Ketika diluncurkan pertama kali pada tanggal 14 Februari 2005, situs unggah dan berbagi video YouTube, dianggap hanya untuk sekedar senang-senang (having fun) saja.

Namun kini, situs ini tak dipungkiri juga menjadi tidak kalah pentingnya dari “trinitas” media sosial sejuta umat.

Tentunya trinitas yang dimaksud adalah: Facebook, Twitter, dan Instagram. Bahkan YouTube kini telah berubah fungsinya secara signifikan menjadi media berbagi video yang bersifat informatif dan juga, berbagi talenta.

Alhasil, tak heran jika situs yang dibuat oleh trio: Chad Hurley, Steven Chen, dan Jawed Karim ini, kini bagi beberapa juga digunakan sebagai ladang penghasilan (baik tambahan atau utama).

Nah jangan hanya nonton atau sharing video nyanyi saja. Yuk simak juga fakta-fakta unik dari situs kesayangan kita ini.

1. Situs Kencan Online

Yap percaya atau tidak, awalnya situs ini dimaksudkan untuk situs kencan online.

Namun setelah melalui berbagai perkembangannya, pada akhirnya YouTube menjadi situs berbagi video seperti sekarang ini. Fuih untunglah!

2. Janet Jackson

Yap faktanya, adik kandung si raja Pop, Michael Jackson menjadi salah satu inspirasi utama Hurley cs dalam pembuatan situs gokil ini.

Loh kok bisa? Jadi kala itu, Karim ingin melihat video “insiden” Superbowl Janet Jackson yang booming itu (tentunya Chillers masih ingat yang mana bukan)?

Sayang setelah mencari-cari di Internet, video tidak ditemukan sama sekali. Selain itu inspirasi lainnya juga dikarenakan kala itu Chen cs yang sedang melakukan dinner party, gagal untuk mengirimkan video keseruan pesta-pesta mereka melalui lampiran e-mail.

Alhasil hal inipun membuat keduanya berinisiatif untuk membuat situs berbagi videonya sendiri.

3. Video yang Pertama Kali Diunggah

Mungkin banyak dari Chillers yang masih ingat dengan poin ini. Yap, video yang pertama kali diunggah adalah video yang menampilkan Karim di kebun binatang San Diego, AS yang mana, judul videonya adalah “Met at the Zoo”.

Video yang diunggah pada tanggal 23 April 2005 pukul 08:27 dan berdurasi 19 detik tersebut, menampilkan Karim yang membicarakan gading gajah miliki salah satu gajah yang ada di belakangnya.

Walau sangat sederhana dan tidak terlalu memiliki makna yang yang signifikan, namun video inilah yang sukses menghantarkan ketiganya menjadi miliyader di tahun-tahun ke depannya.

Ketika tulisan ini dibuat (Januari 2020), video ini telah dimainkan sebanyak 82 juta kali dengan 2.6 juta likes.

4. Didanai oleh PayPal

Dikarenakan di awal Karim cs tidak memiliki modal besar untuk mengglobalkan situs mereka, alhasil mereka pun meminta tolong ke situs pembayaran / pembelian mata uang top, PayPal.

Dan pihak PayPalpun menyanggupinya dan mulai mendanai YouTube dengan sisa uang buyout mereka dengan eBay kala itu.

5. Dibeli Google

Di bulan Oktober 2006, YouTube resmi dibeli dan menjadi bagian dari situs mesin pencarian terbesar, Google. Google menghargai YouTube dengan total $1.65 miliyar. Kala itu, jumlah ini sangatlah fantastis.

Namun kini dengan seiring berkembangnya zaman, jumlah tersebut tentulah tidak ada apa-apanya.

6. Lokalisasi 98 Negara

Di tahun 2007, YouTube mulai melakukan langkah lokalisasi terhadap situsnya. Proses ini tentunya bermakna bahwa situsnya tersedia di berbagai bahasa sesuai pengaturan negara yang dipilihnya.

Di awal penerapan, hanya ada 10 negara yang diberikan penerapan ini yaitu: Amerika Serikat (tentunya), Inggris, Brazil, Perancis, Irlandia, Itali, Jepang, Belnda, Polandia, dan Spanyol.

Kini menjelang akhir 2020, lokalisasi YouTube sudah menjangkau 98 negara termasuk tentunya, Indonesia.

7. Amerika Pecandu Nomor Satu

Apabila masyarakat di Indonesia sebagian besar kecanduan Facebook dan Twitter, Amerika Serikat justru kecanduan YouTube.

Tercatat, 80% dari demografis audiens antara 18-49 tahun, setidaknya menyaksikan 1 video YouTube per harinya.

8. Ronaldinho

Salah satu pemain sepak bola asal Brazil top ini, faktanya tidak hanya mumpuni di lapangan hijau. Namun juga mumpuni di rana YouTube.

Pasalnya di bulan Oktober 2005, unggahan videonya yang juga disponsori oleh merek sepatu legendaris, Nike yang memperlihatkanya sedang men-juggling bolanya dengan kakinya yang sudah mengenakan sepatu merek yang dimaksud, sukses menjadi video pertama yang sukses mencapai 1 juta views.

9. Gangnam Style

Siapa yang tidak kenal dengan lagu berbahasa Korea dance beat miliki musisi konyol, PSY ini? Ketika video klip-nya dirilis pada tanggal 15 Juli 2012, tak dipungkiri video-nya langsung hit banget.

Saking hit-nya, alhasil pada tanggal 21 Desember 2012, tak mengherankan jika video-nya sukses memecahkan rekor sebagai video klip musik pertama yang tembus 1 milyar views di YouTube. Ketika tulisan ini diunggah, video ini telah disaksikan sebanyak 3.4 milyar kali. WOW GOKIL!

10. Batman

Menurut data yang ada, Batman adalah sosok superhero yang paling populer di YouTube. Spesifiknya, dari kumulasi 71.000 jam video-videonya, video-videonya tersebut telah disaksikan sebanyak 3 miliyar kali.

WOW keren. Tajir di komik, tajir di YouTube. Well done Master Bruce! Dari 10 fakta keren dan unik YouTube ini, manakah yang merupakan favoritmu?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here