Setelah Tour 10 Kota, ComiConnect Tour 2018 Hadir di Jakarta

0
284

CIAYO Comics, platform komik digital pertama yang dikembangkan di Indonesia, akan menutup rangkaian roadshow pertama dan terbesarnya, ComiConnect Tour 2018. Sebagai kota penutup, ComiConnect Tour 2018 hadir di Jakarta pada 24 November 2018, yang kali ini akan menjadi acara komunitas offline para kreator komik Indonesia terbesar dan paling ditunggu sepanjang tahun ini. Acara penutupan, ComiConnect Tour 2018 Jakarta ini akan berlangsung di COCOWORK Filateli Coworking Space, Jakarta, menampilkan sharing session tentang “Kiat Sukses Mengelola dan Membangun Properti Intelektual” oleh Marchella F.P, pemilik platform Generasi 90an dan Faza Meonk, kreator komik lokal paling populer, Si Juki. Selanjutnya, penampilan spesial dari penyanyi Vadi Akbar dan YouTuber, Moneva, akan menutup acara puncak, yang dihadiri langsung oleh ratusan penggemar komik di Jakarta.

Setelah diadakan selama 8 bulan berturut-turut sejak Maret 2018, seluruh acara roadshow ini telah mengumpulkan lebih dari 1,000 kreator komik dari berbagai kota di Indonesia, termasuk komunitas komik lokal Indonesia, seperti Lumpia Komik, Forum Komik Jogja, dan Komikin Ajah. Ribuan komik kreator ini dipilih berkat kreativitas dan visualisasi cerita yang menarik, dari 10 kota di Indonesia, seperti Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Bali, Makassar, Medan, Banda Aceh, Batam, dan Tegal.

“Boleh dikatakan, kami menjadi salah satu pelopor inovasi pop culture, apalagi di tengah maraknya komik digital yang terus berkembang. Perkembangan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi generasi muda, sehingga lewat acara ini, kami harap dapat menarik lebih banyak lagi kreator komik lokal yang berkesempatan untuk memvisualisasikan ide mereka lewat cerita menarik kepada para penggemarnya,” ujar Borton Liew, CEO CIAYO Comics. Lewat roadshow ini, empat pencipta komik papan atas, Sweta Kartika, Yoga Danu, Is Yuniarto dan Arief Digidoy, telah berhasil mempublikasikan karya mereka melalui platform digital CIAYO Comic, yang saat ini menjangkau lebih dari 100.000 subscribers.

Untuk terus mempopulerkan komik digital, CIAYO Comics juga telah berkolaborasi dengan lebih dari 300 pembuat komik lokal, dengan jumlah yang terus bertambah hingga menjangkau 1.000 kreator lewat roadshow dan face-to-face events dengan komunitas. “Program ini sangat membantu kami menjaring bakat-bakat kreatif baru dari seluruh Indonesia. Apalagi, lebih dari setengah pembuat komik Indonesia tidak berasal dari kota besar di Indonesia,” kata Khrisnawan Adhie, Head of Business Development CIAYO Corp.

Dengan total populasi lebih dari 260 juta, penetrasi internet di Indonesia kini telah mengalami pertumbuhan yang sangat cepat. Di tahun 2017, tercatat hampir 105 juta orang yang mengakses internet di Indonesia dan angka ini diproyeksikan akan terus berkembang hingga 130 juta pada 2021, seperti diungkapkan dalam riset Statista. “Kami melihat potensi pasar komik digital yang terus berkembang, apalagi mayoritas dari mereka berusia lebih muda, dengan latar belakang yang lebih beragam, dan pastinya lebih kreatif. Mereka bisa menembus teknologi baru dengan jauh lebih cepat, termasuk dalam mengakses cerita, mereka butuh saluran yang lebih luas dan bervariasi dari sekadar komik biasa,” tambah Khrisnawan Adhie.

Sejak didirikan pada tahun 2016, platform CIAYO Comics telah mempopulerkan banyak kreator lokal dengan talenta luar biasa, di antaranya Ivone, penulis komik horor dengan lebih dari 5 juta pembaca, The Librarian; serta kreator komik dari Sumatera Utara, Gaby, yang sukses meluncurkan komik Hana & Mr Arrogant dengan lebih dari 100,000 subscribers. Hingga saat ini, CIAYO Comics telah diunduh lebih dari 800,000 orang, dengan pengguna aktif yang mencapai 95,000 setiap harinya dan menargetkan mencapai 5 juta downloads di tahun 2019. Dalam waktu dekat, CIAYO Comics juga akan meluncurkan komik terbarunya, Dread Out Comics, yang diadaptasi dari permainan horor populer di Indonesia, lengkap dengan versi filmnya yang akan dirilis pada 2019.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here