Salah satu film blockbuster Bollywood kini sedang menghiasi layar lebar di Indonesia. Film yang diangkat dari novel fiksi karya Philip Meadows Taylor pada tahun 1839, “Confessions of a Thug” ini menceritakan sepak terjang seorang preman bernama Ameer Ali dan gengnya, yang meneror penjajah Inggris di India antara tahun 1790 dan 1805.

Kisahnya sendiri dimulai pada tahun 1795, ketika East India Company (EIC) yang merupakan firma dagang Kerajaan Inggris mulai mencaplok satu per satu kerajaan yang ada di Hindostan (nama lain India). Kerajaan Raunakpur yang diperintah oleh Raja Mirza (Ronit Roy) merupakan kerajaan terakhir yang belum tunduk pada Inggris. Sampai pada akhirnya John Clive (Lloyd Owen) yang merupakan perwakilan EIC berhasil menipu sang raja dan membunuh Raja Mirza dan permaisurinya.

Sebelum membunuh anak perempuan raja, Zafira, diselamatkan oleh sang jenderal Raunakpur, Khudabaksh Azaad (Amitabh Bachchan) yang mendadak menerobos barikade pasukan Inggris sendirian dan membawa kabur Zafira keluar dari istana.

11 tahun kemudian, Zafira (Fatima Sana Shaikh) telah tumbuh dewasa, dan Azaad yang mengurus Zafira selama ini, terus melakukan perlawanan tanpa henti kepada Inggris bersama pasukan yang dimilikinya. Scene kemudian berpindah ke Firangi Mallah (Aamir Khan), seorang informan licik yang bekerja untuk pihak Inggris dan bangsanya sendiri demi beberapa koin emas.

Kelihaiannya ini dimanfaatkan pihak Inggris untuk masuk menyelinap ke pihak Azaad, namun tak semudah itu Firangi dapat meraih simpati Azaad, bahkan setelah dirinya menolong Zafira dari tembakan peluru yang ditembakkan tentara Inggris saat ketiganya berada dalam satu kapal. Setelah kejadian itu bisakah Firangi dipercaya oleh Azaad?

Ditilik dari trailer filmnya yang beredar mulai satu bulan silam, ‘Thugs of Hindostan’ sempat memberikan beberapa kejutan lewat adegan aksi yang mencengangkan dengan background story ala bajak laut seperti yang pernah kita lihat di saga Pirates of the Caribbean.

Benar saja, dalam tayangan perdana film ini, apa yang disuguhkan dalam trailer itu tak berbeda jauh. Amitabh Bachchan yang memerankan Khudabaksh Azaad tampil penuh pesona dan kharisma, muka gahar dengan brewok dan rambut gondrong keputihan dipadukan dengan kostum kulit ala bajak laut, lengkap dengan dua pedang yang disarungkan di punggung. Yang sedikit agak mengganggu adalah tampilan dari Aamir Khan yang sangat jelas mengingatkan kita akan Captain Jack Sparrow di Pirates of the Caribbean. Walaupun kostum yang dikenakannya berbeda, namun make-up, aksesoris, gesture dan caranya berbicara cenderung identik dengan tokoh yang diperankan oleh Johnny Depp itu.

Fatima Sana Shaikh yang pernah tampil memukau bersama Aamir Khan lewat Dangal (2016), kini lewat peran Zafira, sebenarnya tampil baik, dari segi koreografi dan aksi combat-nya tak kalah piawai, namun sebagai pemeran ‘sidekick’, dirinya terpaksa harus mengalah terhadap dua aktor besar Bollywood itu.

Karakter Suraiyya yang diperankan oleh Katrina Kaif juga tak kalah menghebohkan. Katrina yang tampil di banyak film besar Bollywood sebagai pemeran utama, kini tampil sebagai penari yang tampil seksi sebagai wanita penghibur bagi penjajah Inggris. Sebagai wanita penggoda, Katrina tampil sangat memikat dan menghibur kita lewat dua lagu utama disertai tarian super masif yang hadir sehabis post intermediate. Sayangnya kostum yang dikenakannya saat menari tak sesuai dengan latar belakang film. Katrina malah menggunakan short pants atau celana pendek alih-alih dress atau celana panjang yang dirasa mewakili era awal abad-19 tersebut.

Scoring music yang digarap oleh John Stewart Eduri juga dirasa tidak pas pada scene yang ditampilkan. Bahkan untuk adegan klimaks pun, scoring yang tampil pun terkesan biasa dan agak flat. Hampir tidak ada bedanya dengan scene-scene sebelumnya. Repetisi yang dilakukan berulang kali cenderung monoton dan membuat kita bosan.

Sekarang kita lihat sejarahnya, walaupun ‘Thugs of Hindostan’ mengacu kepada novel yang telah disebut di atas, namun fakta menyebutkan kalau pahlawan di film ini adalah bajak laut, tidak cocok dengan konteks India, mengingat orang India selama ini tidak pernah terkenal sebagai bajak laut. Bahkan tokoh terkenal Kanhoji Angre yang memimpin pasukan angkatan laut Kerajaan Maratha dan melawan negara lain selama era 1700-an, merupakan panglima perang dan bukan merupakan bajak laut yang lebih bersifat personal. Tetapi ‘Thugs of Hindostan’ bukan merupakan cerita yang diambil dari kerajaan tersebut. Bisa dikatakan kalau film ini hanya sekedar film fantasi bergenre action adventure bertema bajak laut.

Untuk efek CGI-nya, film ini bisa dibilang sangat mengecewakan. Efek yang cenderung kasar di sepanjang film, terlihat tidak smooth dan tak sebanding dengan biaya produksinya yang sangat besar.

Vijay Krishna Acharya (Dhoom 3) yang menulis naskah dan menyutradarai ‘Thugs of Hindostan’, tidak membawa sesuatu yang baru dan fresh. Dalam film ketiganya ini, adaptasi yang dilakukannya tak begitu akurat, kecenderungan adanya unsur plagiasi karakternya terhadap karakter lain yang sudah dikenal luas, nantinya dapat membawa preseden buruk bagi film berbujet 42 juta dollar Amerika atau sekitar Rp 600 Miliar ini.

Begitupun dengan Aamir Khan, walaupun aktingnya lumayan bagus, namun peran yang dimainkannya kali ini dirasa paling lemah dan sangat mengecewakan dibandingkan film-film sebelumnya.

Perpaduan antara Amitabh Bachchan dan Aamir Khan memang akhirnya menjadi nilai jual terpenting dari film ini. Keduanya, sebagai aktor lintas generasi, mampu mengisi dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Aamir Khan, dengan kelicikannya mampu menghadirkan gelak tawa dan kelakar yang sangat menghibur, sedangkan Amitabh Bachchan cenderung lebih kaku namun tampilannya sangat berwibawa, bahkan adegan aksi yang dilakukannya termasuk yang terbaik bila melihat usianya yang sudah sangat senior (76 tahun).

‘Thugs of Hindostan’ sudah dapat Chillers saksikan di bioskop-bioskop terdekat di kota kamu. Jadilah yang pertama untuk melihat kolaborasi dua bintang Bollywood terbesar saat ini di layar lebar.

 

Director: Vijay Krishna Acharya

Starring: Amitabh Bachchan, Aamir Khan, Katrina Kaif, Fatima Sana Shaikh, Lloyd Owen, Ronit Roy

Duration: 164 Minutes

Score: 6.5/10

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here