Tidak terasa bulan Juli sudah mulai memasuki masa-masa tengahnya. Ini artinya bagi kita-kita yang mengaku nerdist, pastinya sudah bersiap-siap untuk menyambut perhelatan “hari besar” tahunan: San Diego Comic Con International (SDCC).

Dan di tahun ini, perhelatan tahunan 3 harian ini akan diselenggarakan di San Diego Convention Center dan beberapa lokasi sekitarnya dari tanggal 18-21 Juli 2019.

Nah agar persiapan penyambutan kita terasa lebih klop, yuk kita simak dulu 10 fakta keren dan unik dari event besar ini yang tentunya, wajib banget harus diketahui oleh kita-kita yang geeky

1Diadakan Pertama Kali di Tahun 1970

Perhelatan Comic-Con pertama diadakan di tahun 1970 atau spesifiknya, dari tanggal 1-3 Agustus 1970 di lantai basement U.S. Grant Hotel, San Diego, California.

Kala itu event ini dinamakan Golden State Comic Book Convention. Perhelatan perdana ini kala itu hanya dihadiri 300 pengunjung. Walau demikian, bisa dikatakan event ini kala itu tergolong cukup sukses.

2Si Jenius, Shel Dorf

Mungkin banyak dari kita yang belum mengenal nama dan sosok pria plontos ini. Tapi apabila kalian sekali lagi mengaku sebagai nerd dan juga pembaca setia Melali News, maka kalian kini harus WAJIB TAHU.

Yap Chillers, Shel Dorf adalah otak dibalik lahirnya event ini. Motivasi Dorf untuk menciptakan event ini adalah ia ingin memuaskan seluruh nerd di daerah California Selatan dengan mengadakan kovensi buku komik pertama.

Benar banget Chillers. Awalnya Comic-Con hanya ditujukan sebagai konvensi buku komik. Nah dengan motivasi ini, ia dibantu dengan pemiliki toko buku komik Richard Alf dan publisher komik Ken Krueger, lantas mewujudkan keinginan tersebut.

3Jack Kirby & Ray Bradbury adalah Tamu Spesial Pertama

Saat ini tentunya perhelatan SDCC dihadiri oleh segudang tamu spesial yang keren-keren. Dan kebanyakan tamu spesial tersebut adalah bintang film dan televisi di Hollywood.

Namun di perhelatan konvensi pertamanya di tahun 1970, kasusnya tidaklah demikian. Spesifiknya, hanya 3 figur geeky yang dihadirkan sebagai tamu spesial di event tersebut.

Dan ketiga figur tersebut adalah: Ikon komik yang juga rekan Stan Lee, Jack Kirby, penulis novel sci fi top Ray Bradbury, dan juga penulis sci-fi top A.E. Van Vogt

Walau nama dan sosok mereka tidak sebesar dan seglamor aktor atau sutradara Hollywood, namun tentunya di mata nerd mereka adalah sosok yang diagung-agungkan.

4Sudah Direncanakan Lebih dari Sekedar Konvensi Komik

Walau awalnya hanya konvensi buku komik, namun sejak mencetuskan ide konvensi ini, Dorf cs sudah memiliki visi bahwa konvensi ini juga harus melibatkan media sci-fi dan komik lainnya.

Spesifiknya adalah film dan program televisi. Dan hal tersebut akhirnya terwujud di perhelatan ke-6 SDCC tahun 1976. Kala itu tentunya adalah franchise film sci-fi top Star Wars yang menjadi panel luar komik pertamanya.

Tentunya lagi, salah satu alasan mengapa Star Wars yang mendapatkan jatahnya adalah untuk mempromosikan film perdana “Star Wars: A New Hope”, yang dirilis satu tahun kemudian.

5Cosplay Pertama

Saat ini tentunya akan aneh banget apabila kita tidak melihat perhelatan SDCC tanpa adanya cosplayer yang mengenakan kostum karakter geeky favorit mereka.

Namun kenyataannya, di awal-awal sekali perhelatan ini, memang tidak ada yang lepikiran untuk ber-cosplay. Barulah ketika di perhelatan tahun 1974, pengunjung konvensinya mulai memperkenalkan kebudayaan cosplay ini.

Kala itu tren ini dimulai dengan pengadaan kontes kostum dan make-up yang dikenal dengan nama: Masqurade Ball.

6Kepindahan Ke San Diego Convention Center

Sebelum akhirnya pindah atau mungkin lebih tepatnya “menetap” di San Diego Convention Center, awalnya event ini diadakan di beberapa titik lokasi di sekitar San Diego.

Dan lokasi-lokasi awal tersebut diantaranya adalah: U.S. Grant Hotel, University of California, Sheraton Hotel, El Cortez Hotel dan bahkan Harbor Island.

Barulah di perhelatan tahun 1979, event ini pindah ke lokasi super ikonik tersebut. Walau demikian, nama “San Diego Comic Con International” barulah diresmikan di tahun 1995.

7Kreator Logo Mata Ikonik

Tentunya salah satu faktor yang membuat event SDCC begitu terkenal adalah logo lirikan satu matanya itu.

Kitapun lantas menjadi penasaran, siapakah sosok ilustrator yang bertanggung jawab atas logo yang sangat eye-catchy ini? Ternyata sosok tersebut adalah seorang desainer grafis bernama Richard Bruning.

Bruning ternyata tidak sendirian ketika mengkonsepkan dan merancang logonya. Faktanya, ia juga dibantu oleh rekan sesama desainer grafis, Josh Beatman.

8Mengadakan Festival Film Independen Juga

Walau pada esensinya konvensi ini adalah konvensi yang berhubungan dengan yang berbau geeky dan komik, faktanya konvensi ini juga menampun para sineas film-film independen loh!

Ya jadi semenjak tahun 2000, pihak SDCC resmi mengadakan perhelatan konvensi yang bertajuk Comic-Com International Independent Film Festival.

Genre-gere film yang ditampilkan pun, tidak hanya sebatas seperti superhero atau sci-fi. Sienas drama dan horor pun juga dipersilahkan untuk menyerahkan karya kerennya Nah apakah Chillers juga berminat?

9WonderCon adalah “Adik” SDCC

Tentunya kita pernah mendengar perhelatan yang bernama WonderCon. Dan esensinya, konvensi ini sama saja fungsinya seperti SDCC.

Namun tahukah kalian Chillers? WonderCon ternyata memang merupakan “adik” kandung dari SDCC? Yap benar sekali. Perhelatan WonderCon pertama diadakan pada tanggal 2-3 Mei 1987 di Oakland Convention Center, Oakland, California.

Dan sama hal-nya seperti sang kakak, konvensi ini juga menuai kesuksesan yang sangat besar. Perhelatan tahun 2019 telah diadakan tanggal 29-31 Maret 2019 lalu di Anaheim Convention Center di Anaheim, California.

10Mesin Uang Bagi Kota San Diego

Dengan event-nya yang selalu ramai dikunjungi setiap tahunnya, tak mengherankan apabila lantas event ini menghasilkan pundi-pundi keuntungan yang fantastis setiap tahunnya.

Bahkan nih, menurut estimasi dari berbagai pakar finansial, diperkirakan total keuntungan yang diberikan oleh SDCC terhadap kota San Diego setiap tahunnya adalah berkisar US$ 165 juta.

Ini artinya, hampir sebagian besar kelangsungan hidup masyarakat kota ini, dihidupi oleh konvensi yang bersifat khayalan ini saja! GOKIL!

Nah Chillers. Itulah tadi 10 fakta keren dan unik mengenai perhelatan tahunan San Diego Comic-Con International (SDCC). Dari 10 fakta ini yang manakah yang membuat kalian tercengang sendiri ketika membacanya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here