Terlepas aplikasi kerja (office) milik Microsoft memiliki banyak variannya, namun tak dipungkiri bagi sebagian besar kita, hanya 3 yang kerap dianggap penting fungsinya: Word, Excel, dan Power Point.

Word untuk yang berkaitan dengan tulis menulis atau surat menyurat, Excel yang berkaitan untuk hitung-hitungan / finansial, dan Power Point yang berkaitan dengan presentasi.

Wajarlah. Pasalnya memang di sekolah, kuliah, dan tentunya kerja kantor, 3 aplikasi tersebutlah yang kerap digunakan. Sehingga tak heran jika 3 aplikasi Microsoft Office inilah yang kerap dijadikan fokus / konsentrasi ketika dulu kita mengambil kursusnya.

Namun faktanya, beberapa aplikasi Microsoft Office lainnya, juga memiliki fungsi yang tidak kalah asyik dan penting apabila saja, kita mau untuk mempelajarinya juga. Dan berikut, adalah 5 aplikasi Microsoft Office yang juga tidak kalah penting untuk dikuasai tersebut.

5. Microsoft FrontPage

Tak dipungkiri ketika di awal 2000-an silam kita melihat varian MS Office ini, kita merasa bingung dengan fungsinya. Namun ketika akhirnya membuka, akhirnya kita menyadari kalau varian Office ini adalah untuk membuat website (situs).

Dan bagi kita-kita yang memang selalu senang bahkan, terobsesi habis-habisan untuk memiliki situs sendiri, Office ini sangat wajib untuk dikuasai kala itu. Walau awalnya terlihat ribet, namun apabila kita benar-benar mempelajarinya, aplikasi ini sangat asyik untuk “dimainkan”.

Sayang dikarenakan sudah banyak bermunculannya blog atau situs yang memungkinkan untuk membuat situs sendiri, FrontPage kini sudah ditiadakan. Jadi bersyukurlah bagi Chillers yang mungkin pernah memainkan atau bahkan, sukses merilis situs sendiri dari aplikasi Office ini.

4. Microsoft Publisher

Masih sedikit ada kaitannya dengan situs (website), Microsoft Publisher, adalah aplikasi yang bisa digunakan bagi kita untuk membuat desain tampilan website-nya. Selain itu, Publisher juga bisa digunakan untuk membuat desain brosur, undangan, bahkan kalender.

Memang mungkin banyak dari Chillers yang lebih suka (prefer) menggunakan aplikasi desain grafis seperti: Corel Draw, Adobe Photoshop, atau Adobe InDesign. Tapi faktanya, Publisher milik Microsoft juga tidak kalah kerennya kok.

Malah keren dan kelihatan banget kamu bakatnya kalau bisa sampai merilis desain kalender atau undangan super keren hanya dari aplikasi ini saja.

3. Microsoft Access

Aplikasi MS ini bisa dikatakan bagaikan “anak buangan”. Bagaimana tidak? Terlepas pada dasarnya memiliki fungsi yang tidak kalah penting, banyak dari kita yang kerap malas untuk mempelajarinya.

Padahal Access, berfungsi untuk mengorganisir detail kontak atau detail data barang jualan kita dengan sangat rapih dan cepat untuk diakses. Keamanannya pun sangat terjamin karena, kita bisa “menggembok” lembaran datanya.

Aplikasi ini juga sangat penting peranannya untuk mendata pasien bagi beberapa Rumah Sakit. Apabila kamu memang ingin memiliki organisasi data yang sangat rapih, sangat disarankan bagi kamu untuk mempelajari aplikasi Office ini.

2. Microsoft Outlook

Varian Office ini seperti kita tahu adalah sistem e-mail yang dimiliki Microsoft.

Dan memang beberapa perusahaan besar dan elit, masih menggunakan Outlook. Tapi bagi kebanyakan, sistem e-mail yang dimiliki situs / provider lain lah yang kini banyak digunakan.

Padahal, versi Outlook terkini, sudah bisa ter-integrasikan juga dengan situs / provider-nya yang mana salah satunya Yahoo! Kalau Chillers memang sudah malas dengan Yahoo! atau Google (Gmail), Outlook bisa menjadi alternatif kerennya.

1. Microsoft Picture Manager

Dari namanya saja sudah jelas bahwa aplikasi MS Office ini adalah untuk menampilkan gambar dan juga menyuntingnya. Sayang, dikarenakan banyak dari kita yang lebih suka melakukan resize atau crop melalui Adobe Photoshop atau Paint, alhasil aplikasi ini lumayan jarang digunakan.

Padahal bagi kami yang sering banget menggunakan aplikasinya, terasa banget bahwa Picture Manager juga tidak kalah tokcer-nya untuk melakukan fungsi-fungsi tersebut. Plus, durasi loading ketika membuka aplikasinya pun sangat kilat.

Bagi Chillers yang bekerjanya sebagai penulis media online, sangat kami anjurkan untuk menggunakan aplikasi ini ketika memanipulasi ulang unggahan foto-foto penyerta artikelnya. Dijamin, pekerjaan akan terasa jauh lebih hemat waktunya.

Itulah tadi 5 aplikasi Microsoft Office yang faktanya, juga memiliki fungsi yang tidak kalah vitalnya dengan Word, Excel, dan Power Point. Apakah Chillers pernah menggunakan salah satu aplikasi yang terdapat di daftarnya ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here