Semenjak perilisan sekaligus kepopuleran Alone in the Dark (1992), secara perlahan namun pasti genre game horor semakin berkembang alias semakin menyeramkan saja. Entah itu karena gameplay-nya yang lebih variatif atau tentunya tampilan grafis yang semakin bersih dan halus, yang jelas makin lama kita makin ketakutan saja untuk memainkan genre ini.

Bahkan lumayan banyak game yang saking seramnya, kita sampai harus minta ditemani teman ketika memainkannya. Dan berikut, adalah 7 game horor yang tidak boleh kita mainkan sendirian tersebut.

7. Silent Hill 2 (2001)

To be fair, game pertama Silent Hill (1999) adalah game yang sangat menyeramkan yang sukses mengejutkan kita semua ketika dirilis. Salah satu faktor utamanya tentu adalah atmosfir lingkungannya yang sukses membuat kita tidak nyaman, even kita belum bertemu monster-monster menyeramkan itu.

Akan tetapi, level keseraman yang telah diperlihatkan di game pertamanya tersebut, nyatanya tidaklah ada apa-apanya dengan yang ditampilkan di sekuelnya, Silent Hill 2 (2001).

Pasalnya sekuelnya ini, memiliki storyline dan peningkatan grafis yang gila-gilaan yang alhasil membuat game-nya terlihat semakin creepy. Pokoknya sama seperti game pertamanya, kita dijamin akan menyalakan seluruh lampu ruangan kamar dan bahkan mematikan volume televisi ketika memainkan game-nya.

6. Siren: Blood Curse (2008)

Walaupun dua game pertamanya “Siren” (2003) dan “Forbidden Siren 2” (2006) sudah membuat kita terpipis-pipis sendiri ketika memainkannya, namun keduanya masih kalah dengan game ketiga nya ini.

Dan tidak heran apabila “Siren: Blood Curse” jauh lebih seram dari dua game sebelumnya. Chillers bila lihat sendiri bagaimana tampilan grafis nya, belum lagi monster atau zombie Jepang yang menyerang kerap bergerombol dan bergerak secepat kilat bahkan di cahaya remang-remang.

5. Until Dawn (2015)

Game yang dirilis eksklusif di PlayStation 4 ini, bisa dikatakan adalah game horor yang tidak hanya seram banget namun juga revolusioner banget. Pasalnya, Until Dawn adalah game yang ditampilkan layaknya seperti sebuah film horor interaktif.

Sebagai yang mengendalikan permainan, kita bisa memilih hampir ratusan kemungkinan yang akan berdampak dengan 3-4 ending berbeda di akhir permainannya. Dan seringkali pilihan-pilihan yang kita pilih inilah yang memberikan efek kejutan menyeramkan dan mengagetkan kita semua.

4. Bendy and the Ink Machine (2017)

Siapa sangka karakter yang terlihat seperti versi earth lain dari Felix The Cat ini, bisa membuat kita ngeri sendiri ketika melihatnya? Namun faktanya karakter yang diciptakan oleh Joey Drew Studios Inc ini, memang diciptakan agar bisa membuat kita merasa creepy sendiri ketika melihatnya.

Belum lagi ia ditempatkan di tiap bagian sudut atau angle yang tak terduga-duga yang akhirnya membuat kita jadi terus mawas ngeri sendiri untuk mengantisipasi “kejutan” yang akan diberikannya ke kita. Intinya, Bendi dengan game-nya ini adalah paduan game yang “sangat sempurna” untuk membuat jantung kita langsung copot sendiri.

3. Amnesia: The Dark Descent (2010)

Salah satu game survival horror yang dianggap paling menyeramkan yang pernah diproduksi, “Amnesia: The Dark Descent”  memang pantas untuk dikatakan demikian.

Hal ini dikarenakan game ini memiliki storyline dan atmosfir yang “sakit” banget. Bayangkan saja bagaimana kalau kita seperti karekter game ini Daniel, yang ketika terbangun di sebuah istana megah namun creepy, tiba-tiba tersadar kalau ia mengalami hilang ingatan (amnesia)?

Ditambah lagi ketika sibuk menjelajahi istana, bertemu dengan mahluk menyeramkan bernama The Gathers, bagaimana coba Chillers rasanya? Pastinya bakalan bikin keluar keringat dingin sendiri bukan? Oleh karena itu, kalau ingin memainkan game ini, jangan coba-coba main sendirian ya!

2. Resident Evil 7: Biohazard (2017)

Setelah resepsi yang cukup negatif terhadap “Resident Evil 6” (2012), Capcom langsung sigap memperbaiki franchise horor zombie mereka melalui seri ketujuhnya ini yang dirils di tahun 2017. Dan surprise! Usaha perbaikan yang dilakukan pada game ini sangatlah sukses.

Selain sukses kembali akar genre franchise game-nya, survival horror, juga untuk pertama kalinya, seri utama RE ditampilkan dalan sudut pandang pertama (First Person) yang memiliki tampilan grafik engine PlayStation 4 yang sangat realistis yang alhasil sekali lagi membuat “Resident Evil VII: Biohazard” menjadi game RE terseram sejauh ini.

1. Outlast (2013)

Dan inilah game yang seramnya melebihi “Amnesia” dan bahkan “Resident Evil 7” sekalipun. Selain karena tampilan game-nya yang diambil dari sudut pandang kamera milik jagoan utamanya Miles Upshur, alasan lain mengapa game ini begitu seram adalah karena berlatar di sebuah rumah sakit jiwa yang berisikan pasien-pasien yang sangat “unik” dan berbahaya.

Yang lebih parahnya lagi, di sepanjang permainan kita tidak bisa bertarung dengan pasien-pasien nya. Yang ada kita hanya bisa mempertahankan diri dengan 100% bergantung menggunakan variasi gerakan stealth seperti bersembunyi, berlari, jongkok, dan sebagainya.

Dengan ketegangan super mengerikan ini, maka bohong banget kalau kalian mengatakan tidak membutuhkan teman untuk mendampingi selama permainan berlangsung.

Nah Chillers, itu tadi 7 game horor yang saking seramnya sampai kita tidak berani memainkannya seorang diri. Dari 7 game ini, yang manakah yang membuat kalian ketakutan setengah mati ketika memainkannya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here