Produsen mobil mewah asal Jerman, BMW, berencana untuk menjadi pembuat mobil mewah pertama yang menawarkan konektivitas 5G dalam beberapa seri modelnya. Hal itu disampaikan bersama Samsung dan anak perusahaanya, Harman di ajang CES 2020.

Keduanya akan menunjukkan pendekatan baru dalam menciptakan pengalaman mobilitas masa depan dengan 5G TCU (Unit Kontrol Telematika) komersial pertama di dunia.

Mobil yang diberi nama BMW iNEXT 2021, nantinya akan menjadi mobil pertama di dunia yang dilengkapi dengan teknologi 5G dari Samsung dan Harman. Kedua perusahaan ini telah lama menjabat sebagai mitra pengembangan BMW Group, dan akan terus membantu produsen otomotif mengembangkan inovasi penting untuk melayani kebutuhan yang terus berubah dari pasar otomotif yang berkembang pesat.

“Ketika kita memasuki dekade baru dari realitas mengemudi mandiri, kami melihat peluang besar dari banyak fitur ponsel pintar yang memungkinkan era mobilitas baru ini sebagai sebuah layanan,” kata Young Sohn, Presiden Korporat dan Kepala Strategi untuk Samsung Electronics dan Ketua dari Dewan untuk Harman.

“Salah satu teknologi inti yang memungkinkan adalah 5G. Latensi 5G yang rendah, kepadatan yang besar, kesadaran perangkat, dan kecepatan unduh yang super cepat memungkinkan kemampuan dan pengalaman baru yang penting untuk sistem mengemudi otonom pada dekade ini. Kami menantikan kemitraan erat kami dengan BMW untuk menghadirkan teknologi 5G TCU Samsung yang dikirimkan ke mobil generasi berikutnya dan memberikan pengalaman berkendara terbaik. ”

“Selama hampir 30 tahun, Samsung dan Harman telah menjadi mitra kunci bagi BMW Group,” kata Klaus Frölich, Anggota Dewan Manajemen BMW AG, Development.

Samsung dan Harman memamerkan teknologi inti otomotif termasuk: ADAS, AI, semikonduktor, memori, baterai, antarmuka pengguna, audio mobil, pengalaman pengemudi, dan 5G. TCU yang berkemampuan 5G menyatukan beberapa teknologi utama ini dan menghubungkan jaringan eksternal ke sistem elektronik onboard, dan menyediakan informasi penting dan real-time kepada pengemudi dalam berbagai situasi jalan.

Beberapa kemampuan utama termasuk mengunduh peta HD resolusi tinggi secara real-time dan V2X (Vehicle-to-Everything) untuk memberikan analisa risiko dan informasi blind spot kepada pengemudi. Selain itu, Samsung memamerkan teknologi antena konformalnya yang baru, yang dapat diintegrasikan dengan TCU 5G, menyediakan pengganti antena sirip hiu mobil eksternal konvensional, dan mendukung koneksi jaringan yang stabil.

Apa yang diumumkan para produsen ternama ini akan membawa teknologi otonom kepada masyarakat banyak dan membuat mobil senyaman rumah sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here