Trailer Pertama ‘Welcome to Marwen’, Bawa Kita ke Dunia Imajinasi Steve Carell

0
285

Tampil menarik dan imajinatif dalam paduan dua dunia sekaligus, wujud miniatur pedesaan dan boneka ala Perang Dunia ke-2 berpadu dengan dunia nyata.

Satu hal yang menjadi prinsip dasar fiksi adalah memberikan sebuah sensasi yang berada di luar kehidupan normal. Bisa berasal dari sesuatu yang memang dibuat sendiri, atau dari pengalaman nyata yang dirasakan oleh orang tertentu. Nah, film ini sepertinya menawarkan pengalaman kedua. Berdasarkan sebuah film dokumenter karya Jeff Malmberg tahun 2010 yang berjudul “Marwencol”, Steve Carell berperan sebagai real-life Mark Hogancamp yang babak belur hampir mati dihajar habis-habisan oleh lima orang sekaligus. Belum jelas apa penyebab kejadian tersebut tapi yang pasti akibat dipukuli tadi Mark harus mendekam di rumah sakit selama empat puluh hari, sembilan diantaranya berada dalam kondisi koma.

Mark ternyata menderita cidera di bagian kepala yang membuatnya harus menjalani terapi. Uniknya, terapi yang ia jalankan benar-benar jarang ditemukan. Ia membuat miniatur dari sebuah desa yang berisikan boneka. Boneka-boneka ini ada yang menjadi dirinya, teman-temannya, kekasihnya, bahkan lima orang yang memukuli Mark dulu. Film kemudian mengambil tempat di dua “dunia”, yaitu dunia nyata dan juga dunia miniatur berbentuk desa ciptaan Mark.

Lucunya adalah, Mark mengambil tema Perang Dunia 2 sebagai warna bagi dunia miniaturnya. Maka dari itu jangan heran kalau di dalam trailer terdapat beberapa gambar yang mengandung sedikit unsur kekerasan, panggilan “Nazi”, dan juga para badass dolls yang tidak ragu untuk menghabisi para Nazi tadi dengan senapan mereka. Selain itu, kita juga bisa melihat betapa mengagumkannya teknik animasi yang ada di Welcome to Marwen. Alih-alih membuat wajah dari para boneka terlihat berbeda, film mengaplikasikan tampilan wajah dari sang artis kepada boneka yang menjadi interpretasi dari karakter yang mereka mainkan di dunia nyatanya Mark.

Film Welcome to Marwen memberikan premis yang menarik sekaligus menggemaskan karena jarang kita melihat ada metode penyembuhan dari trauma seperti ini. Ketika sang karakter utama memanfaatkan miniatur untuk memulihkan diri. Kemudian, akan jadi sorotan bagaimana sutradara berkaliber Oscar seperti Robert Zemeckis (Back to the Future Trilogy, Forrest Gump) mampu mengarahkan film sehingga dengan saksama, sehingga cerita dari dunia nyata dan dunia miniatur Mark Hogancamp bisa saling berkaitan. Memberi impact satu sama lain tanpa kehilangan tujuan akhir. Last but not least, penasaran bagaimana penampilan Steve Carell sebagai Mark, plus para pemeran pendukung yang tidak kalah mentereng seperti Leslie Mann, Janelle Monae, Eiza Gonzalez, Gwendoline Christie dan Diane Kruger.

Tonton cuplikan pertama dari Welcome to Marwen dan segera kunjungi desa miniatur yang mengagumkan ini mulai tanggal 21 November 2018.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here