‘Spider-Man: Into the Spider-Verse’, Film Spidey Terbaik yang Pernah Ada

“My name is Miles Morales. I’m the one and only Spider-Man. At least that’s what I thought.” – Miles Morales.

Miles Morales (Shameik Moore), seorang remaja Afro-Amerika dengan ibu berdarah latin tinggal di daerah Brooklyn, New York bersama ayahnya, Jefferson Davies (Brian Tyree Henry) yang bekerja sebagai polisi dan ibunya yang bekerja sebagai perawat (Lauren Velez). Dirinya juga berkenalan dengan paman Aaron (Mahershala Ali) yang memperkenalkannya dengan dunia graffiti di lorong subway bawah tanah. Sebagai remaja yang sedang mencari jati dirinya ini, Miles secara tak sengaja digigit laba-laba radioaktif, lalu dia menyadari adanya perubahan yang terjadi di seluruh tubuhnya.

Setelah Miles digigit, ia menjadi saksi matinya Spider-Man oleh Kingpin (Liev Schreiber) yang ingin mengaktifkan supercollider untuk alasan tertentu. Kingpin membuka celah di alam semesta yang menghubungkan Miles tidak hanya dengan Peter Parker (Chris Pine) dan Peter Parker yang lain (Jake Johnson), tetapi juga banyak Spider-Man di universe lain yang saling terhubung.  

Miles pun kini harus bergantung pada Spider-Man, Gwen Stacy/Spider-Woman (Hailee Steinfeld) , Spider-Noir (Nicholas Cage), Spider-Ham (John Mulaney), Peni Parker (Kimiko Glenn), yang berasal dari universe lain untuk sama-sama menyelamatkan dunia.

Pada awalnya, film ini terasa tak meyakinkan, dengan alur cerita yang sedikit lambat, namun karakter Miles dikembangkan sedemikan lupa. Walaupun notabene karakter ini belum dikenal luas, Miles yang mempunyai perawakan dan kelakuan serupa dengan Peter Parker yang pernah kita lihat di versi layar lebar, mulai dari Tobey Maguire, Andrew Garfield dan Tom Holland, akan cepat meraih simpati. 15 tahun lebih kita dihibur dengan Peter Parker yang berbeda, semua memiliki formula yang relatif sama, namun dalam ‘Spider-Man:Into The Spider Verse’, kamu akan dibuat berdecak kagum dengan cerita yang diberikan.

Film ini sangat fresh, sangat lucu di setiap aspeknya dan juga memberikan sesuatu yang berbeda dan belum pernah kita lihat sebelumnya, baik di dunia animasi maupun versi live action. Buat penonton newbie, kita akan berkenalan dengan karakter baru, Miles Morales, yang tentunya akan menambah knowledge kita akan pemahaman dunia Spider-Man yang ternyata lebih luas dari dugaan kita sebelumnya.

Di tangan sutradara Bob Persichetti, Peter Ramsey, dan Rodney Rothman, film ini memberi gambaran dari alam semesta yang dikenal dan tidak dikenal dengan animasi terkini dengan CGI yang dikombinasikan dengan grafik ala komik. Dunia Miles dibingkai dengan guratan garis warna-warna dan titik yang mereplikasi tiap halaman demi halaman dalam scene, dengan ilusi gerakan yang sedap dipandang mata. Spider-Verse secara konsisten memesona kita dari frame ke frame hingga akhir, bahkan menembus batas imajinasi kita akan visualisasi kartun saat ini.

Tentunya hal ini merupakan usaha yang berani dilakukan untuk mendorong batas-batas artistik yang diberikan kepada audiens-nya agar secara keseluruhan film ini terlihat memorable dan hal itu berhasil diwujudkan.

Dalam ‘Spider-Man: Into The Spider Verse’, seperti halnya di film-film Marvel, kita akan melihat aksi terakhir ikon Marvel, Stan Lee (yang meninggal pada bulan November di usia 95 tahun) sebagai cameo. Di film ini, Stan Lee berperan sebagai penjual kostum Spiderman kepada Miles. Melihat Stan terakhir kalinya dalam sebuah film akan menyisakan kenangan tersendiri buat kita pecinta karya-karyanya.

‘Spider-Man: Into The Spider Verse’ juga tak ketinggalan diisi sejumlah soundtrack keren dari Elliphant, Run-DMC, The Notorious B.I.G., James Brown dan juga Nicki Minaj.

Buat Chillers penyuka karakter Marvel, terutama Spider-Man, jangan ketinggalan menonton film animasi Spider-Verse yang keren abis ini. Manjakan mata kamu lewat visualisasi indah dan cerita yang belum pernah kamu lihat di film animasi lain dan temukan sesuatu yang menarik setelah post credits selesai.

Film ini sudah bisa kamu saksikan mulai hari ini di bioskop-bioskop terdekat di kota kamu.

Director: Bob Persichetti, Peter Ramsey, dan Rodney Rothman

Starring: Shameik Moore, Hailee Steinfeld, Jake Johnson, Nicholas Cage, John Mulaney, Kimiko Glenn, Liev Schreiber, Brian Tyree Henry, Mahershala Ali, Zoe Kravitz, Lily Tomlin, Chris Pine

Duration: 117 Minutes

Score: 9.0/10

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here