“Sometimes you have to kiss a wrong man to know what’s right.” – Stormy.

Sebuah sekuel yang diangkat dari novel karya Jenny Han sekaligus menjadi debut penyutradaraan film panjang sinematografer Michael Fimognari. Netflix akan kembali memuaskan para penggemar drama cinta remaja dari novel New York Times Best Seller dengan menyuguhkan kelanjutan petualangan cinta Lara Jean dalam babak ke-2, ‘To All the Boys: P.S. I Still Love You’.

Lara Jean (Lana Condor) kini menjalin hubungan dengan Peter (Noah Centineo). Ditengah kemesraan mereka, LJ mendapatkan balasan dari salah satu surat cinta terakhir yang adiknya kirim, yakni John Ambrose (Jordan Fisher). Berniat untuk tidak membalas dan menjalin cinta yang bahagia bersama Peter, Lara Jean secara tak sengaja bertemu dengan John Ambrose saat menjadi sukarelawan sekolah di sebuah panti jompo yang dulu kakak-nya pernah urus.

Meski Lara Jean jujur pada Peter bahwa ia berteman dengan John di panti tersebut, namun LJ menyembunyikan status-nya sebagai pacar Peter dari John, hingga John Ambrose dengan segala tekad-nya berusaha membangun chemistry dengan LJ. Sedangkan hubungan kemesraan LJ dan Peter-pun makin tidak lancar karena diterpa kecemburuan akan mantan Peter, Genevieve (Emilija Baranac) yang tertangkap basah masih menghubungi Peter.

Lara Jean menghadapi dilema parah ketika ia harus memilih siapa yang sebenarnya paling ia cintai.

Jika anda adalah penonton yang mem-favoritkan ‘To All the Boys I’ve Loved Before’, mungkin akan menyadari beberapa kejanggalan dalam ending film tersebut dengan plot opening film ini. Yup, jika diakhir film sebelumnya diceritakan bahwa John Ambrose yang diperankan oleh Jorden Burtchett, pria tinggi kulit putih mendatangi rumah Lara Jean membawakan bunga, maka di film ke-2 nya kali ini, adegan tersebut dianggap tidak ada. Pemeran John digantikan oleh Jordan Fisher, dan surat balasan dan pertemuannya dengan John direvisi menjadi lebih dramatis agar memiliki latar belakang karakter John Ambrose yang lebih kuat dan terfokus pada film ini.

Syuting dilakukan secara back-to-back dengan film ke-3 nya nanti, keseluruhan plot, alur kisah dan berbagai masalah di film ini tetap dikemas ‘selesai’. Performa Lana Condor sebagai Lara Jean labil yang terlalu dramatis sejak film pertama-nya pun tak kunjung menurun. Masih menjadi gadis yang polos dalam hal percintaan layaknya sang karakter yang memang baru pertama kali pacaran.

Sedangkan beberapa detil seperti penggantian pemeran karakter John Ambrose beserta kisah-nya di akhir film pertama dengan pemeran dan naskah baru, tidak mengganggu keutuhan kisah baru-nya.

Latar waktu musim dingin dan hari Valentine sangatlah cocok dengan latar waktu perilisan film ini. Meskipun dalam novel-nya mengambil latar tempat di Charlottesville, Virginia, namun daerah Oregon yang menjadi tempat syuting film ini rupanya memiliki nuansa keindahan kota yang tak jauh berbeda seperti yang dideskripsikan dalam buku.

Sountrack yang disajikan pun tak jauh-jauh dari nada-nada lagu populer remaja masa kini yang sangat be’relasi’ dengan keadaan Lara Jean, dan ditempatkan sesuai dengan mood sang karakter.

Meskipun masih memiliki drama yang terkadang sedikit ‘over react’ seperti di film awal, sekuelnya kali ini berhasil menghadirkan dilema umum yang biasa dijalani para remaja ketika jatuh cinta dengan penyelesaian yang cukup baik dan logis, serta memberikan pemahaman lain tentang hubungan persahabatan teman masa kecil yang seharusnya dapat bertahan lama, masalah sebesar apapun akan dapat diselesaikan dengan jujur dan terbuka.

Cukup menarik dan tidak mengecewakan, sekuel pertama ‘To All the Boys I’ve Loved Before’ cukup menghibur dan akan menjadi santapan manis Valentine tahun ini.

‘To All the Boys: P.S. I Still Love You’ menyajikan drama remaja dalam menghadapi rintangan yang biasa terjadi dalam menjalin sebuah hubungan cinta pertama dengan sangat natural. Mengajarkan apa arti kesetiaan meskipun dalam cara yang mungkin tidak dapat diterima semua orang.

@arifrubbiyanto

 

Director: Michael Fimognari

Starring: Lana Condor, Noah Centineo, Jordan Fisher, Anna Cathcart, John Corbett, Holland Taylor

Duration: 101 Minutes

Score: 7.5/10

Facebook Comments