‘The Grinch’, Kembalinya Karakter Grinch Dalam Wujud Animasi

234

“Today we will do mean things, *and* we will do them in style!” – Grinch.

Illumination kembali lagi menghibur layar lebar dengan film animasi terbarunya, ‘The Grinch’. Sosok yang pernah dihidupkan dalam versi live action oleh Jim Carrey dalam “How The Grinch Stole Christmas” pada tahun 2000 ini memang sangat dirindukan, terlebih bagi mereka yang sempat mengalami masa itu. Tokoh imajiner karya Dr. Seuss yang pertama kali muncul sejak 1955 ini memang tak banyak berbeda, setelah 18 tahun vakum, wujud Grinch yang berbentuk buah pir berwarna kehijauan dengan bulu-bulu halus di sekujur tubuhnya ini tetap setia pada pakem aslinya dan hampir tak ada perubahan yang berarti. Sosok yang biasanya hadir menjelang hari Natal ini memang dikenal sebagai tokoh yang membenci perayaan Natal.

Kini di film animasi panjangnya yang kedelapan, kita tetap akan melihat sosok The Grinch (diisi suaranya oleh Benedict Cumberbatch) yang hidup menyendiri di dalam gua di Gunung Crumpet dan ditemani anjing setianya, Max. Di dalam gua itu, sejumlah peralatan dan penemuan unik dari Grinch menghiasi seluruh interior ruangan tanpa kecuali.

Grinch yang kehabisan stok makanan sehari-hari, mau tak mau turun gunung ke Kota Whoville untuk membeli makanan. Ditemani Max, Grinch yang sangat membenci perayaan Natal, melihat kesibukan penduduk kota dalam menyiapkan pesta Natal, tergerak rasa usilnya untuk menggangu setiap penduduk yang ia jumpai. Hal itu dilakukannya tanpa ekspresi ketakutan, bahkan malah terlihat senang bisa menggangu setiap orang.

Rencananya untuk mengganggu penduduk Whoville semakin berlipat ketika salah seorang tetangganya, Bricklebaum (Kenan Thompson) merencanakan akan membuat perayaan Natal tiga kali lipat lebih besar di tahun ini. Sampai pada akhirnya ia bertemu seorang anak, yang beda dari anak-anak lainnya dan akan merubah semuanya, termasuk perayaan Natal di kota Whoville.

‘The Grinch’ terbaru ini memang terasa lebih fresh, dan tidak kusam seperti tampilan ‘The Grinch’ terdahulu. Sentuhan Illumination tampak khas pada pemilihan warna yang lebih cerah dan lebih berwarna. Terlihat jelas pada Kota Whoville dan rumah penduduknya yang tampil dengan warna-warna yang eye-catchy, tak ketinggalan detil bulu-bulu Grinch kali ini terlihat sangat halus ketika sedang di-treatment.

Kehadiran Yarrow Chesney di bangku sutradara yang pernah menggarap film Illumination sebelumnya, ‘The Secret Life of Pets’ (2016) memang memberi sentuhan tersendiri untuk ‘The Grinch’ terbarunya kali ini, namun alur cerita yang tidak terlalu berbeda dari film-film sebelumnya akan membuat penonton dewasa yang pernah menonton film ini akan merasa jenuh dan bosan. Tapi tentunya kebahagiaan anak-anak menjelang Natal jauh lebih dipentingkan dan akan diceriakan oleh film animasi bertema Natal yang sarat pesan seperti ‘The Grinch’ ini.

Seperti halnya film terdahulu, kini narasi film akan dibawakan oleh Pharrell Williams dan munculnya theme song “Happy” ciptaannya, menandai untuk ketiga kalinya lagu ini disertakan dalam film garapan Illumination setelah ‘Despicable Me 2’ (2013) dan ‘The Secret Life of Pets’ (2016).

Sebagai kejutan, akan hadir film animasi pendek sebelum film dimulai, jadi segera tonton The Grinch di bioskop-bioskop terdekat di kota kamu mulai hari ini.

 

Director: Yarrow Cheney, Scott Mosier

Starring: Benedict Cumberbatch, Angela Lansbury, Cameron Seely, Kenan Thompson, Pharrell Williams, Rashida Jones, Tristan O’Hare, Scarlett Estevez

Duration: 90 Minutes

Score: 6.5/10

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here