Jelang akhir tahun sebuah film yang diangkat dari urban legend masyarakat Betawi akan tayang. Film yang berjudul Si Manis Jembatan Ancol ini merupakan reboot dari film terdahulunya yang sukses di tahun 1973. Kini di tahun 2019, film yang mengisahkan tentang sosok Maryam di sutradarai oleh Anggi Umbara dan diproduksi oleh MVP Pictures dan Umbara Brothers Film.

Pada Kamis (31/10) lalu para pemain dan tim produksi memperkenalkan wajah baru dari Si Manis Jembatan Ancol dengan merilis sebuah trailer, yang sekaligus merilis poster resmi dari film yang dibintangi aktris muda tanah air, Indah Permatasari sebagai Si Manis atau Maryam. Sebelumnya penikmat film tanah air sudah dibuat penasaran dengan filmnya lewat sebuah teaser trailer yang dirilis awal Oktober lalu.

Kini lewat trailer berdurasi sekitar 3 menit 21 detik yang dirilis 31 Oktober 2019 lalu mulai memunculkan potongan adegan yang menjadi sebuah clue dari filmnya. Utamanya sosok Si Manis atau Maryam yang terlihat mengerikan. Sosok yang berbeda untuk sebagian masyarakat yang lebih mengenalnya lewat sinetron yang tayang di tahun 90-an.

Anggi Umbara sebagai penulis sekaligus sutradara memang me-reboot dari film di tahun 1973 yang menggambarkan sosok Maryam yang sebenarnya atau berdasarkan urban legend masyarakat Betawi. Bukan berdasarkan sinetron yang tayang di tahun 90-an, menurut Umbara sinetronnya justru menyamarkan kisah asli dari Maryam yang sebenarnya sosok wanita terhormat yang selalu mengenakan pakaian kebaya bukan dalam sinetron saat itu diperankan Diah Permatasari dan Kiki Fatmala yang justru terkesan seksi.

Menambah kesan dramatis dan mendukung dari kengerian dan horor untuk sosok Si Manis atau Maryam sekaligus beberapa adegan lainnya, Anggi dan Bounty Umbara menggunakan teknik CGI. Meski diungkap keduanya tidak semua menggunakan teknik CGI melainkan dilakukan secara langsung dan lainnya merupakan gabungan keduanya dengan proses yang panjang dan melelahkan.

Dari trailernya yang memperlihatkan dengan jelas untuk adegan saat kain merah yang seolah bergerak sendiri mendekati karakter Yudha Mahesa yang diperankan oleh Randy Pangalila. Bounty mengatakan untuk adegan ini dirinya dan tim melakukan kerja keras karena dibuat secara langsung atau manual. CGI sendiri jelas terlihat ketika wajah seram dari Si Manis ketika menghantui orang-orang yang membunuhnya.

Sedangkan sosok Si Manis atau Maryam, Anggi Umbara sudah lama percayakannya pada sosok Indah Permatasari. Selama ini film yang dimainkan oleh Indah memang selalu drama cinta yang cenderung mellow. Hal itu justru membuat Anggi percaya bahwa ada sisi lain dalam akting yang belum dimaksimalkan dari sosok Indah. Itu juga yang membuatnya yakin sosok asli dari Maryam di filmnya tahun 1973 yang diperankan Lenny Marlina akan tergambar lagi lewat Indah Permatasari di Si Manis Jembatan Ancol terbaru ini.

Untuk mengingatkan dari sisi sinetron yang sukses di tahun 90-an, Anggi Umbara menghadirkan kembali sosok Ozy Syahputra. Film kali bukan mengadaptasi dari sinetron tetapi filmnya di tahun 1973 untuk itu sosok Ozy Syahputra justru memerankan karakter penjahat yang sadis dan bengis. Bukan lagi sosok hantu kemayu yang menjadi sahabat dari Si Manis bernama Karina.

Untuk poster dari ‘Si Manis Jembatan Ancol’ kali ini pun tidak dibuat “aneh-aneh” oleh MVP Pictures dan Umbara Brothers Films. Kesan dark dari sisi horor tetap menjadi utama dengan warna hitamnya. Namun kesan misterius dan ngeri dihadirkan dengan sosok Indah Permatasari sebagai Si Manis atau Maryam berdiri di tengah jembatan dengan mengenakan gaun merah.

Warna yang memang sebenarnya menjadi identik dengan Maryam dalam kisah urban legend di tengah masyarakat Betawi saat itu. Sesuai cerita masyarakat Betawi, kehidupan Maryam yang saat itu masih dalam masa penjajahan diketahui sering menggunakan Kebaya khususnya warna merah tersebut.

Film ‘Si Manis Jembatan Ancol’ akan tayang pada liburan akhir tahun tepatnya 26 Desember 2019.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here