat akting mumpuni. Dan Pattinson adalah salah satunya.

Bahkan pemeran Hermione Granger di franchise fantasi ‘Harry Potter’, Emma Watson saja pernah mengungkapkan bahwa ketika memerankan Cedric Diggory di “Harry Potter and the Goblet of Fire” (2005), sudah terlihat banget di mata Watson dan cast Harry Potter lainnya kalau aktor asal London, Inggris, ini adalah sosok yang sangat berbakat. Jadi dari pernyataan Ms. Granger ini, rasanya sudah jelas bahwa bakat akting Pattinson sudah tidak perlu diragukan lagi.

Keren Penampilannya di Proyek Film Lainnya

Nah masalahnya disini Chillers, sebagian besar audiens yang komplain, hanyalah melihat dari penampilannya sebagai Cullen di Twilight saja. Padahal apabila kita menyaksikan film-film lain yang dibintanginya hingga detik ini, otak dan mata kita akan terbuka lebih lebar lagi.

Pattinson sangatlah maksimal dalam memerankan karakter yang diperankannya. Mau itu menjadi protagonis, antagonis, film drama, film komedi, aktor berusia 33 tahun ini selalu memukau. Jadi apa bedanya nanti kalau ia memerankan Bruce Wayne atau Batman? Kami yakin ia akan tampil dengan sama maksimalnya juga dan bahkan kami berani katakan, bakalan keren banget.

Kalau perlu bukti lebih jauh, coba deh kalian nonton film drama Cosmopolis (2012). Di film arahan David Cronenberg (The Fly) ini, Pattinson memerankan sosok biliyuner yang memiliki kepribadian introvert dan kompleks banget. Persis bukan seperti Bruce dan alter-ego superhero-nya, Batman?

Ingat Ben Affleck & Michael Keaton

Michael Keaton
Ben Affleck

Kalian juga musti ingat Chillers. Kasus pencercaan yang dialami Pattinson saat ini mirip banget dengan yang dialami oleh dua pemeran Batman sebelumnya: Michael Keaton (Batman Returns) dan Ben Affleck (Batman V Superman: Dawn of Justice).

Affleck seperti kita tahu dicerca habis-habisan pasca diumumkan di tahun 2014-2015. Dan sama seperti Pattinson, cercaan yang didapatkan Affleck sebagian besar didasari oleh penampilannya sebagai Matt Murdock aka Daredevil di “Daredevil” (2003).

Dan Keaton dicerca akibat reputasinya yang lebih sering tampil di film-film komedi atau rom-com di awal karirnya. Terlepas cercaan panas tersebut, toh ketika akhirnya film Batman masing-masingnya keluar, audiens dan fans yang mencerca pun langsung tertegun menganga sendiri. Bahkan keduanya kini dianggap sebagai dua aktor Batman terbaik sepanjang masa. Pattinson memiliki peluang sama besarnya untuk memberikan kejutan besar serupa.

Stop Bully & Tunggu Saja Hasil Akhirnya!

Nah berdasarkan argumen-argumen yang telah diungkapkan, maka selain bisa disimpulkan bahwa Pattinson sangat berpeluang untuk mengejutkan kita semua sebagai Batman, juga bisa disimpulkan bahwa ada baiknya bagi kita untuk tidak memandang negatif atau skeptis dulu.

STOP BULLYING HIM! Filmnya saja atau lebih spesifiknya, screenshot-nya saja belum dirilis. Selain itu sekali lagi penunjukan Pattinson belum 100% resmi! Kalaupun memang sudah resmi, ya sudah. Toh tidak mungkin pihak Warner Bros dan DC memilih aktor berzodiak Taurus ini secara asal bukan?

Lebih jauhnya berdasarkan laporan dari THR yang dilansir oleh Comicbook, mau itu Pattinson atau siapapun nanti aktor yang akan memerankan The Cape Crusader, dirinya akan melewati proses casting yang sangat panjang (ada tahap-tahapnya). Sehingga ya belum tentu juga Pattinson lolos di seluruh tahapannya.

Jadi sekali lagi kami sarankan agar kita tanggapi saja kabar ini dengan biasa-biasa saja. Boleh memang merasa agak “gimana” tapi di saat yang sama, mohon untuk tetap open-minded juga dalam menanggapinya. Dan yang lebih penting Chillers, kita tunggu saja update serta cuplikan screenshot pertamanya saat sudah keluar, oke?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here