MV Agusta Kenalkan Edisi F4 ‘Claudio Castiglioni’ Edisi Terbatas

371

MV Agusta yang dikenal sebagai salah satu produsen sepeda motor terbesar di dunia asal Italia akan merilis salah satu motor edisi terbatas yang akan dinamakan MV Agusta F4 Claudio. Nama Claudio ini diambil sebagai penghormatan atas jasa-jasa Claudio Castiglioni, pria yang menghidupkan kembali merek MV Agusta pada tahun 1990-an.

Claudio memainkan peran besar dalam industri sepeda motor Italia, dan pernah membesarkan kembali merk-merk besar seperti Ducati, Cagiva dan Husqvarna selama beberapa dekade. Tapi dengan MV Agusta, namanya menjadi terkenal. Di bawah kepemimpinannya, MV Agusta dihidupkan kembali memproduksi superbike F4 750, yang dirancang oleh Massimo Tamburini. Dan motor itu menjadi dasar untuk berbagai mesin high-end baru, termasuk Brutale dan F3. Versi F4 saat ini diatur untuk digantikan oleh model semua-baru untuk mengatasi peraturan emisi baru.

MV Agusta F4 Claudio, sebagaimana namanya, adalah model edisi terbatas yang dengan semua komponen dan asesoris kelas atas yang memang tak bisa dibandingkan dengan versi biasa. Basis motor ini diambil dari MV Agusta F4 RC, dan berbagi banyak fitur yang terlihat pada model MV Agusta yang bersaing di World Superbike Championship.

Mesin memiliki batang penghubung titanium dan poros engkol telah dirancang dan diseimbangkan secara khusus, dan ruang pembakaran memiliki katup-katup yang diatur secara radial. Di lintasan, motor 1000cc ini mempunyai tenaga maksimum 212 bhp, dengan dengan torsi puncak 115 Nm pada 9.300 rpm. Untuk standar legal di jalan raya, motor ini mampu menyentuh 205 bhp.

F4 Claudio hadir dengan 1000cc, mempunyai knalpot balap dual titanium SC-Project dengan unit kontrol khusus. Ada empat pilihan setelan elektronik, Normal, Sport, Rain, dan Custom yang dapat dipilih secara instan melalui tombol clip-on. Sistem pengeremannya pun tak usah diragukan lagi, motor ini menggunakan Brembo Stilema 4-piston Monobloc dengan cakram depan 320 mm kembar, dan peredam kejut Ohlins top-spec yang memberikan kinerja maksimum di jalan dan lintasan.

Untuk bodinya, motor ini telah menggunakan serat karbon untuk menjaga berat keseluruhan tetap rendah, termasuk fairing dengan full serat karbon dan velg roda karbon BST. Titanium juga telah digunakan dalam baut dan sekrup, dengan paduan aluminium mesin-CNC yang digunakan secara luas pada komponen-komponen fungsional seperti klem tripel, footpegs yang dapat diatur ketinggiannya, pengungkit rem dan kopling, dan penampung reservoir cairan rem dan filler cap.

MV Augusta ‘Claudio’ hanya dikeluarkan terbatas hanya 200 unit, dan harganya akan diumumkan saat pameran EICMA di Milan bulan depan, namun diperkirakan harganya akan mencapai Rp 1,3 Milyar di Amerika Serikat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here