Gundala akan Hadir! Rilis Poster Resmi dan Segera Jalani Syuting

Penantian panjang pencinta komik jagoan Indonesia akan sosok Gundala tampaknya akan segera berakhir. Setelah, pada sesi konferensi pers yang diadakan pihak Screenplay Films kemarin, bertepatan dengan Kosasih Day (4/4) – hari lahirnya komikus legendaris Indonesia, R. A. Kosasih – secara resmi mengumumkan eksistensi proyek tersebut. Screenplay Films dan Bumilangit Studios bekerjasama dengan Legacy Pictures akan berkolaborasi menghasilkan karya – karya terbaru selama beberapa tahun ke depan, Gundala adalah pijakan awal kolaborasi ketiganya.

Adalah sineas terkemuka tanah air Joko Anwar yang menjadi nahkoda utamanya. Sebelumnya sineas yang tengah mendulang kesuksesan besar lewat film horor remake kontemporernya, Pengabdi Setan ini sempat menggoda banyak kalangan melalui salah satu cuitan pribadinya beberapa waktu lalu, dengan mengunggah materi yang kemudian diketahui adalah teaser poster proyek film tersebut. Selain menyutradarainya, Jok-An juga sekaligus menjadi salah satu anggota tim penulis naskahnya.

Di sesi konferensi pers yang digelar di Ruang Audio Visual SCTV Tower tersebut, sineas yang juga kondang lewat karya-karya besutannya seperti Kala, Pintu Terlarang, dan Janji Joni ini mengungkapkan bahwa tantangan di proyek Gundala adalah mewujudkan film tentang asal usul jagoan Indonesia yang hasilnya mudah diterima selera pasar penonton tanah air masa kini namun berkualitas

“Sebagai salah satu pengagum Gundala dan Pak Hasmi aku mencoba memasukkan elemen dalam cerita Pak Hasmi, tapi tentunya akan aku update sensibilitasnya supaya sesuai dengan penonton zaman sekarang, Untuk itu setting utama kisah Gundala ini akan mengambil tempat di Jakarta  masa kini dan judulnya hanya Gundala saja,” ujarnya. “Filmnya sendiri akan menonjolkan aspek penceritaan yang kuat, karakter yang kuat, dan sangat Indonesia.”

Belum banyak informasi yang bisa diungkap Jok-An mengenai proyek film jagoan Indonesia tersebut. Selain masih sangat menutup rapat berbagai perihal mengenainya, nama-nama aktor maupun aktris yang nantinya terlibat juga masih dirahasiakan untuk konsumsi publik.

Gundala yang saat ini tengah dalam tahap draft ketiga naskah dijadwalkan akan memulai tahapan syuting selama kurang lebih dua bulan mulai bulan Agustus nanti  dan direncanakan dirilis pada 2019, tepat bersamaan dengan 50 tahun kelahiran Gundala.

Gundala adalah tokoh jagoan karya maestro cerita gambar Harya Suraminata, atau lebih dikenal dengan Hasmi. Dalam menciptakan tokoh Gundala, Hasmi terinspirasi oleh tokoh legenda Jawa, Ki Ageng Selo Sang Penangkap Petir. Pertama kali terbit pada tahun 1969, Gundala langsung menjadi tokoh cerita gambar legendaris Indonesia sejak terbit hingga hari ini. Gundala telah rilis 23 judul hingga tahun 1982. Sebelumnya, proyek film Gundala ini sempat diumumkan pada tahun 2014 lalu dengan penunjukan sineas Hanung Bramantyo sebagai pembesutnya, namun, proyek itu kemudian tidak ada tahap kelanjutannya hingga akhirnya berpindah tangan ke Joko Anwar.

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here