Selain memperkenalkan trio iPhone 11 terbaru – iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, dan tablet iPad, Apple juga merilis produk arloji pintar Apple Watch Series 5 di Amerika Serikat, hari Selasa (10/9) waktu setempat. Salah satu fitur baru yang diunggulkan Apple Watch Series 5 adalah Always-on-Display (AoD).

Seperti namanya fitur ini memungkinkan layar smartwatch terus menyala sepanjang waktu, tidak otomatis mati untuk menghemat baterai ketika tidak sedang dipandang oleh pengguna. Apple pun mengklaim pengguna perangkat ini bisa lebih mudah dalam melihat informasi waktu berikut keterangan lain karena tak perlu mengangkat Watch untuk menyalakan layar.

Kendati layarnya terus menyala. Apple mengklaim daya tahan Watch Series 5 tak jadi lebih boros dibandingkan produk terdahulu. “Baterainya tetap bisa bertahan sepanjang hari, selama 18 jam,” ujar Vice President of Product Marketing Apple Watch Stan Ng saat memperkenalkan produk dimaksud dalam acara yang disiarkan langsung via YouTube itu.

Menurut Ng, baterai Apple Series 5 bisa tetap bertahan lama lantaran layar yang senantiasa menyala tersebut menggunakan panel tipe Low-Temperature Polycrystalline Oxide (LTPO) yang khusus dikembangkan oleh Apple. “LTPO melakukan refresh layar secara dinamis, antara 60 Hz hingga 1 Hz, untuk menghemat daya,” jelas Ng.

Selain itu, Apple Watch Series 5 tetap mengandalkan aneka fitur kesehatan seperti pemantauan denyut jantung melalui Electrocardiogram (ECG), fall detection, hingga panggilan darurat (SOS) internasional dengan menekan dan menahan tombol samping. Menurut Ng, Panggilan SOS internasional ke nomor darurat yang berlaku di 150 negara ini bisa dilakukan walaupun iPhone milik pengguna sedang tidak ada di sekitar.

Dari segi desain, Apple Watch Series 5 yang menjalankan sistem operasi WatchOS 6 ini hadir dalam beberapa pilihan material, yakni stainless steel, titanium, hingga keramik. Harga Apple Watch Series 5 dipatok di angka 399 dollar AS atau sekitar Rp 5,6 juta untuk varian dengan fitur GPS dan 499 dollar AS atau sekitar Rp 7 juta untuk varian dengan GPS + seluler.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here