Tak dipungkiri media sosial Facebook (FB), kini sudah menjadi salah satu aspek yang sangat penting di kehidupan kita. Tidak hanya untuk digunakan sebagai media bersosialisasi, chat, dan unjuk bakat saja, FB kini bagi beberapa orang sudah menjadi ladang pekerjaan.

Walau kita hingga detik ini masih rajin menggunakannya, namun apakah Chillers mengetahui seluk beluk / fakta keren dari media sosial milik Mark Zuckerberg ini?

Apabila belum, langsung saja kamu simak fakta-fakta keren yang dimaksud berikut ini!

1. Diakses Hampir 2 Milyar Pengguna Setiap Harinya

Berdasarkan data yang ada, dari tanggal 1 April 2019 – 30 Juni 2019, sebanyak 2.4 miliyar pengguna mengakses FB setidaknya sebulan sekali. Sedangkan mereka yang mengaksesnya tiap hari, terhitung 1.5 milyar pengguna.

2. Bisa Menggunakan Bahasa Bajak Laut

Mungkin beberapa Chillers sudah mengetahui. Namun siapa tahu ada dari kalian yang belum mengetahui, di pilihan bahasa untuk FB-nya, faktanya, kita bisa menggunakan bahasa yang kerap diucapkan oleh bajak laut (pirate language).

Jadi yap,kita bisa mengucapkan kata-kata ikonik bajak laut seperti: “O yerr”, “Mates”, dan tentunya “Ay, Captain”. Sayangnya ketika tulisan ini diunggah, pilihan bahasa unik tersebut sudah tidak eksis lagi.

3. Memiliki Kantor Cabang di 70 Kota di Seluruh Dunia

*

Dengan status FB yang kini kian meng-global, tak heran jika jumlah kantor cabang situs inipun kian menjamur saja.

Spesifiknya, terhitung menjelang akhir 2019 ini, jumlah kantor cabangnya sudah mencapai 70 kantor di 70 kota dunia yang mana salah satunya adalah, Jakarta, Indonesia.

4. 38 Menit Per Hari

Menurut riset yang dilakukan per Mei 2019, rata-rata pengguna FB, mengakses akunnya maksimal 38 menit setiap harinya.

Namun, tentunya jumlah ini adalah secara general dan hanya pada beberapa pengguna saja. Faktanya, terdapat juga beberapa pengguna (terlebih yang memang bekerja di media), menghabiskan waktu berjam-jam di media sosial berwarna biru ini.

5. Mark Zuckerberg Buta Warna Hijau dan Merah

Ngomong-ngomong soal FB yang didominasi warna biru, mungkin kita pernah iseng penasaran mengapa situsnys didominasi oleh warna yang sangat adem tersebut. Termyata memang ada alasannya Chillers.

Spesifiknya, Zuckerberg ternyata buta warna dengan warna hijau dan merah. Sehingga seperti yang diungkapkannya, sehari-hari kedua matanya didominasi oleh warna laut tersebut.

6. 5% Akun Facebook adalah Palsu

Bagi kita yang sudah “berkecimpung sejak lama di dunia media sosial, pastinya sudah mengetahui bahwa tidak seluruh akun FB, adalah akun asli penggunanya alias, fake account.

Tercatat, terdapat presentase jumlah fake account FB adalah sebanyak 5%.

Sekilas jumlah ini tidak terlalu banyak. Tapi kalau dikonversikan ke jumlah mentah penggunanya, maka 5% sama saja dengan 120 juta pengguna. WOW banyak banget bukan?

7. Awalnya Bernama FaceMash

Seperti yang juga sudah dikisahkan di film The Social Netwok (2010), jauh sebelum bernama Facebook, FB dinamakan FaceMash. Konsep awalnya pun juga bukan untuk situs untuk menghubungkan teman dengan teman.

Melainkan, situsnya digunakan untuk memberikan nilai / rating terhadap teman wanita Harvard-nya (cantik apa tidak cantik). Tak disangka kepopuleran situsnya semakin bertambah.

Alhasil dibantu  dengan sahabatnya Eduardo Saverin dan beberapa sahabat kuliahnya, FaceMash pun berevolusi menjadi situs pengumpul data seluruh murid kampusnya yang kemudian diganti namanya dengan TheFacebook.

8. Hampir Dibeli MySpace

Chillers yang tumbuh di awal 2000-an, pastinya tahu dong dengan situs MySpace? Yap, situs ini bisa dikatakan situs semi-Facebook atau hybrid Friendster & YouTube.

Kala itu situs ini digunakan sebagian besar oleh band / calon penyanyi pendatang baru untuk unjuk gigi. Dan faktanya, banyak banget band dan penyanyi top saat ini yang awalnya dari situs tersebut (salah satunya Adele).

Nah menyadari kepopuleran yang dimiliki dan melihat cikal potensi kepopuleran FB, di tahun 2005, Chris DeWolfe dan Tom Anderson selaku pemiliki situsnya, menawarkan ke Zuckerberg agar FB juga menjadi bagian mereka.

Zuckerberg sih setuju-setuju saja ASAL, keduanya mampu memenuhi harga beli yang diinginkan pria asal New York ini. Zuckerberg “menembak” mereka dengan harga $75 juta. Dirasa terlalu mahal, alhasil MySpace pun tidak jadi membeli FB.

Waduh bisa dibayangkan tidak tuh Chillers kalau misalkan kala itu FB berhasil dibeli oleh MySpace?

9. 155 Teman

Berdasarkan penelitian yang dilakukan beberapa tahun lalu, terungkap bahwa rata-rata pengguna FB memiliki jumlah teman minimalnya, 155. Namun dari 155, (sekali lagi berdasarkan riset yang telah dilakukan), hanya 4 teman saja yang bisa diandalkan apabila sedang mengalami kesulitan.

Apakah Chillers setuju dengan riset tersebut? Kalau menurut kami, memang banyak banget kita lihat (bahkan kita sendiri juga mungkin sering mengalaminya), teman jumlahnya mencapai ratusan tapi yang sering diajak bercakap atau diminati tolong hanya sekitar 1-5 orang saja.

10. 300 Petabytes untuk Menyimpan Data Penggunanya

Seperti yang dijelaskan di poin pertama, kurang lebihnya jumlah pemilik akun FB saat ini adalah sekitar 2 miliyar (bahkan lebih). Nah, melihat jumlahnya yang fantastis tersebut, logikanya ruang penyimpanan (memorinya) pastinya akan besar pula.

Dan faktanya memang demikian. Jadi berdasarkan data yang ada, untuk menyimpan data miliyaran penggunanya, Facebook memiliki kapasitas server hingga 300 Petabytes.

Jumlah ini jauh lebih banyak dari data / arsip seluruh bahasa (languages) yang ada di dunia ini yaitu: 50 Petabytes. Oh ya satu lagi: 1 Petabytes = 1 Juta Gigabytes! Dari 10 fakta unik nan keren Facebok ini, yang manakah yang mencengangkan ketika kamu membacanya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here