Setelah meluncurkan seri VivoBook S dan VivoBook Pro, Asus kembali merilis jajaran laptop tipis dari seri VivoBook. Kali ini, Asus memperkenalkan VivoBook Ultra A412, laptop 14 inci yang diklaim sebagai laptop dengan desain stylish dan performa mumpuni, namun hadir dalam ukuran bodi yang sangat ringkas.

Secara fisik, VivoBook Ultra A412 memang sangat mirip dengan saudaranya yaitu VivoBook S S430 yang telah hadir di Indonesia sejak akhir tahun lalu. Keduanya sama-sama mengusung layar 14 inci yang sudah menggunakan teknologi NanoEdge Display, sama-sama dilengkapi dengan fitur ErgoLift Design, serta hadir dengan ragam warna yang mencolok.

Pada sisi Grafis Vivobook Ultra A412 laptop ini telah dilengkapi dengan chip grafis NVIDIA GeForce MX250 yang juga ditenagai oleh VRAM GDDR5 sebesar 2GB. Sementara dari sisi prosesor, Vivobook Ultra A412 mengandalkan Intel Core i7-8565U (Whisky Lake).

Prosesor Intel generasi ke-8 ini hadir dengan base clock di 1,8GHz dan boost clock hingga 4,6GHz. Prosesor ini juga menggunakan konfigurasi 4 core 8 thread dan memiliki TDP hingga 15 watt yang artinya cukup hemat daya.

Vivobook Ultra A412 memiliki memori RAM sebesar 8GB. Memori tersebut berjenis DDR4 dan terdiri dari memori on-board sebesar 4GB serta memori tambahan sebesar 4GB.

Memori tersebut berjalan di kecepatan 2400MHz meski tidak menggunakan konfigurasi dual-channel. Memori Vivobook Ultra A412 juga masih bisa di-upgrade hingga total 12GB (4+8GB) untuk performa multitasking yang lebih baik.

Dari sisi baterai. VivoBook Ultra A412 mengusung baterai berkapasitas 37Wh yang sebenarnya tergolong lebih kecil dibandingkan dengan jajaran laptop VivoBook lainnya. Hal tersebut mengkin dikarenakan ruang yang sangat terbatas mengingat bodi laptop ini sangat ringkas.

Sehingga Laptop ini mampu bertahan selama kurang lebih 3 jam 25 menit. Artinya, VivoBook Ultra A412 masih bisa digunakan untuk kegiatan ringan hingga menengah selama kurang lebih 3,5 jam.

“Dibandingkan Acer Swift 3, ASUS VivoBook Ultra A412 lebih kecil 10 persen. Dibandingkan HP Notebook 14, laptop kami tetap masih lebih kecil 19 persen. Bahkan membandingkannya dengan Lenovo Ideapad, ASUS VivoBook Ultra A412 bisa 23 persen lebih kecil,” ungkap ASUS Product Manager Notebook, Nick Wu.

VivoBook Ultra A412 sebenarnya memiliki gelar, yaitu sebagai “world’s smallest colorful 14-inch ultrabook” atau ultrabook berlayar 14-inci paling kecil dan paling berwarna di dunia. Berdasarkan julukan tersebut, laptop ini memang sejatinya memiliki bodi yang tergolong kecil meski mengusung layar 14-inci, bahkan lebih kecil dibandingkan dengan VivoBook S S430.

Sebuah ultrabook atau laptop mainstream biasanya hadir dengan spesifikasi standar dan tidak memiliki kemampuan olah grafis yang baik. Sejati demikian untungnya tidak terjadi di Vivobook Ultra A412.

Keberadaan chip grafis ini memang telah membuat Vivobook Ultra A412 tampil sangat menarik. Pasalnya, laptop ini menjadi bisa digunakan untuk Chillers dalam berbagai tugas yang membutuhkan tenaga grafis ekstra, seperti video editing.

Fitur lainnya adalah ASUS VivoBook Ultra A412 sudah memiliki pemindai sidik jari dan Windows Hello untuk sistem keamanannya. ASUS VivoBook Ultra A412 dibanderol mulai dari harga Rp. 7 juta untuk spesifikasi terendah.

Untuk varian tertinggi, ASUS VivoBook Ultra A412 memiliki Intel Core i7-8565U dengan NVIDIA GeForce MX250 dan RAM DDR4 8GB serta memori PCIe SSD 512GB. Laptop tersebut dibanderol Rp. 13,799 juta

Di akhir acara ASUS juga memperkenalkan varian lain yaitu ASUS VivoBook Ultra K403 yang memiliki bodi sama dengan keunggulan daya tahan baterai yang awet. Diklaim, baterai laptop itu tahan hingga 24 jam dan bodinya berdaya tahan tangguh yang telah memenuhi sertifikasi standar militer.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here