Cara Memasang Ekstensi IDM di Google Chrome

Bagi Chillers yang hobi untuk mendownload, IDM atau Internet Download Manager adalah tools yang cukup berguna untuk membantu proses download.

IDM merupakan tools yang dapat mempercepat proses download hingga 5 kali lebih cepat, dengan fitur resume dan pengunduhan terjadwal sehingga Chillers tidak perlu repot menjalankan satu-satu.

Buat Chillers yang memang merasa IDM sangat berguna, tools ini tersedia di sistem operasi Windows, dan dapat dibeli dengan harga sekitar $29,95 atau sekitar 400 ribuan rupiah.

Namun tak perlu khawatir, sebelum membeli Chillers dapat menikmati IDM secara gratis dalam masa trial selama 30 hari pada saat pertama kali menginstal aplikasi tersebut. Dalam masa trial ini, Chillers juga dapat menggunakan seluruh fitur aplikasi tersebut.

Namun, agar dapat bekerja dengan baik di browser Google Chrome, eksistensi IDM juga harus terpasang di browser tersebut. Banyak kendala terjadi, akibat ekstensi tersebut tidak terpasang di Google Chrome.

Ekstensi IDM di Google Chrome sebenarnya dapat diunduh melalui Chrome Web Store secara gratis. Namun, biasanya yang tersedia di Store tersebut adalah ekstensi IDM untuk versi terbaru. Oleh karena itu, untuk memasang ekstensi IDM versi lama, Chillers dapat memasangnya secara manual.

Untuk memasangnya, Chillers tidak perlu menginstal aplikasi tambahan apapun. Berikut ini langkah-langkah cara menambahkan ekstensi IDM ke Google Chrome.

Cara Memasang Ekstensi IDM di Google Chrome

  1. Buka aplikasi Google Chrome yang digunakan.
  2. Lalu ketikan chrome://extensions di kolom URL untuk membuka pengaturan ekstensi di Google Chrome diakhiri dengan menekan tombol Enter.
  3. Setelah terbuka, pastikan terlebih dulu apakah ekstensi IDM untuk Google Chrome sudah terpasang atau belum, jika sudah copot dulu pemasangannya dengan menekan ikon tong sampah di sebelah kanan ekstensi tersebut.
  4. Jika sudah, buka folder tempat instalasi IDM, biasanya terletak di C:\Program Files (x86)\Internet Download Manager.
  5. Cari file dengan nama IDMGCExt.crx, kemudian seret atau drag file tersebut ke laman pengaturan ekstensi di Google Chrome.
  6. Jika muncul notifikasi berupa konfirmasi, klik tombol Add Extension.
  7. Tunggu prosesnya, jika berhasil akan muncul ekstensi IDM di pengaturan ekstensi di Google Chrome.
  8. Jangan lupa mencentang opsi enable agar ekstensi tersebut aktif.

Cara ini juga dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan, seperti tombol download IDM tidak muncul atau permasalahan download otomatis yang kerap tiba-tiba muncul.

Namun jika belum menyelesaikan permasalahan tersebut, ada baiknya Chillers memperbarui versi IDM yang digunakan tentunya dengan cara resmi agar semua dapat berjalan dengan baik.

Arif Firdaushttps://melali.news
Dream as high as possible, because from dreams everything can be achieved

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here