Dalam 2 tahun terakhir, bisa dikatakanFacebook dan Twitter sudah mulai bergeser sedikit (sedikit ya!) kepopulerannya dengan aplikasi / situs berbagi foto, Instagram.

Diluncurkan 6 Oktober 2010, situs yang dibuat oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger ini, langsung mencuri perhatian banyak orang.

Tentunya hal ini diakrenakan situs ini merupakan situs alternatif yang bisa digunakan oleh banyak penggunanya untuk melakukan sharing foto dengan pengguna lainnya atau pengikutnya.

Dan kini memasuki tahun 2020, situs ini kerap digunakan sebagai ladang pekerjaan terutama, mereka-mereka yang model maupun selebriti terkenal.

Dengan kepopulerannya yang amat sangat ini, maka kini tidak ada salahnya bagi kita untuk menyimak 10 fakta keren dan unik dari situs kesayangan kita ini berikut ini.

1. Merupakan Gabungan Dua Kata

Mungkin banyak dari kita yang masih bingung dengan asal-usul nama Instagram. Mengapa diberi nama Instagram? Mengapa tidak dinamakan saja PicShare atau sejenisnya yang lebih berhubungan?

Ternyata usut punya usut, nama ini berasal dari gabungan 2 kata: “Instant camera” dan “Telegram”.

2. Foto yang Diunggah Pertama Kali

Lalu, foto apakah yang pertama kali diunggah di situsnya ini?

Foto tersebut adalah foto dari seekor anjing jenis Golden Retriever lucu yang diambil dan diunggah oleh Kevin pada tanggal 16 Juli 2010 atau 3 bula sebelum peluncuran aplikasinya.

3. Codename

Jauh sebelum akhirnya dinamakan Instagram, aplikasi keren ini diberi nama: Codename. Unggahan foto Golden Retriever pertama tersebut, diluncurkan ketika aplikasinya masih bernama ini.

4. Statistik & Statistik

Berdasarkan data statistik yang berhasil dikumpulkan, 80% akun Instagram, merupakan akun yang bersifat pribadi (individual).

Lalu, rata-rata penggunanya setidaknya memiliki 648 akun pengikut dan 359 akun yang diikuti.

5. 80 Juta Foto & 3.5 Milyar Likes

Di hari normal (bukan akhir pekan), tercatat foto-foto yang diunggah bisa mencapai 80 juta foto / harinya.

Dan jumlah like per hari dari satu fotonya, bisa mencapai 3.5 miliyar likes.

6. Dibeli oleh Facebook

Mencium potensi kesuksesan yang bisa didapat, tak mengherankan jika bos Facebook, Mark Zuckerberg, sangat tertarik untuk membelinya.

Alhasil, di tahun 2012 Zuckerberg dan tim berhasil membeli IG dengan $1 milyar. Ketika dibeli, akun Instagram, hanya memiliki 30 kuta akun pengguna.

7. Media Sosial Paling Ramai Setelah Facebook

Semenjak diluncurkan dan kepopulerannya, Instagram langsung sukses menjadi media sosial kedua yang paling ramai dikunjungi warganet dunia setelah Facebook.

Tercatat, 60% pemilik akun, mengakses akun mereka setiap harinya.

8. 45 Milyar Foto Share

Seperti kita ketahui, Instagram merupakan media untuk berbagi foto.

Dan tak dipungkiri jumlah foto yang telah dibagikan sudah tidak terhitung jumlahnya. Namun untuk sekedar iseng saja, kira-kira berapa banyakkah jumlah persis foto-foto yang dibagikan tersebut?

Well, menurut data yang ada, di sepanjang tahun 2018, sebanyak 45 miliyar foto dibagikan oleh seluruh pemilik akunnya di dunia ini. Dan kini menjelang 2020, dipastkan jumlah tersebut sudah semakin bertambah lagi.

9. New York & Disneyland

Semenjak tahun 2017, tercatat bahwa kota yang paling banyak foto unggahan dan share-nya di Instagram adalah New York, A.S.

Sedangkan untuk lokasi spesifik, adalah lokasi “surga” sejuta umat, Disneyland di Anaheim, California, A.S.

10. Selena Gomez

Apabila Katy Perry adalah sosok selebriti yang memiliki pengikut (followers) terbanyak di Twitter, maka di Instagram adalah si imut pelantun “Lose You To Love Me”, Selena Gomez yang memegang rekor tersebut.

Tercatat di tahun 2018, mantan kekasih Justin Bieber ini, memiliki 138 juta pengikut. Dan kini Desemebr 2019, Gomez telah memiliki 165 juta pengikut. Dan ia masih yang paling terbanyak.

Perry hanya memiliki 88.6 juta pengikut dan sahabatnya, Taylor Swift hanya memiliki 125 juta pengikut. Nah dari 10 fakta keren dan unik Instagram ini, manakah yang menarik kalian ketika membacanya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here