“It’s okay to be scared. In order to be brave, you’ve got to be a little scared.” –  Will Sawyer.

Ditilik dari judulnya saja, Chillers pastinya sudah mengerti kalau tema yang diangkat pastinya mengenai gedung pencakar langit yang dalam promotional poster-nya terlihat Dwayne Johnson bergelayutan di ketinggian sebuah gedung.

Dan memang film ini menceritakan eks agen FBI, Will Sawyer (Dwayne Johnson) yang tinggal bersama keluarganya di sebuah gedung tertinggi dan teraman di dunia. Dalam gedung yang diberi nama ‘The Pearl’ ini, Will menjadi konsultan keamanan bagi gedung tersebut atas rekomendasi teman dekatnya yang bekerja di gedung itu, Ben (Pablo Schreiber) dan penilaiannya terhadap gedung inipun selama ini terlihat baik-baik saja dan tak ada masalah.

Will yang terpaksa diamputasi kakinya, memakai kaki palsu akibat kasus yang ditanganinya 10 tahun silam, meyakinkan sang pemilik gedung, Zhao Long Ji (Chin Han) akan keamanan gedung ini dan akses penuh lewat tablet pun diberikan sang pemilik untuk mengontrol gedung secara keseluruhan.

Yang tak disangka-sangka, segerombolan teroris yang dipimpin oleh Kores Botha (Rolland Moller), berhasil menerobos gedung tersebut secara diam-diam dan berusaha mengambil alih gedung dengan cara membakar satu lantai yang kebetulan ditempati oleh anak dan istri Will, Sarah Sawyer (Neve Campbell).

Ternyata rencana matang ini juga merembet saat kedua pencopet berusaha ingin merebut tablet yang berisi akses keamanan ‘The Pearl’ yang dimiliki Will. Namun kegagalan itu berimbas pada pengkhianatan sang partner, Ben untuk menguasai gedung tersebut dan membunuh Will beserta keluarganya.

Film yang ceritanya memiliki paduan senada dengan The Towering Inferno (1974) dan Die Hard (1988) ini memang sangat menjanjikan kalau dilihat kemasannya. Gedung ‘The Pearl’ yang disajikan dalam Skyscraper tampak nyata dan seolah-olah memang eksis keberadaannya. Dengan sajian kekinian dan dikemas dengan menggunakan teknologi maju yang modern, kita akan melihat betapa advance-nya gedung ini disajikan di depan mata kita.

Namun di lain sisi, cerita yang diangkat dan disutradarai oleh Rawson Marshall Thurber (We’re The Millers, Central Intelligence) ini tergolong dangkal begitu juga dengan pendalaman karakter utamanya yang tergolong lemah. Dalam film non komedi pertama yang dibuatnya ini, karakter Will bahkan masih terlihat begitu superior (bahkan dengan kaki buatan yang dipakainya). Tak ada tantangan berarti yang Will hadapi (kecuali ketika berhadapan ‘duel fight’ dengan Ben), begitu pula dengan karakter teroris yang tak jelas latar belakangnya dalam menyerbu ‘The Pearl’, namun dengan tiba-tiba dapat menerobos gedung itu dengan mudahnya tanpa perlawanan, sangat tidak masuk akal.

Namun sebagai penikmat film yang tak ingin dipusingkan dengan segala hal di atas, film ini dapat menghibur Chillers dengan aksi yang disuguhkan Dwayne Johnson di puncak gedung bertingkat dengan pemandangan Hongkong dari atas. Dan film ini dapat kamu saksikan di bioskop terdekat di kota kamu.

Director: Rawson Marshall Thurber

Starring: Dwayne Johnson, Neve Campbell, Pablo Schreiber, Chin Han, Rolland Moller, Hannah Quinlivan, Kevin Rankin

Duration: 112 minutes

Score: 6.3/10

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here